Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Gelar Stadium General, Unugiri Bedah Big Data

blokbojonegoro.com | Thursday, 21 November 2019 18:00

Gelar Stadium General, Unugiri Bedah Big Data

Kontributor: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Kamis, (21/11/2019) Prodi Statistika Universitas Nahdatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro (Unugiri) gelar stadium general 'Peran Data Scientist Dalam Era Big Data'.

Agenda yang digelar di ruang pertemuan Angling Dharma, Gedung Pemkab Bojonegoro. Turut dihadiri pula Rektor Universitas Nadahatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro, Rektor Dr. H. M Ridwan Hambali Lc.M.A; Dekan Fakultas Sains Dan Teknologi, Sunu Wahyudi, M.Pd; Kaprodi Statistika, Alif Yuanita Kartini, M.Si; peserta stadium general dari berbagai Universitas di Bojonegoro serta menghadirkan dua Narasumber Dr.rer.pol.Heri Kuswanto, M.Si; Dosen Statistika Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dan Ir. Firman Bastian, M.Si; Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Bojonegoro.

Dalam sambutannya, Rektor Unugiri, Ridwan Hambali menyampaikan bahwa data menjadi penting, tanpa data apa yang disampaikan kategorinya adalah hoax. Namun yang perlu diperhatikan bukan hanya pentingnya data tetapi bagaimana cara mengelola data.

"Pengelolaan data itu penting, tetapi ketika disampaikan pada waktu yang tepat," terang Ridwan.

Sementara itu dalam kajiannya, Heri menyampaikan bahwa informasi dengan mudah masuk melalui internet atau jejaring sosial. Di balik aplikasi terdapat sesuatu yang kompleks yaitu berupa big data, saat ini dikatakan sebuah big data bukan hanya sebuah angka.

"Dikatakan big data jika terdapat empat kriteria, diantaranya volume data, variety type data, velocity (kecepatan) hingga veracity (ketidakpastian). Pemain big data terbesar era ini Gojek, Grab, Google maupun Traveloka. Terlihat dari perilaku pengguna," imbuh Heri. [liz/ito]

Tag : Unugiri, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini