23:00 . Inilah Jejak Karier DR. Didik Farkhan Alisyahdi, Kajati Banten   |   22:00 . Didik Farkhan, Putera Terbaik Bojonegoro Jabat Kajati Banten   |   20:00 . IHC RSPP Jadi Bagian Mayo Clinic Care Network   |   16:00 . Limbah Sampah di TPA Diolah Jadi Bensin dan Solar   |   14:00 . Selama Tahun 2022, PETI Dominasi Kasus Hukum Sektor Pertambangan Minerba   |   13:00 . Diberangkatkan Bupati, STIKES Rajekwesi Mulai KKN Tematik Desa Tangguh   |   07:00 . 7 Cara Bersyukur Setiap Hari, Hidup Akan Lebih Bahagia   |   23:00 . Libatkan Puluhan Pekerja Kreatif dan Ratusan Ekstras asli Bojonegoro   |   22:00 . Tangis Haru Mbah Painem Asal Gondang Bisa Masuk Film Internasional   |   20:00 . Tayang Perdana di Bojonegoro, Film Autobiography Disambut Warga   |   19:00 . Jalan Utara Pasar Kota Bojonegoro Jadi Dua Arah, Dishub : Murni Program Pemkab   |   18:00 . Benarkah Pedagang Pasar Wisata Akan Ditarik Iuran Rp200 Ribu?   |   16:00 . Angka Partisipasi Daftar PPS Tinggi, KPU Provinsi Jatim Beri Apresiasi   |   15:00 . Healing Budget Minimalis, Nikmati Kopi Senja di Flyover Gayam   |   14:00 . Kiai Afifuddin Muhajir: Piagam PBB dalam Bingkai Syariat; Serial Halaqah Fikih Peradaban Lirboyo   |  
Fri, 27 January 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Cegah Radikalisme dan Terorisme, Kemenag dan FKUB Gelar Dialog Lintas Agama

blokbojonegoro.com | Friday, 20 December 2019 19:00

Cegah Radikalisme dan Terorisme, Kemenag dan FKUB Gelar Dialog Lintas Agama

Reporter: M Safuan

blokBojonegoro.com- Masih tersebarnya paham radikalisme dan terorisme menjadi perhatian serius bagi Kemenag Bojonegoro dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Bojonegoro. Untuk mencari solusi agar paham tersebut tidak sampai mempengaruhi generasi muda. Pasalnya, paham radikalisme dan terorisme merupakan musuh utama bagi keberlangsungan suatu bangsa dan negara.

Guna menangkal pemahaman tersebut, Kemenag Bojonegoro bersama dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FUKB) menyelenggarakan dialog lintas agama dan kebangsaan yang bertajuk "Mencegah Radikalisme dan Terorisme dengan Meningkatkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa" Jumat (20/12/2019).

Kepala Kemenag Bojonegoro, M Syamsuri mengungkapkan, kegiatan dialog seperti ini sangat penting, pasalnya bisa menyamakan persepsi tentang paham radikalisme dan terorisme. Pasalnya paham tersebut muncul karena sikap intoleran yang tidak bisa menerima perbedaan disuatu negara, padahal kerukunan dan keseimbangan itu sangat penting bagi kaum yang beragama.

"Untuk itu, FKUB menjadi peran penting guna memberikan wadah bagi semuanya," terang Syamsuri di hadapan puluhan peserta.

Pria asal Lamongan ini juga menerangkan kegiatan ini untuk menyiapkan generasi emas bangsa Indonesia sekaligus mensinergikan bangsa untuk menjamin ketertiban dan kedamaian. Hal itu dengan menanamkan nilai agama yang meliputi tawazun, tawasud, jiwa adil, saling memahami, islah, waliyah serta yang paling penting yakni mendorong generasi muda untuk punya jiwa wathoniah atau cinta tanah air.

Di sisi lain, Ketua FKUB Bojonegoro, Alamul Huda Masyhur meyampaikan tantangan terbesar dalam memerangi radikalisme karena ego sektoral yang terus memunculkan isu. Selain itu, karena sikap yang merasa benar sendiri akan suatu pemahaman.

"Nah dari itulah, muncul sikap trans idiologi dan sikap intoleran bagi seseorang atau generasi muda saat ini," tandas Alamul Huda yang juga sebagai pengasuh Ponpes Al Rosyid Kecamatan Dander, Bojonegoro.

Masih kata Gus Huda sapaan akrabnya, guna mencegah paham radikalisme dan terorisme itu ada 4 hal yang harus diamalkan atau dilakukan dalam kehidupan sehari-hari yakni tata hati (noto ati), Hargailah/dahulukan orang lain (among Karso), Bangkitlah dan selalu mencintai sesama (mijil tresno) dan Bekerja dan berbuat dengan mewujudkannya (Factual).

Kegiatan dialog tersebut dihadiri oleh Kepala Kemenag, Ketua FKUB Bojonegoro, Organisasi Kemasyarakatan, Perwakilan Media Massa serta beberapa tamu undangan lainnya. Dalam kegiatan tersebut yang bertindak sebagai narasumber Kepala Kemenag dan Ketua FKUB Bojonegoro. [saf/lis]

Tag : Fkub, Dialog, lintas agama



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 24 January 2023 08:00

    Manfaat Belajar Matematika

    Manfaat Belajar Matematika Matematika adalah ilmu pengetahuan yang banyak membahas tentang angka dan bilangan. Materinya yang sulit dipahami dan banyaknya rumus yang harus diingat, membuat tidak semua orang menyukai matematika, bahkan membencinya. Dibutuhkan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 23 December 2022 12:00

    Pengumuman Lelang Terbuka

    Pengumuman Lelang Terbuka Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, PT. Asri Dharma Sejahtera Tahun 2022, dengan ini tim pengadaan jasa kontruksi melakukan lelang terbuka dengan kualifikasi pekerjaan sebagai berikut...

    read more