Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Dinkes Bojonegoro Ajak ODHA Peringati Hari AIDS Se-Dunia

blokbojonegoro.com | Wednesday, 04 December 2019 15:00

Dinkes Bojonegoro Ajak ODHA Peringati Hari AIDS Se-Dunia

Kontributor: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Tanggal 1 Desember 2019, diperingati sebagai Hari HIV dan AIDS sedunia. Menurut data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bojonegoro, pada Tahun 2019 jumlah penderita HIV capai 138 orang di Kota Ledre.

Dinkes mengajak orang dengan HIV dan AIDS (ODHA) peringati Hari HIV dan AIDS 2019, yang diselenggarakan di Gedung Pertemuan Angling Dharma Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Rabu (4/12/2019).

"Kita ingin mengajak para orang dengan HIV dan AIDS (ODHA) untuk melawan stigma yang ada pada masyarakat," kata dr. Wenny Dyah, Kasi Penyakit Menular, Dinas Kesehatan Bojonegoro.

Wenny menambahkan, penderita HIV itu bukan untuk dijauhi, mereka masih bisa berprestasi dan sembuh dengan menerapkan pola hidup sehat, berhubungan seksual yang sehat bagi yang sudah menikah untuk tetap setia kepada pasangannya serta rutin minum obat ARV.

"Sekarang kan sudah ditemukan obat untuk penderita HIV," imbuhnya.

Serangkaian agenda diawali pembukaan oleh Wakil Bupati Bojonegoro, Drs. Budi Irwanto, M.Pd turut memberikan dukungan moral kepada orang dengan penderita HIV dan AIDS (ODHA) untuk berjuang melawan penyakit dan stigma.

Setelah itu serangkaian acara dilanjutkan dengan screening dari Puskesmas Temayang yang diperankan oleh petugas kesehatan. Yakni screening faktor kelompok HIV dan AIDS, melalui konsultasi laboratorium dan konseling.

Serta menerangkan terkait pencegahan HIV dan AIDS melalu tahap pencegahan yang pertama menjauhi hubungan seksual bebas, yang kedua bersikap setia terhadap pasangan, yang ke tiga cegah dengan kondom dan yang ke empat dihindari pemakaian jarum suntik yang tidak steril. [liz/ito]

Tag : dinkes, bojonegoro, hiv, aids, odha



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini