Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Petani Ngambon Semprot Masal Hama Ulat Tentara

blokbojonegoro.com | Friday, 20 December 2019 12:00

Petani Ngambon Semprot Masal Hama Ulat Tentara

Kontributor: Herman Bagus

blokBojonegoro.com – Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Bojonegoro meninjau lahan jagung yang rusak di Desa Sengon, Kecamatan Ngambon, Jumat pagi (20/12/2019). Kerusakan tersebut disebabkan serangan hama ulat. Imbasnya, petani terancam gagal panen.

“Kami menindaklanjuti keluhan para petani terkait serangan hama,” ujar perwakilan Disperta Lilik.

Dia menyebut, ada beberapa agenda kegiatan, selain melakukan penyuluhan terkait pemberantasan ulat, juga mengumpulkan petani jagung untuk mengendalikan hama dengan masal.

“Agenda pagi ini adalah pengendalian bersama atau penyemprotan secara bersama-sama,” paparnya.

Pagi ini sekitar 20 petani dikumpulkan dan diberi arahan oleh para penyuluh. Mereka juga diajari mencampur insektisida yang difasilitasi oleh Disperta yang bekerjasama dengan PT. Petrokimia Kayaku. Setelah racikan insektisida dibagikan, penyuluh bersama para petani langsung pergi ke lahan.

Di lahan masing-masing, mereka langsung melakukan penyemprotan pada tanaman jagung. “Dengan cara ini kami berharap bisa mengusir dan mengendalikan hama yang terus menyerang,” ungkap pria berkaca mata itu.

Arif, selaku PPL Kecamatan Ngambon menambahkan, akhir-akhir ini serangan ulat memang sedang tinggi-tingginya. Sehingga merusak tanaman. Keadaan ini sudah dirasakan petani Desa Sengon dan sekitarnya sejak November hingga Desember ini.

"Serangan hama cepat dan masif dikarenakan faktor cuaca, harapannya dengan penyemprotan bersama hama ulat bisa dikendalikan dan tidak lagi merusak tanaman," terangnya.

Juliadi, selaku perwakilan dari PT. Petrokimia kayaku menambahkan, tujuan semprot masal ini biar petani bisa mengantisipasi serangan ulat, kedepannya diharapakan serangan ulat tidak ada lagi.

"Ini jenis ulat baru, tahun-tahun sebelumnnya belum pernah ada, yang menyerang jagung ini adalah ulat FAW (ulat tentara). Ulat ini berasal dari amerika latin," ujarnya. [her/mu]

Tag : petani jagung, ulat tentara, ulat baru, hama jagung, ulat jagung



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini