16:00 . Musrenbangkab Pemkab Bojonegoro Susun Arah Kebijakan Daerah 20 Tahun ke Depan   |   13:00 . War Takjil Fenomena Toleransi Berdampak Ekonomi Masyarakat   |   07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Festival Literasi Jatim 2019

Banyaknya TBM Di Bojonegoro Hendaknya Dijadikan Pelecut Bagi Kabupaten Lain

blokbojonegoro.com | Wednesday, 18 December 2019 12:00

Reporter : M Safuan

blokBojonegoro.com - Demi terwujudnya generasi bangsa yang sukses, berbagai upaya terus dilakukan oleh Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten Bojonegoro, salah satunya meningkatkan literasi dikalangan para remaja. Dengan gerakan literasi itu,sektor pendidikan, bisa mendorong untuk menumbuhkan minat baca.

Guna membangkitan minat baca tersebut, Rabu (18/12/2019) Kabupaten Bojonegoro menjadi tuan rumah pada ajang Festival Literasi Jatim 2019, sekaligus menggelar Musyawarah Wilayah (Muswil) Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) se- Jawa Timur yang dihadiri oleh Ketua FTBM Provinsi Jatim, dan dibuka langsung oleh Kepala Bakorwil Bojonegoro.

Dalam sambutanya Gubernur Jawa Timur yang diwakili Kepala Bakorwil Bojonegoro, Abimanyu Poncoatmojo Iswinarno mengungkapkan., kegiatan literasi yang diselenggarakan sesuai dengan program nawa bhakti Gubernur Jatim yakni cerdas dan sehat,  di mana dalam program itu pemahaman dan minat baca bagi semua harus terus ditingkatkan. Dengan gerakan literasi ini bisa mampu meningkatkan minat baca di semua kalangan terutama di kalangan pelajar.

"Karena dengan banyak membaca itu, nantinya banyak diperoleh informasi, seperti pepatah dengan banyak informasi, pasti akan mengusai dunia," terang Abimanyu di hadapan ratusan peserta festival literasi.

Di sisi lain, Ketua FTBM Provinsi Jatim Dwi Asutik menyampaikan, dengan adanya Festival ini ke depannya bisa lebih semangat untuk menguatan literasi agar lebih semangat dalam membaca dan menulis.

Dengan kegiatan ini diharapkan semoga bisa memberikan manfaat bagi masyarakat dengan adanya forum TBM ini.
Tidak hanya itu, Bojonegoro total ada 275 TBM bahkan jumlah itu terbanyak se-Jatim, oleh karenanya, Kabupaten Bojonegoro layak diberikan penghargaan karena sudah menginspirasi masyarakat di Kabupaten/Kota lainnya.

"Semoga kabupaten lainnya bisa meniru seperti apa yang dilakukan TBM Bojonegoro" tutur Dwi di hadapan ratusan peserta.

Masih kata Dwi, dalam kesempatan ini juga diberikan apresiasi bagi 9 TBM yakni memberikan bantuan paket perlengkapan, baik komputer maupun buku dan bantuan lainnya, yang bertujuan 9 TBM tersebut menjadi TBM rintisan.

Hadir pada kegiatan Festival Literasi dan Muswil FTBM se Jawa Timur yakni Kepala Pengadilan Negri, Dinas Pendidikan Bojonegoro, TBM Se Jatim, Kodim 0813 Bojonegoro, Kapolres Bojonegoro, Kepala SMA/SMK maupun MA serta ratusan siswa SMK /SMA dan MA.

Usai kegiatan Festival dibuka, FTBM Provinsi juga memberikan penghargaan kepada Gubernur Jatim dan Pemkab Bojonegoro, sebagai dukungan untuk memajukan literasi di Jatim khususnya di Bojonegoro. Usai pemberian penghargaan itu, sejumlah rangkaian acara langsung dilakukan dengan memberikan materi literasi yang dipandu langsung oleh beberapa nara sumber dengan cara membagi beberapa kelompok.[saf/ito]

Tag : TBM, jatim, festival, literasi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat