19:00 . Baru Sebulan 42 Remaja di Bojonegoro Ajukan Dispensasi Nikah   |   18:00 . Setahun, 527 ABG di Bojonegoro Ajukan Dispensasi Nikah   |   17:00 . Paman: Korban Tiap Main, Selalu Mandi di Sungai   |   16:00 . Jenazah Mrs. X Ditemukan Mengapung di Bengawan Solo   |   15:00 . Mahasiswa Kampus Ungu Hasilkan Ratusan Media Penyuluhan Edukatif, ini Kuncinya...   |   14:30 . EMCL Raih 4 Penghargaan dari Kemendes RI   |   14:00 . Aliran Sungai Pacal Semakin Deras, Pencarian Hari Kedua Terhambat   |   13:00 . Abdullah Umar: Gedung Baru DPRD Upaya Optimalisasi Pelaksanaan Tugas   |   12:00 . Bupati Anna Mu'awanah Resmikan Gedung DPRD Bojonegoro   |   08:00 . Sediakan TPS Khusus untuk Sampah Pasar, Malah Dirusuhi Warga Luar   |   21:00 . Khidmat Kiai, Pagar Nusa Bojonegoro Doa Bersama Jelang 1 Abad NU   |   18:00 . Dinilai Terlalu Lama Kotor, Erick Thohir Ingin Bersihkan Sepakbola Indonesia   |   17:00 . Terpeleset saat Mandi di Sungai, Anak asal Soko Tenggelam di Kapas   |   16:00 . Besok, 16 Kecamatan di Bojonegoro Diprakirakan Akan Hujan Petir di Sore Hari   |   12:00 . CPNS 2023 Kapan Dimulai? Ini Prediksi dan Bocoran Jabatan yang Dibutuhkan   |  
Fri, 03 February 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Dusun Bacem, Wilayah Terpencil Bojonegoro Tanpa Listrik

blokbojonegoro.com | Wednesday, 18 December 2019 17:00

Dusun Bacem, Wilayah Terpencil Bojonegoro Tanpa Listrik

Reporter: Herman

blokBojonegoro.com - Butuh waktu hampir satu jam dari Kecamatan Tambakrejo untuk mencapai daerah terpencil di Dusun Bacem, Desa Turi yang berada di tengah hutan.

Jalan terjal berbatu dan penuh kelokan curam menjadi tantangan tersendiri bagi pengendara yang akan menuju Dusun Bacem. Jarak dari Kecamatan Tambakrejo sekitar 14 kilometer.

Di sisi kiri dan kanan jalan hanya terlihat pepohonan rimbun hingga tebing tinggi yang menutupi tingginya jurang.

Seorang warga, Padi mengungkapkan, akses jalan memang menjadi salah satu kendala bagi warga yang tinggal di Dusun Bacem. Pria yang berprofesi sebagai kepala dusun ini mengatakan, jarak dari Dusun Bacem ke Kecamatan Tambakrejo bisa memakan waktu sejam. Itu pun jika cuaca sedang cerah.

“Dulu kalau hujan, butuh waktu berjam-jam dengan berkendara sepeda motor, tapi sekarang sudah lumayan sejak ada karya bakti ABRI masuk desa dari Kodim Bojonegoro,” ujar Padi kepada blokBojonegoro.com.

Tak hanya kendala akses jalan, jaringan listrik di Dusun Bacem hingga tahun ini pun masih tak lancar. Jangan berharap pula bisa saling telepon untuk bertukar kabar dengan lancar. Telepon seluler yang dibawa awak blokBojonegoro.com langsung tak berguna begitu tiba di Dusun Bacem. Garis sinyal yang biasanya penuh terisi di kota, langsung hilang dengan tulisan ‘No Service’.

Sedikitnya 116 kepala keluarga (KK) di Dusun Bacem, Desa Turi, Kecamatan Tambakrejo belum dapat menikmati listrik. Selama ini warga menyambung aliran listrik dari desa tetangga, yaitu tepatnya di Dusun Kaliklampok, Desa Bobol Kecamatan Sekar yang jaraknya kurang lebih sekitar tiga kelometer.

Kepala Dusun bacem, Padi kepada blokBojonegoro.com menjelaskan beberapa dusun di desanya masih belum teraliri listrik, yaitu Dusun Bacem, Boti dan Sokosewu. "Masyarakat setempat sangat mengharapkan adanya aliran listrik di wilayah mereka. Selama ini, mereka kerap mencatok dari kabel listrik rumah warga yang sudah teraliri listrik," kata Padi.

Padi menjelaskan, beberapa waktu inj sudah dipasang tiang listrik dari PLN, kemungkinan besar tahun depan sudah dioperasikan.

"Letak dusun yang belum menikmati listrik PLN berada di perbukitan dan di tengah hutan. Selain itu, di wilayah dusun ini juga tidak memiliki potensi sebagai alternatif membuat pembangkit listrik selain ikut PLN," ungkapnya.[her/lis]

Tag : Dusun, pln, listrik



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 24 January 2023 08:00

    Manfaat Belajar Matematika

    Manfaat Belajar Matematika Matematika adalah ilmu pengetahuan yang banyak membahas tentang angka dan bilangan. Materinya yang sulit dipahami dan banyaknya rumus yang harus diingat, membuat tidak semua orang menyukai matematika, bahkan membencinya. Dibutuhkan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 23 December 2022 12:00

    Pengumuman Lelang Terbuka

    Pengumuman Lelang Terbuka Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, PT. Asri Dharma Sejahtera Tahun 2022, dengan ini tim pengadaan jasa kontruksi melakukan lelang terbuka dengan kualifikasi pekerjaan sebagai berikut...

    read more