22:00 . Kopri PC PMII Bojonegoro; Pembuangan Bayi Langgar HAM dan Bisa Dipidana   |   21:00 . Relawan Sedulur Kanor Deklarasi Prabowo Presiden 2024   |   20:00 . Delapan Desa di Bojonegoro Terima Program EMCL Difasilitasi GP Ansor   |   19:00 . Kick Off Liga 3 Belum Jelas, Pelatih Persibo Minta Uji Coba Lagi   |   18:00 . Persibo Ditahan Imbang BFC 1-1, Dua Pemain Disanksi Kartu Merah   |   10:00 . Warga Sekitar Kota Bojonegoro Keluhkan Air PDAM Mati, Ini Penyebabnya   |   09:00 . Bakesbangpol Himbau Warga Bojonegoro Kibarkan Bendera Setengah Tiang   |   22:00 . Istighosah dan Doa Bersama Alumni Kampus Ungu   |   21:00 . Istighosah dan Doa Bersama di Kampus Ungu   |   19:00 . Agar Selamat dari Informasi Hoaks, AMSI Beberkan Tips   |   18:00 . AMSI Jatim Berikan Pelatihan Literasi Berita, Peserta Antusias Pelajari Cara Kerja Media dan Cek Fakta   |   17:00 . Tega, Bayi Baru Lahir Ditinggal di Bawah Pohon   |   16:00 . Shio Kuda Hindari Konflik dalam Keluarga, Kambing; Perdebatan bisa Rusak Suasana   |   15:00 . 4 Tahun Kepemimpinan Bupati Anna, Ubah Bojonegoro Lebih Maju Termasuk Pembangunan Infrastruktur   |   14:00 . Warga Berebut Adopsi Bayi di Sumberarum, Dinsos Bojonegoro Jelaskan Prosedurnya   |  
Sat, 01 October 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

FGD, DPRD Bojonegoro Bahas Tiga Raperda

blokbojonegoro.com | Wednesday, 04 December 2019 17:00

FGD, DPRD Bojonegoro Bahas Tiga Raperda

Kontributor : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro menggelar Focus Group Discussions (FGD) terkait tiga Rancangan Peraturan Daerah (Raperda). FGD yang berlangsung di Toyo Aji, Desa Wedi, Kecamatan Kapas, Rabu (4/12/2019) ini, melibatkan sejumlah pakar dari akademisi, lembaga swadaya masyarakat (LSM), sejumlah instansi, Ormas dan unsur masyarakat lainnya.

Ketiga Raperda yang dibahas dalam FGD tersebut mengenai penyelenggaraan hak-hak penyandang disabilitas, raperda Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan raperda penyelenggaraan ketenagakerjaan.

Dari ketiga Raperda tersebut merupakan inisiatif DPRD Kabupaten Bojonegoro. Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Baperda) DPRD Bojonegoro Imam Sutikno mengatakan, FGD tersebut dilakukan untuk penyempuraan raperda sebelum masuk dalam pembahasan berikutnya.

Sutikno menilai penyusunan raperda tersebut melibatkan berbagai unsur dan dalam waktu yang lama. "Semoga tiga Raperda ini bisa lolos dan disahkan menjadi peraturan daerah," ujar Sutikno.

Dalam FGD ini panitia membagi dalam tiga kelompok. Masing-masing kelompok melibatkan narasumber yakni Ahmad Taufik selaku Dosen Unigoro dan Suyuti dari Bapemperda untuk Raperda Disabilitas, ketua Bapemperda DPRD Sutikno untuk Raperda ketenagakerjaan. Serta Dony Setyawan Bapemperda DPRD, Ahmad Sunjani Bapemperda DPRD, Dr. M H. M Yasin dan Miftah dari UNIGORO.

Masing-masing kelompok juga membahas mengenai catatan dan masukan dari beberapa perserta terkait tiga Raperda tersebut. Bahkan ada beberapa hal yang dirubah dalam proses penyempurnaan Raperda.

“Saran dan masukan tersebut nantinya akan menjadi bahan dalam pembahasan Raperda yang selanjutnya akan disinkronisasi dan dimasukkan dalam materi Perda,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Bojonegoro, Imam Sholihin mengatakan, setelah penyusunan naskah tiga Raperda ini rampung dan diserahkan, DPRD akan segera mengagendakan paripurna penyampaian Raperda, yang selanjutnya dibahas bersama dengan stakeholder terkait.

“Ini sifatnya baru rancangan. Setelah penyampaian, baru kami bahas,” katanya.

Yang jelas kata dia, adanya Raperda ini karena melihat kondisi di lapangan, bahwa perlu ada payung hukum untuk mengatur dan memberikan jaminan perlindungan. Misalnya Raperda tentang Bumdes.

“Apalagi sekarang Pemkab juga mempunyai misi pengembangan ekonomi rakyat melalui Bumdes, sehingga kita perlu perkuatkan dengan hukum dan semoga Raperda ini disetujui untuk kepentingan masyarakat," jelasnya.[din/ito]

Tag : raperda, dprd, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 06 September 2022 12:30

    Berita Kehilangan

    Berita Kehilangan Telah hilang buku Rincik pajak bumi dan bangunan milik desa sumberrejo kecamatan sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Bila ada yang menemukan bisa hubungi langsung ke Pemdes Sumberrejo atau redaksi.blokbojonegoro@gmail.com, juga bisa chat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat