11:00 . HUT ke-38, SMP Negeri Kapas Tonjolkan Rakitan Sepeda Energi Listrik   |   07:00 . Jangan Cukur Bulu Kemaluan Saat Vagina Sedang Dalam Kondisi Begini   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Melaju ke Babak 16 Besar   |   17:00 . Program Rantang Kasih Moe Tingkatkan Gizi Lansia   |   16:00 . Awal Bulan Harga Emas 24 Karat Antam Terjun   |   15:00 . Full Time, Persibo Taklukkan 1-0 Mitra Surabaya   |   14:30 . Half Time, Persibo Unggul 1-0 dari Mitra Surabaya   |   14:00 . Transparansi Pemdes Tlogorejo Raih Tiga Kategori KIP Se - Jawa Timur   |   13:45 . Menit 31 Persibo Berhasil Mencetak Gol Pertama ke Gawang Mitra Surabaya   |   13:00 . Persibo Tiba di Gresik, Kondisi Siap Tempur   |   12:00 . Harga Cabai di Pasar Bojonegoro Meroket Jelang Natal dan Tahun Baru   |   11:00 . Pemkab Bojonegoro Terima Penghargaan Kategori Tertinggi Komisi Informasi Jatim   |   10:00 . Program Aladin Bangun 7.041 Rumah Tak Layak Huni   |   08:00 . Musnahkan Barang Bukti dan Lelang   |   07:00 . Ketahui 5 Tanda ASI Kekurangan Nutrisi, Bisa Berdampak pada Kesehatan Bayi   |  
Fri, 03 December 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

7 Fakta tentang Menyusui

blokbojonegoro.com | Thursday, 21 November 2019 07:00

7 Fakta tentang Menyusui

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Proses menyusui tidak hanya sekadar menyodorkan payudara pada bayi. Manfaatnya pun tak cuma soal memberi bayi makan, Moms. Bahkan, keuntungannya juga begitu banyak yang diperoleh ibu.

Meski kelihatannya mudah, kadang demi terwujudnya proses menyusui yang berjalan lancar juga perlu perjuangan. Nah, apalagi fakta lain seputar menyusui? Berikut ini adalah 7 di antaranya:

1. IMD menjadi kunci keberhasilan menyusui

Setelah lahir, bayi akan diletakan di atas perut ibu untuk melakukan proses IMD atau Inisiasi Menyusu Dini. IMD diketahui dapat menunjang keberhasilan menyusui eksklusif selama 6 bulan dan pemberian ASI masih bisa dilanjutkan sampai lebih dari 2 tahun. Untuk itu, Anda yang sedang hamil dan berharap bisa memberi ASI eksklusif, maka pilihlah tempat bersalin dan tenaga kesehatan yang pro ASI. Salah satunya membiarkan bayi Anda melakukan IMD.

2. Waktu awal menyusui tak selalu mudah

Tak sedikit ibu baru yang mengalami masa sulit di awal menyusui bayi. Entah itu karena ASI yang belum keluar, puting datar, pelekatan bayi yang kurang pas, hingga bayi tak mau menyusui langsung dari payudara.

Tenang, ini umum terjadi dan bukannya tak bisa diatasi, Moms. Anda jangan khawatir, semua pasti ada solusinya selama Anda berusaha. Salah satunya, segera temui dan konsultasikan pada dokter laktasi di klinik atau rumah sakit terdekat.

3. Menyusui juga sangat baik untuk kesehatan ibu

Dari segi kesehatan, menyusui ternyata dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2, kanker ovarium, dan kanker payudara pada ibu, lho, Moms.

Selain itu, ASI yang diberikan pada bayi juga melepaskan hormon prolaktin dan oksitosin. Hormon prolaktin sendiri dapat menurunkan stres pada ibu atau juga disebut dengan baby blues. Sementara, hormon oksitosin atau hormon cinta ini bermanfaat untuk mempererat ikatan emosional antara ibu dan bayi.

4. Ekonomis

ASI merupakan makanan pokok yang paling cocok bagi bayi berusia 0-6 bulan. Karena ini makanan satu-satunya dan diproduksi dari tubuh Anda, artinya Anda tak perlu biaya mahal. Terlebih, bayi bisa menyusui sekehendaknya.

Karenanya, hindari dengan mudah 'termakan' bujuk rayu iklan untuk memberi si kecil makanan lain selain ASI, Moms. Pemberian susu formula pun harus ada indikasi medis dan resep dokter.

5. Menyusui bikin Anda bahagia

Bagi para ibu baru, mungkin awal menyusui menjadi fase paling sulit setelah melahirkan. Namun dibalik kesulitan itu, tentunya tersimpan perjuangan yang tak sia-sia untuk bayi dan ibunya.

Contohnya, ketika bayi tengah disusui, siapa yang tak meleleh hatinya saat melihat wajah polos si kecil? Bahkan terkadang, saat ia menyentuh ibu, hal itu bikin menambah energi positif atau memberikan ketenangan bagi ibu.

Hal ini menurut konselor laktasi, Farahdiba Tenrilemba, dalam antologi buku Breast Friend Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI), ternyata, proses menyusui dan ASI yang diberikan ibu dapat memunculkan hormon endorfin, yaitu hormon yang memicu rasa bahagia.

6. Menyusui dapat menurunkan risiko ibu terkena penyakit berbahaya

Di antaranya seperti kanker payudara dan ovarium serta sindrom metabolik, sebuah kondisi yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Pediatrics, manfaat dari menyusui ternyata menurunkan risiko penyakit pada ibu. Terutama bila ibu yang menyusui bayi selama 1-2 tahun, mempunyai risiko sekitar 10-50 persen lebih rendah terkena penyakit.

7. Kontrasepsi alami

Menurut Ketua Umum Sentra Laktasi Indonesia, Dokter Wiyarni Pambudi, SpA, IBCLC, KB alami dengan menyusui disebut dengan Lactational Amenorrhea Method (LAM).  Setelah melahirkan, biasanya siklus menstruasi seorang ibu belum normal. Alhasil, ibu bisa tidak haid hingga berbulan-bulan. Hal tersebut terjadi karena hormon laktasi atau prolaktin seorang ibu sedang tinggi, sedangkan hormon itu bisa menekan kadar hormon estrogen.

Hormon estrogen dalam tubuh wanita berfungsi untuk mematangkan sel telur. Nah, bila hormon estrogen ini kurang, maka sel telur tidak akan matang sehingga sulit dibuahi. Alhasil, kemungkinan terjadi kehamilan pun amat kecil.

Inilah yang dinamakan kontrasepsi alami atau KB alami, Moms. Tapi menurutnya kontrasepsi alami baru dapat berhasil bila memenuhi tiga syarat. Di antaranya ibu harus menyusui bayinya secara eksklusif atau ASI saja, ibu belum haid lagi, dan waktu penerapan terbatas sampai 6 bulan pascamelahirkan. Bila sebelum 6 bulan seorang ibu sudah mendapat haid, maka KB alami dengan menyusui tidak berlaku.

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan, menyusui, panyudara



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 22 November 2021 14:00

    Resensi

    Dibalik Buku 00.00

    Dibalik Buku 00.00 Buku judul 00.00 merupakan karya kedua dari Anugrah Ameylia Falensia atau yang kerap dikenal dengan panggilan Amey atau cumi oleh teman-teman maupun para teman pembacanya....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more