07:00 . Orangtua, Ini Faktor yang Menyebabkan Anak Rentan Alami Stres saat Ujian Sekolah   |   22:00 . Pedagang Keluhkan Harga Ayam Potong di Pasar Merangkak Naik   |   21:00 . Bersinergi Kapolres Bojonegoro Lakukan Audiensi Bersama PC GP Ansor Bojonegoro   |   20:30 . Video Lakalantas Truk Seruduk Teras Toko di Balen   |   20:00 . Gelar Pelatihan, STIKES Rajekwesi Berkomitmen Tingkatkan Kualitas Pendidikan Kesehatan   |   19:00 . Peduli ADHA, Pita Merah Adakan Home Care dan Berikan Bantuan   |   18:00 . Anniversary Ke-5, VLOC Chapter Bojonegoro Beri Santunan Anak Yatim   |   17:00 . Dijuluki Netherlands Bojonegoro, Kantor Notaris Jadi Tempat Swafoto Hingga Prewedding   |   16:00 . Lagi-lagi Terjadi Kecelakaan Truk Banting Setir Nyelonong Depan Toko   |   15:00 . Dukung KADIN Bojonegoro, Budiono Siapkan 10 Titik Bantuan untuk UMKM Ponpes dan Kampus   |   14:00 . Mendag: Jaga Momentum Pertumbuhan Ekspor dan Kendalikan Inflasi   |   13:00 . Kecelakaan Tunggal, Truk Muatan Ayam Hantam Pohon   |   12:00 . 81 Produk Mahasiswa Kampus Ungu Dipamerkan di Stakeholders Collaborations   |   11:00 . KADIN Bojonegoro Menggelar Stakeholders Collaboration 2022   |   10:00 . Peluang Usaha di Era Kekinian - Tuban Digital Forum   |  
Thu, 20 January 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Festival Geopark 2 Teksas Wonocolo 2019, Galakkan Promosi Wisata Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Sunday, 08 December 2019 19:00

Festival Geopark 2 Teksas Wonocolo 2019, Galakkan Promosi Wisata Bojonegoro



Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Anugerah geoprak (taman bumi) yang dimiliki Kabupaten Bojonegoro, yakni di Teksas Wonocolo, Kecamatan Kedewan, menjadi kebanggan tersendiri. Untuk tetap merawat dan mempromosikan warisan geologi tersebut, Minggu (8/12/2019) digelar Festival Geopark 2 tahun 2019.

Festival Geopark adalah suatu kegiatan promosi tahunan guna pengembangan, perpaduan sebuah konsep berkelanjutan yang terfokus pada pelestarian lingkungan, pendidikan, dan peningkatan ekonomi yang diwujudkan dalam sebuah event.
 
Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Bojonegoro, Budi Irawanto yang didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Bojonegoro, dr. Endah Budi Irawanto, Kepala OPD, Perwakilan EMCL, Perwakilan BUMD,  Forkopimcam Kedewan, Kades Se-Kec Kedewan, Perwakilan Ormas, Perwakilan KUD, Perwakilan Sekolah Pramugari Kampung Tumo, Kepala sekolah, guru dan siswa-siswi se-Kecamatan Kedewan.

Wakil Bupati Bojonegoro berkesempatan membuka sekaligus memberikan sambutan dalam Festival Geopark Ke-2 Kabupaten Bojonegoro Tahun 2019 tersebut  dengan Thema "Wonocolo Folklore Fiesta". Dalam sambutannya, Wabup menyampaikan, bahwasanya Festival Geopark Wonocolo 2019 ini bertujuan untuk memperkuat branding Geopark yang mencerminkan karakteristik pariwisata Kabupaten Bojonegoro agar lebih dikenal oleh masyarakat luas, membangun kerja sama dan memperkuat pelestarian khas di wilayah kecamatan melalui sebuah event di tingkat Kabupaten Bojonegoro, mengangkat potensi kecamatan yang memiliki keterbatasan dalam menampilkan kesenian lokal di wilayahnya.

"Kita harus berbangga, Kabupaten Bojonegoro memiliki sumber daya alam minyak yang luar biasa," kata Wabup.

Momentum penetepan Geopark Nasional Kabupaten Bojonegoro pada bulan November tahun 2017, yang sekarang diperingati sebagai Festival Geopark ini, diharapkan menjadi acuan  untuk membangun Bojonegoro, melakukan pendekatan terbaik dalam memanfaatkan energi berkelanjutan.

"Salah satunya melalui pengembangan pariwisata berbasis Geopark minyak bumi yang menjadi icon wisata sumur tua minyak Teksas Wonocolo," terangnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bojonegoro Amir Syahid, dalam laporannya menyampaikan, Festival Geopark ini berlandaskan yang pertama, amanah dari Kementrian Lingkungan Hidup, yang kedua berdasarkan Keputusan Bupati Bojonegoro. "Kegiatan Festival Geopark 2019 di Teksas Wonocolo ini berlangsung mulai pagi hingga malam," ujar Amir.

Festival Geopark 2,  turut dimeriahkan dengan berbagai acara pengiring di antaranya yaitu jalan santai, atraksi sapta pesona, senam masal SKJ 2018, dramatari mluntur lantung, sisir destinasi wisata menggunakan Jeep, gelar seni kentrung, tayub, sandur serta hiburan/pertunjukan lainnya untuk menghibur warga Kecamatan Kedewan dan sekitarnya. [ito/lis]

Tag : festival, geopark, teksas, wonocolo, bojonegoro, kedewan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat