19:00 . Persibo Ajukan PK, Laga Mitra Surabaya kontra Deltras Sidoarjo Ditunda   |   18:30 . Selamat..! Ponpes Attanwir Dapat Penghargaan Eco Pesantren dari Gubernur Jatim   |   18:00 . Awas...!! Tanggul Bengawan Solo Ambles   |   15:00 . Menjelang Nataru, Harga Daging Ayam di Bojonegoro Naik   |   14:00 . Grafik Harga Emas UBS Hari ini Terpantau Naik   |   12:00 . Pemkab Bojonegoro Ikuti Penilaian Evaluasi Program Menuju Smart City 2021   |   09:00 . Akhir Tahun, Ada 2.551 Janda Baru di Bojonegoro   |   07:00 . Jangan Dimarahi, Ini 5 Tips Membentuk Kepribadian Anak yang Disiplin   |   23:00 . Kecewa Putusan Komisi Banding PSSI, Persibo Bojonegoro Ajukan PK   |   19:00 . Dinas PMD Bojonegoro Sosialisasi Pemekaran Desa Napis   |   18:00 . Larangan Penjualan Minyak Curah, Begini Respon Masyarakat Bojonegoro   |   17:00 . Rapat Senat Terbuka Wisuda III/XXV, UNU Sunan Giri Hadirkan Ketua PBNU Bidang Pendidikan   |   16:00 . Tanggul Ambles, Warga Sekitar Ketar - Ketir   |   15:00 . Tanggul di Kanor Ambles, Tanah Masih Gerak   |   14:00 . Komitmen Upaya Kurangi Emisi, Program Penanaman Pohon oleh PEPC Mencapai 25.000   |  
Tue, 07 December 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Cegah Radikalisme dan Terorisme, Kemenag dan FKUB Gelar Dialog Lintas Agama

blokbojonegoro.com | Friday, 20 December 2019 19:00

Cegah Radikalisme dan Terorisme, Kemenag dan FKUB Gelar Dialog Lintas Agama

Reporter: M Safuan

blokBojonegoro.com- Masih tersebarnya paham radikalisme dan terorisme menjadi perhatian serius bagi Kemenag Bojonegoro dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Bojonegoro. Untuk mencari solusi agar paham tersebut tidak sampai mempengaruhi generasi muda. Pasalnya, paham radikalisme dan terorisme merupakan musuh utama bagi keberlangsungan suatu bangsa dan negara.

Guna menangkal pemahaman tersebut, Kemenag Bojonegoro bersama dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FUKB) menyelenggarakan dialog lintas agama dan kebangsaan yang bertajuk "Mencegah Radikalisme dan Terorisme dengan Meningkatkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa" Jumat (20/12/2019).

Kepala Kemenag Bojonegoro, M Syamsuri mengungkapkan, kegiatan dialog seperti ini sangat penting, pasalnya bisa menyamakan persepsi tentang paham radikalisme dan terorisme. Pasalnya paham tersebut muncul karena sikap intoleran yang tidak bisa menerima perbedaan disuatu negara, padahal kerukunan dan keseimbangan itu sangat penting bagi kaum yang beragama.

"Untuk itu, FKUB menjadi peran penting guna memberikan wadah bagi semuanya," terang Syamsuri di hadapan puluhan peserta.

Pria asal Lamongan ini juga menerangkan kegiatan ini untuk menyiapkan generasi emas bangsa Indonesia sekaligus mensinergikan bangsa untuk menjamin ketertiban dan kedamaian. Hal itu dengan menanamkan nilai agama yang meliputi tawazun, tawasud, jiwa adil, saling memahami, islah, waliyah serta yang paling penting yakni mendorong generasi muda untuk punya jiwa wathoniah atau cinta tanah air.

Di sisi lain, Ketua FKUB Bojonegoro, Alamul Huda Masyhur meyampaikan tantangan terbesar dalam memerangi radikalisme karena ego sektoral yang terus memunculkan isu. Selain itu, karena sikap yang merasa benar sendiri akan suatu pemahaman.

"Nah dari itulah, muncul sikap trans idiologi dan sikap intoleran bagi seseorang atau generasi muda saat ini," tandas Alamul Huda yang juga sebagai pengasuh Ponpes Al Rosyid Kecamatan Dander, Bojonegoro.

Masih kata Gus Huda sapaan akrabnya, guna mencegah paham radikalisme dan terorisme itu ada 4 hal yang harus diamalkan atau dilakukan dalam kehidupan sehari-hari yakni tata hati (noto ati), Hargailah/dahulukan orang lain (among Karso), Bangkitlah dan selalu mencintai sesama (mijil tresno) dan Bekerja dan berbuat dengan mewujudkannya (Factual).

Kegiatan dialog tersebut dihadiri oleh Kepala Kemenag, Ketua FKUB Bojonegoro, Organisasi Kemasyarakatan, Perwakilan Media Massa serta beberapa tamu undangan lainnya. Dalam kegiatan tersebut yang bertindak sebagai narasumber Kepala Kemenag dan Ketua FKUB Bojonegoro. [saf/lis]

Tag : Fkub, Dialog, lintas agama



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 06 December 2021 12:00

    Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi

    Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi Gunung Semeru atau dikenal dengan Mahameru, yang ada di Kabupaten Lumajang Jawa Timur, dilaporkan meletus pada Sabtu, 4 Desember 2021 sekitar pukul 15.00 WIB....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more