08:00 . Ruwatan Massal di Bojonegoro Kembali Digelar, Ini Jadwalnya   |   07:00 . Menabung Saja Tidak Cukup, Ini Tips Ajarkan Anak Kelola Uang dengan Tepat   |   06:00 . Berani Bermimpi dan Gigih Menjemput Masa Depan   |   22:00 . Mendag Zulhas: Perjanjian Indonesia–UAE CEPA Ditandatangani, Upaya Tingkatkan Ekspor   |   21:00 . Roadshow, PMI Bojonegoro Lakukan Pembinaan dan Orientasi Pengurus Kecamatan   |   20:00 . Gubernur Lantik Komite Komunikasi Digital (KKD) Jatim   |   19:00 . Perangi Hoaks, Gubernur Jatim Lantik Komite Komunikasi Digital   |   18:00 . Program Agrosilvopastura, PEPC Inisiasi Kesadaran Kolektif Masyarakat Lestarikan Lingkungan   |   12:00 . Momen Hari Bhayangkara, Bupati Anna Ucapkan Selamat Kepada Pejuang Indonesia   |   11:00 . Negara Hadir, Pemerintah Bayar Kompensasi Rp64.5 T, Perkuat Arus Kas Pertamina, Proteksi Daya Beli Masyarakat   |   10:00 . Jelang Idul Adha Harga Telur Ayam Ras Naik   |   09:00 . Kawula Muda, Yuk Ikuti Dance Competition Ngelenyer Piala Bupati Bojonegoro 2022   |   08:00 . Bupati Anna Terbitkan SE Jam Kerja Terbaru Bagi Para ASN Pemkab Bojonegoro   |   07:00 . Jangan Marahi Anak yang Berbohong, Begini 3 Langkah Menghadapinya   |   20:00 . Tim Pemberdayaan Sahabat Pertamina Pamerkan Karya Lansia Produktif   |  
Sat, 02 July 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Musim Hujan, Jamur 'Barat' Berkah Warga Bojonegoro Selatan

blokbojonegoro.com | Friday, 03 January 2020 16:00

Musim Hujan, Jamur 'Barat' Berkah Warga Bojonegoro Selatan

Kontributor: Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Musim hujan mulai rutin mengguyur wilayah Kabupaten Bojonegoro, termasuk Bojonegoro bagian selatan, seperti di Kecamatan Ngambon membuat suhu udara makin sejuk, bahkan cenderung dingin.

Kondisi tersebut ternyata memberi berkah tersendiri bagi warga, lantaran bisa mendapatkan jamur 'Barat' secara gratis di hutan.

Kondisi curah hujan cukup tinggi seperti yang terjadi akhir-akhir ini, jamur yang tumbuh liar di hutan cukup melimpah. Tak ayal, warga ramai mengambilnya untuk dikonsumsi maupun dijual.

Tumbuhan yang bernama latin clitocybe nebularis itu memang banyak tumbuh di daerah selatan Bojonegoro, yang notabene di dominasi kawasan hutan.

Jamur barat sendiri berbentuk batang dan tudung atas seperti caping gunung, tinggi sekitar 10 cm. Diameter atau besar batang maksimal 1 cm. Lebar tudung atas lebar maksimal 15 cm, berwarna putih agak kelabu dan kecoklat-coklatan, dan mempunyai bau yang Khas.

"Sejak Senin kemarin kalau ke sawah selalu menjumpai jamur barat," ujar Kadimin warga Dusun Kleco Desa Nglampin Kecamatan Ngambon.

Menurutnya, jamur barat tumbuh liar tanpa ditanam atau dibudidayakan, bisa di pekarangan rumah, bawah batang bambu, di hutan atau tempat lain yang bisa tumbuh dengan sendirinya.

"Jamur barat bisa diolah menjadi sayur lodeh atau pun oseng-oseng," lanjutnya.

Untuk mencari jamur sendiri, menurutnya mencari jamur bisa dibilang susah-susah gampang. "Terkadang mencari di semak-semak atau di bawah pohon juga tidak ketemu. Tapi kalau orang yang 'bejo' biasanya sering dapat," beber Kadimin.

Ia mengaku berburu jamur saat musim seperti ini bisa jadi hiburan tersendiri. Bahkan sebagian warga juga ada yang menjual jamur lantaran hasil yang didapat cukup melimpah.

"Kalau saya ya tak masak sendiri, tapi kalau tetangga ada yang sampai dijual," imbuh pria humoris ini menjelaskan.

Sekadar informasi, disebut Jamur Barat atau nama latinnya 'Clitocybe Nebularis' karena Jamur ini muncul sendiri secara liar di tempat yang lembab, atau di bawah pohon yang rindang atau di semak-semak (grumbul) yang teduh dan lembab, dan tumbuhnya jamur ini saat banyak angin (barat, menurut orang jawa). Itulah sebabnya Jamur ini dinamakan Jamur Barat. [her/mu]

Tag : jamur, jamur barat, warga , selatan bojonegoro, hutan, panen jamur



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat