Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kebiasaan Abaikan Sarapan, 5 Penyakit ini Akan Mengintaimu

blokbojonegoro.com | Wednesday, 25 December 2019 07:00

Kebiasaan Abaikan Sarapan, 5 Penyakit ini Akan Mengintaimu

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Begitu padatnya rutinitas di pagi hari seringkali menjadi alasan untuk mengabaikan sarapan. Padahal salah satu fungsi sarapan ialah membantu melindungi tubuh dari serangan penyakit.

Mengabaikan sarapan tidak hanya membuat tubuh Anda lemas tetapi hal ini juga bisa mengganggu kesehatan. Apalagi, jika hal tersebut sering dilakukan. Hal ini bisa membuat tubuh Anda menjadi rentan terhadap berbagai masalah kesehatan.

Dilansir dari Times of India, beberapa masalah kesehatan ini bisa timbul karena Anda sering mengabaikan sarapan.

1. Kemungkinan diabetes

Melewatkan sarapan bisa meningkatkan risiko terkena diabetes. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard University menemukan, wanita yang tidak makan pagi berisiko 20 persen lebih tinggi terkena diabetes tipe 2.

ini dikarenakan melewatkan sarapan terkait dengan gangguan intoleransi glukosa, pradiabetes, dan diabetes itu sendiri.

2. Cenderung menambah berat badan

Manfaat sarapan memanglah penting untuk bantu turunkan berat badan. Melewatkannya justru tidak membuat berat badan berkurang.

Sebuah penelitian membuktikan, orang yang rutin sarapan cenderung menjaga berat badan agar tetap sehat. Sementara, mereka yang melewatkannya malah makan lebih banyak di waktu lainnya.

3. Dampak pada metabolisme

Ketika Anda melewatkan sarapan, tubuh akan mengurangi tingkat metaboliknya untuk mengkompensasi pembatasan kalori.

Jika Anda tidak makan untuk waktu yang lama, itu akan mempengaruhi kemampuan tubuh dalam membakar kalori.

4. Efek marah karena lapar

Marah ketika lapar atau "hangry" bisa ditimbulkan karena melewatkan sarapan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pria yang sarapan setiap hari, memiliki suasana hati lebih positif daripada yang melewatkannya.

Melewatkan sarapan dapat menurunkan kadar gula darah, menyebabkan iritabilitas, dan menimbulkan kelelahan serta sakit kepala.

5. Bau mulut

Melewatkan makan pagi bisa membuat napas dan mulut menjadi bau tidak enak. Ini terjadi karena sarapan merangsang produksi air liur dan membantu menggosok bakteri dari lidah Anda.

Nah jangan sering lewatkan sarapan sebelum menjalani aktivitas yah.! Karna jika tidak sarapan, kamu bisa menjadi kurang berenergi. Selain itu, beberapa penelitian juga menemukan adanya peningkatan risiko penyakit tertentu pada orang-orang yang sering melewatkan sarapan. Maka tubuh perlu dapatkan asupan yang sehat agar miliki stamina untuk jalani aktivitas seharian.


Sumber: https://www.teras.id/life/pat-8/189060/
kebiasaan-abaikan-sarapan-5-penyakit-ini-akan-mengintaimu

Tag : penyakit, malas, sarapan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini