11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |   16:00 . Viral! Sopir Bus dan Pemudik di Bojonegoro Adu Jotos, Kenapa?   |   15:00 . Libur Lebaran Okupansi Hotel Naik Hingga 90 Persen   |   18:00 . Puncak Arus Balik, 19 Ribu Pemudik Berangkat dari Stasiun Daop 8 Surabaya   |   20:00 . 165 Napi di Lapas Bojonegoro Terima Remisi Idul Fitri   |   16:00 . Pemkab Bojonegoro Sediakan Rest Area Bagi Pemudik   |   14:00 . Jalur Bojonegoro-Babat Padat Merayap, Kasat Lantas : Mudik Lokal   |  
Tue, 16 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tangkal Paham Radikal, IAI-UNUGIRI Bumikan Islam Nusantara Melalui Seminar Nasional

blokbojonegoro.com | Wednesday, 11 December 2019 19:00

Tangkal Paham Radikal, IAI-UNUGIRI Bumikan Islam Nusantara Melalui Seminar Nasional

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Institut Agama Islam (IAI) dan Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Giri Bojonegoro menggelar seminar nasional tentang 'Islam Nusantara Solusi Radikalisme' di Gedung Serbaguna, Ledok Wetan, Kabupaten Bojonegoro, Rabu (11/12/2019).

Dalam seminar ini menghadirkan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Prof, Dr, KH. Said Aqil Siroj, M.A sebagai narasumber dan Ketua Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Bojonegoro, H. Yogi Prana Izza, LC.MA sebagai moderator dan juga Bupati Bojonegoro, Dr. Hj. Anna Muawannah.

Rektor IAI Sunan Giri Jauharul Maarif M. Pd.I mengatakan banyak masyarakat yang salah dalam memahami Islam Nusantara. Pemahaman istilah Islam Nusantara jangan diterjemahkan perubahan agama atau perubahan doktrin Islam. Tetapi berupa implementasi ajaran Islam yang berhubungan dengan fikih, tasawuf, tauhid dan iplementasi pola dakwah.

Lebih lanjut, Islam Nusantara bukan doktrin baru atau agama baru karena Islam Nusantara merupakan cara atau implementasi dakwah Islam yang sebenarnya sudah dilakukan sejak jaman walisongo atau bahkan sebelumnya yaitu dilakukan dengan baik serta mengakomodasi perbedaan dan budaya setempat.

"Solusi praktis dan memiliki dampak yang cukup signifikan dalam menangkal radikalisme agama khususnya islam, adalah dengan menguatkan kembali identitas keislaman kita, dengan konsep Islam Nusantara dalam menumbuhkan cinta tanah air. Islam nusantra merupakan gabungan nilai islam telogis dengan digali dari nilai-nilai tradisi lokal, budaya dan adat yang ada di Indonesia,” ungkapnya.

Rektor yang akrab disapa Gus Arif ini juga menyatakan bahwa seminar yang diselenggarakan tersebut sebagai tindak lanjut dari lanjut dari deklarasi anti Radikalisme dua tahun lalu, yang diadakan oleh dua kampus dibawah naungan Nahdlatul Ulama ini.

“Konsep dari Islam Nusantara yang dikembangkan Nahdlatul Ulama (NU) dalam menangkal paham radikalisme islam yang datang dari luar dapat diaplikasikan dengan terus memperdalam Islam yang rochmatan lil alamin, yang menjunjung pluralitas dan tidak radikal dalam berdakwah,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Badan Pengelola Pergruan Tinggi (BPPT) NU Kabupaten Bojonegoro, Muslih Fattah menambahkan, sengaja mendatangkan ketua PBNU untuk mengenalkan konsep islam nusantara lebih dalam. Sehingga, mahasiswa IAI dan UNUGIRI bisa mengerti terkait konsep yang akan dikembangkan oleh Nahdlatul Ulama untuk menuju Indonesia damai.

"Kita harus mengenal, memahami, mempertahankan dan mengembangkan islam nusantara sehingga membawa Indonesia damai," tutupnya.[din/]

Tag : nu, seminar, unugiri, iai sunan giri



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat