19:00 . Agar Selamat dari Informasi Hoaks, AMSI Beberkan Tips   |   18:00 . AMSI Jatim Berikan Pelatihan Literasi Berita, Peserta Antusias Pelajari Cara Kerja Media dan Cek Fakta   |   17:00 . Tega, Bayi Baru Lahir Ditinggal di Bawah Pohon   |   16:00 . Shio Kuda Hindari Konflik dalam Keluarga, Kambing; Perdebatan bisa Rusak Suasana   |   15:00 . 4 Tahun Kepemimpinan Bupati Anna, Ubah Bojonegoro Lebih Maju Termasuk Pembangunan Infrastruktur   |   14:00 . Warga Berebut Adopsi Bayi di Sumberarum, Dinsos Bojonegoro Jelaskan Prosedurnya   |   13:00 . Lapas Bojonegoro Gelar Razia Halinar Dadakan   |   12:00 . PEPC Sosialisasikan Keamanan dan Keselamatan Jalur Pipa Gas Lapangan JTB   |   16:00 . Antisipasi Potensi Konflik, Pemdes Berperan Penting Cegah Intoleransi dan Radikalisme   |   15:00 . Tak Kunjung Diperbaiki, Ratusan Sekolah di Bojonegoro Rusak   |   14:00 . Kepolisian: Jika Ingin Adopsi Bayi Bisa Hubungi Dinsos   |   11:00 . Kemenag Bojonegoro Datangkan 10 Ribu Pasang Buku Nikah   |   10:00 . Produk BBM yang Dinikmati Masyarakat Pasti Sesuai Spek, Ini 7 Proses Quality Control Pertamina   |   09:00 . Pergantian Pejabat di PT Kilang Pertamina Internasional : Bukti Legacy Kepemimpinan   |   08:00 . Polres Bojonegoro Bersama Perum Perhutani Tandatangani Perjanjian Kerjasama   |  
Thu, 29 September 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Dalami Jurnalis, UKM SINERGI IKIP PGRI BOJONEGORO Belajar ke bB

blokbojonegoro.com | Wednesday, 11 December 2019 09:00

Dalami Jurnalis, UKM SINERGI IKIP PGRI BOJONEGORO Belajar ke bB

Pengirim: Su'en Yektiana

blokBojonegoro.com - Mahasiswa kampus IKIP PGRI Bojonegoro yang tergabung dalam UKM Jurnalis, Selasa (10/12/2019), mendalami teknik menulis di kantor Redaksi blokBojonegoro.com.

Meski tidak semua anggota UKM Jurnalis hadir, keempat perwakilan yang langsung diterima oleh redaktur blokBojonegoro.com ini tetap semangat menerima materi.

Ayu salah satu perwakilan dari UKM Jurnalis IKIP PGRI Bojonegoro mengatakan, bahwa rencana untuk belajar di blokBojonegoro.com sudah lama diagendakan.

"Dipilihnya blokBojonegoro.com karena media online lokal ini adalah satu-satunya media online di Bojonegoro yang sudah terverifikasi administrasi oleh Dewan Pers," jelas Ayu, Selasa (10/12/2019).

Selain itu, kata Ayu, bB sangat terbuka dan peduli terhadap jurnalis kampus maupun sekolah, itu terbukti dulu ada blokBojonegoro Goes to School (bB-GtS) yang berjalan hingga pelosok Bojonegoro. "Beberapa kampus juga sekolah sudah pernah didampingi bB," katanya.

bB juga sangat peduli dengan kompetensi para jurnalisnya, itu terbukti hampir seluruh reporternya sudah memiliki sertifikasi uji kompetensi. Belajar bareng ini, jelas Ayu, akan berlanjut kedepannya, agar kemampuan menulis para mahasiswa bisa terasah dan semakin matang dan juga kritis.

"Ini awal, nanti inginnya kami bisa belajar terus dengan bB agar kemampuan teman-teman ini semakin matang, dan juga majalah sinergi kedepannya bisa terus berkembang," ungkapnya.

Redaktur blokBojonegoro.com, Muharrom menyampaikan mulai dari teknik menulis hingga bagaimana membuat sisi yang menarik dari sebuah peristiwa. Selain itu, ia juga mengajak para mahasiswa ini agar tidak mudah termakan oleh hoax atau barita yang belum tentu kebenarannya.

Uniknya, saat materi diberikan, anggota sinergi diajak melihat foto dan diminta untuk menggambarkan apa yang dilihat. Tentu jawabannya akan bercampur antara fakta dan juga opini masing-masing empat dara ini.

"Nah itu yang bisa memunculkan hoax, kadang kita itu langsung saja menyebar tanpa mencari tahu dulu apakah itu benar atau salah. Kadang kita juga suka ikut berburuk sangka dengan apa yang diunggah di media sosial, padahal semuanya belum tentu benar. Seperti foto yang teman-teman lihat," jelasnya panjang lebar.

Selain itu, Muharrom juga menyampaikan, bahwa redaksi blokBojonegoro.com sangat terbuka dan senang berbagi ilmu menulis. Beberapa kampus pernah didampingi dan juga sekolah untuk membuat majalah maupun mendalami dunia jurnalis.

"Dua tahun kita keliling Bojonegoro dulu, mulai dari SMP hingga SMA semuanya kita ajari menulis, dulu programnya bB-GtS," ungkapnya. [ito]

Tag : IKIP PGRI Bojonegoro, UKM Sinergi, jurnalis kampus, mahasiswa, menulis



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 06 September 2022 12:30

    Berita Kehilangan

    Berita Kehilangan Telah hilang buku Rincik pajak bumi dan bangunan milik desa sumberrejo kecamatan sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Bila ada yang menemukan bisa hubungi langsung ke Pemdes Sumberrejo atau redaksi.blokbojonegoro@gmail.com, juga bisa chat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat