Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Refleksi Akhir Tahun 2019

Kapolres Bojonegoro Sampaikan Anev Kamtibmas

blokbojonegoro.com | Tuesday, 31 December 2019 11:00

Kapolres Bojonegoro Sampaikan Anev Kamtibmas

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Dalam gelar refleksi akhir tahun 2019, jajaran Forpimda Kabupaten Bojonegoro menggelar kegiatan Konferensi Pers bersama untuk menyampaikan hasil kinerja selama tahun 2019 di Pendopo Malowopati Pemkab Bojonegoro, jalan Mas Tumapel Bojonegoro.

Hadir pada kesempatan tersebut, Kapolres Bojonegoro, AKBP M Budi Hendrawan, SIK MH, Bupati Bojonegoro, DR. Hj. Anna Mu’awanah, Dandim 0813 Bojonegoro, Letkol Inf Bambang Hariyanto, para PJU Polres Bojonegoro, SKPD Bojonegoro dan para awak media baik televisi, cetak, dan siber.

Kapolres Bojonegoro, AKBP M Budi Hendrawan, menyampaikan tentang situasi Kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) selama tahun 2019.

Kapolres Bojonegoro menjelaskan, bahwa tindak pidana yang terjadi di wilayah hukum Polres Bojonegoro selama tahun 2019 secara keseluruhan mengalami penurunan, jika dibanding tahun 2018.

“Untuk penyelesaian kasus yang ditangani Sat Reskrim Polres Bojonegoro berikut Polsek jajaran mengalami peningkatan,” jelas Kapolres Bojonegoro, AKBP Budi Hendrawan, dihadapan tamu undangan dan awak media, saat pelaksanaan Analisa dan Evaliasi (Anev) Kamtibmas Polres Bojonegoro di Pendopo Malowopati Pemkab Bojonegoro.

Menurut Kapolres, di wilayah hukum Polres Bojonegoro selama tahun 2019 jumlah tindak kriminal yang terjadi atau crime total (CT) sejumlah 428 kasus, menurun 20 persen jika dibanding kasus tahun 2018, sejumlah 538 kasus.

Sementara untuk prosentase tingkat penyelesaian tindak pidana atau crime clearance (CC) pada tahun 2019 mencapai 71 persen, mengalami peningkatan sebesar 15 persen, dibanding penyelesaian tindak pidana tahun 2018, yang mencapai 64 persen.

"Dengan adanya penurunan kasus dan penyelesaian kasus yang ditangani oleh penyidik mengindikasikan bahwa secara keseluruhan situasi kamtibmas di wilayah hukum Polres Bojonegoro tetap kondusif," kata Kapolres.

Sedangkan untuk crime index, yaitu kejahatan serius atau yang sering terjadi dan menimbulkan keresahan di masyarakat, pada tahun 2019 sejumlah 309 kasus, juga mengalami penurunan sebesar 20 persen, jika dibanding kasus tahun 2018 sejumlah 385 kasus.

Tindak Pidana Khusus antara lain prostitusi, ITE pornografi, uang palsu, perlindungan konsumen, jaminan fidusia, perbankan, miras, ilegal logging, penambangan tanpa izin, BBm ilegal.

Kasus ini juga mengalami penurunan, tahun 2019 sejumlah 31 kasus, sedangkan tahun 2018 sejumlah 71 kasus, mengalami penurunan prosentase 56,33 persen.

Kasus lain yang mengalami kenaikan yakni kasus tindak pidana korupsi, pada tahun 2019 sejumlah 4 kasus, pada tahun 2018 sejumlah 2 kasus. Kasus ini mengalami kenaikan prosentase 100 persen. Dan kasus peredaran narkoba pada tahun 2019 sejumlah 49 kasus, untuk tahun 2018 sejumlah 36 kasus.

“Secara keseluruhan kasus tindak pidana kejahatan jalanan yang terjadi di Bojonegoro tahun 2019 ini menurun dibanding tahun 2018. Sementara penyelesaian kasusnya mengalami peningkatan," ucap Kapolres.

Masih menurut Kapolres Bojonegoro, Keberhasilan menekan angka kriminalitas itu menurutnya berkat kerja keras dari anggota di lapangan baik giat kepolisian preemtive yang diemban oleh Binmas dengan giat sambang, pembinaan masyarakat maupun deketsi dini dan penggalangan yang diemban oleh fungsi intelkam, dan giat kepolisian preventive yang diemban oleh fungsi sabhara dan lalu lintas berupa patroli, dan kegiatan razia maupun operasi kepolisian serta giat kepolisian represif yang diemban oleh fungsi satreskrim berupa penegakan hukum.

Disamping itu tentu saja dukungan dan kerjasama seluruh komponen masyarakat serta efektifnya sinergi tiga pilar kamtibmas plus baik TNI, Polri. [zid/ito]

 

Tag : Polres, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini