Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Menengok Sejarah Kuburan Masal G30S/PKI di Ngambon

blokbojonegoro.com | Saturday, 04 January 2020 15:00

Menengok Sejarah Kuburan Masal G30S/PKI di Ngambon

Kontributor: Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Gelak senapan di tengah hutan jati perbatasan Desa Ngambon dan Desa Nglampin, atau warga sekitar menamainya dengan Gunung Kendeng, disamarkan dengan bunyi tetabuhan. Para anggota PKI diterjang timah panas setelah berkeringat menggali liang kubur mereka sendiri.

Tempat yang diduga menjadi kuburan masal PKI tahun 1965-1966 di hutan jati gunung kendeng. Di sana ada dua kuburan masal PKI tepat di atas bukit dan di bawah, tapi kini lokasi tersebut sudah menjadi ladang jagung warga setempat.

"Dua tempat itu ada 30 orang PKI yang dieksekusi, yang di bawah bukit itu di tembak mati dan yang di atas disembelih," kata Lasji (69) warga Desa Nglampin Kecamatan Ngambon, Bojonegoro menceritakan pada waktu lampau.

Anggota PKI berhari-hari sebelumnya dibawa ke salah satu rumah milik warga Ngambon untuk diinterogasi. Para tahanan itu dibawa oleh tentara dan ditampung di dalam rumah. Bahkan warga dihimbau untuk ikut serta menjaga tahanan agar tidak kabur.

"Setelah diperiksa, para tahanan itu banyak yang dikembalikan kepada keluarganya, yang 30 itu digiring dibawa ke tengah hutan untuk dieksekusi mati," ujar Lasji bercerita.

Menurut Sipan (85) yang dieksekusi di hutan itu tidak hanya orang dari Ngambon saja, malah kebanyakan orang dari luar Ngambon.

"Maklumlah Kecamatan Ngambon kan dulu perbatasan langsung dengan Madiun, sebelum dipecah sama Sekar dan Klino. Sekar, Bobol, Deling ikut Ngambon. Rata-rata tahanan PKI yang hilang di tiap desa sebanyak 2-3 orang dari desa-desa yang saya sebutkan tadi," ujar pria paruh baya ini.

Setengah abad berlalu, kondisi hutan jati di gunung kendeng itu kini berubah. Hutan pohon jati berganti dengan berhektar-hektar lahan jagung. [her/mu]

Tag : sejarah, kuburan masal, g30s/pki



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini