12:00 . Bawa Kabur Kendaraan Setelah Kenalan Lewat Medsos dan Kopdar, Pelaku Berhasil Dibekuk Polisi   |   07:00 . Orangtua, Ini Faktor yang Menyebabkan Anak Rentan Alami Stres saat Ujian Sekolah   |   22:00 . Pedagang Keluhkan Harga Ayam Potong di Pasar Merangkak Naik   |   21:00 . Bersinergi Kapolres Bojonegoro Lakukan Audiensi Bersama PC GP Ansor Bojonegoro   |   20:30 . Video Lakalantas Truk Seruduk Teras Toko di Balen   |   20:00 . Gelar Pelatihan, STIKES Rajekwesi Berkomitmen Tingkatkan Kualitas Pendidikan Kesehatan   |   19:00 . Peduli ADHA, Pita Merah Adakan Home Care dan Berikan Bantuan   |   18:00 . Anniversary Ke-5, VLOC Chapter Bojonegoro Beri Santunan Anak Yatim   |   17:00 . Dijuluki Netherlands Bojonegoro, Kantor Notaris Jadi Tempat Swafoto Hingga Prewedding   |   16:00 . Lagi-lagi Terjadi Kecelakaan Truk Banting Setir Nyelonong Depan Toko   |   15:00 . Dukung KADIN Bojonegoro, Budiono Siapkan 10 Titik Bantuan untuk UMKM Ponpes dan Kampus   |   14:00 . Mendag: Jaga Momentum Pertumbuhan Ekspor dan Kendalikan Inflasi   |   13:00 . Kecelakaan Tunggal, Truk Muatan Ayam Hantam Pohon   |   12:00 . 81 Produk Mahasiswa Kampus Ungu Dipamerkan di Stakeholders Collaborations   |   11:00 . KADIN Bojonegoro Menggelar Stakeholders Collaboration 2022   |  
Thu, 20 January 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

MbolangBareng JuruWarta Berdasar Fakta

Profesi Terbuka, Latar Pendidikan Wartawan Beragam, ini yang Membedakan...

blokbojonegoro.com | Tuesday, 10 December 2019 23:00

Profesi Terbuka, Latar Pendidikan Wartawan Beragam, ini yang Membedakan...

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Profesi merupakan pekerjaan yang dilakukan dengan komptensi dan mempunyai kode etik yang harus ditaati. Begitu juga dengan wartawan, yang merupakan profesi dengan aturan-aturan yang harus ditaati.

[Baca juga: Dewan Pers: Banyak yang Manfaatkan Keistimewaan Wartawan ]

Akan tetapi, latar belakang pendidikan wartawan berbeda dengan profesi lainnya. Jika dokter yang harus dari kesehatan, guru dari pendidikan, arsitek dari tehnik sipil, berbeda dengan wartawan bisa dilakukan dari latar belakang berbeda.

"Ada wartawan kulihanya dulu di komunikasi, kesehatan, pendidikan, sastra maupun yang lainnya. Karen wartawan memang profesi terbuka," ujar Ketua Bidang Pendidikan dan Pengembangan Profesi dari Dewan Pers, Jamalul Insan Dalam kegiatan MbolangBareng JuruWarta Berdasar Fakta yang digelar ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama Tempo Institute.

Pada kegiatan yang diikuti 29 wartawan dari Kabupaten Bojonegoro dan Tuban itu, Jamalul Insan menjelaskan, meski profesi wartawan bisa dari latar belakang yang beragam, namun yang membedakan adalah, wartawan tetap menjalankan tugasnya dengan profesional.

Menurut Jamal, wartawan mendapat keistimewaan dengan kemudahan mengakses dan bertemu dengan orang-orang penting, hal itu karena publik. Oleh karena itu, wartawan profesional harus memberikan hak publik, yakni memberikan informasi akurat, bebas intervensi, memberikan akses dan memberikan ruang aduan bagi publik.

Selain itu, wartawan yang profesional, kata Jamal, harus taat pada asas kode etik jurnalistik dan mempunyai kompetensi dengan mengikuti uji kompetensi wartawan/jurnalis.

"Ada yang mengaku belasan tahun menjadi wartawan, untuk membuktikannya, kita potret dengan uji kompetensi wartawan. Apakah memang sudah menjalankan profesi seuai dengan kompetensinya," kata Jamalul menjelaskan. [ito/mu]

Tag : dewan, pers, bojonegoro, tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat