Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Jalur KA Kembali Normal Pasca Anjlok di Stasiun Doplang

blokbojonegoro.com | Saturday, 14 December 2019 09:00

Jalur KA Kembali Normal Pasca Anjlok di Stasiun Doplang

Reporter: Nur Muharrom

blokBojonegoro.com - Upaya normalisasi jalur Kereta Api (KA) di Stasiun Doplang terus dilakukan, mulai terjadinya musibah anjlok pada Kamis (12/12/2019) siang hingga malam ini, Jumat (13/12/2019).

Setelah pukul 02.50 Wib jalur 2 terbebas dari material gerbong yang tergelincir, petugas KAI bergegas menata bantalan beton dan rel yang sudah dipersiapkan.

Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Krisbiantoro mengatakan, upaya keras dan cepat terus dilakukan untuk menyambungkan kembali jalur 2 di emplasement Stasiun Doplang Blora Jawa Tengah, sebagai jalur hulu dengan jalur lainnya pada pukul 05.30 WIB pagi tadi.

"Upaya keras ini dilakukan agar jalur kembali normal sehingga tidak mengganggu perjalanan kereta," jelas Krisbiantoro.

Dalam saat yang sama evakuasi gerbong gerbong terus dilakukan dengan bantuan 2 unit crane dengan kapasitas angkat masing-masing 100 ton.

Pengisian dan pemadatan batu balas kricak, kata  Krisbiantoro, di jalur II dikebut untuk segera dapat digunakan kembali melayani operasional KA.

"Pada pukul 07.00 WIB jalur dinyatakan bisa dilewati KA dengan kecepatan terbatas 5 km/jam dengan di ujicoba gerakan langsiran kereta pertolongan dan gerbong datar," paparnya.

Dengan berhasilnya dilewati jalur II tersebut, maka Stasiun Doplang siap melayani operasi KA kembali.

Ditambahkan, KA pertama yang berhasil lewat dengan aman yakni KA Barang 2524 pada pada pukul 09.46, selanjutnya KA 268 Maharani tujuan Surabaya sebagai KA kedua dan KA Barang 2514 sebagai kereta ketiga yang lewat dengan aman.

Tepat pukul 13.45 WIB peningkatan kecepatan di jalur II berubah dari yang semula hanya 5 km/jam menjadi 20 km/jam, ini membuktikan semakin mantap konstruksi rel jalur II tersebut.

"Kiriman gerbong datar sejumlah 8 gerbong yang berasal dari Stasiun Semarang Poncol dan Alastua juga sudah datang untuk membantu proses evakuasi gerbong yang rusak," jelas Manajer Humas DAOP 4 Semarang.

Dimulai pukul 16.00 berhasil dimuat 2 gerbong rusak dan secara bertahap ke-10 gerbong rusak semuanya berhasil dimuat dan siap untuk dikirim ke Balai Ya sa.

"Terakhir pada pukul 22.00 malam hari ini jalur I di Stasiun Doplang sudah terbebas dari material gerbong rusak yang menghalangi dan siap untuk dinormalkan kembali," pungkas  Krisbiantoro. [mu/col]


Tag : Jalur, KA, lancar



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini