Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pilkades Serentak 2020

DPMD Himbau Panitia Pilkades Bersikap Netral

blokbojonegoro.com | Tuesday, 07 January 2020 12:00

DPMD Himbau Panitia Pilkades Bersikap Netral

Reporter : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bojonegoro menyatakan kesiapannya untuk Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Gelombang III 2020 yang akan digelar secara serentak pada 19 Februari mendatang.

Demikian ditegaskan Plt Kepala DPMD Kabupaten Bojonegoro, Djuwana Poerwiyanto. Mantan Camat Balen tersebut mengungkapkan, dalam pelaksanaan Pilkades Gelombang III 2020 nanti pihaknya telah melakukan berbagai kesiapan, baik sosialisasi maupun kordinasi dengan pihak keamanan.

“Kami sudah melakukan sosialisasi tentang perda Pilkades sejak bulan Oktober lalu. Panitia Pilkades juga telah kami bentuk, baik ditingkat desa maupun tingkat kabupaten,” ungkapnya.

Beberapa tahapan-tahapan Pilkades serentak gelombang III ini, lanjut Djuwana, sudah dilalui dengan aman dan terkendali, dan saat ini memasuki Pendaftaran Bakal Calon Kades Tambahan, yaitu bagi desa Sendangharjo Kecamatan Tambakrejo, Desa Tinawun Kecamatan Malo dan Desa Meduri Kecamatan Margomulyo lantaran baru 1 bakal calon yang mendaftar.

“Kita juga sudah melakukan seleksi administrasi bagi 668 bakal calon yang mendaftar dan kelihatanya lolos semua dan juga sedang menpersiapkan ujian tulis kepada 8 desa yang bakal calonnya lebih dari 5 orang” tegasnya.

Selain itu, Djuwana juga meminta pada kepada seluruh panitia Pilkades, untuk benar-benar memahami secara teknis mengenai pelaksanaan pilkades serentak, dan bersikap netral.

“Panitia Pilkades harus netral, dan mengerjakan tugasnya sesuai tupoksinya. Kan itu potensi kerawanan. Makanya harus netral. Selain itu, kepada seluruh calon kepala desa, agar tidak bersikap berlebihan terkait penggerakan masa,” tandasnya.

Sebagai informasi, berdasarkan data dari DPMD Kabupaten Bojonegoro, pelaksanaan pesta demokrasi tingkat desa ini akan diikuti 233 Desa dari 28 kecamatan se Kabupaten Bojonegoro.

Rinciannya, kecamatan Tambakrejo ada 4 desa, Malo 5 desa, Kalitidu 12 desa, Ngasem 10 desa, Kepohbaru 9 desa, Purwosari 10 desa, Dander 5 desa, Margomulyo 3 desa, Padangan 12 desa, Sumberrejo 16 desa, Kedungadem 16 desa, Gondang 4 desa, Temayang 12 desa, Ngraho 11 desa, Balen 12 desa, Bojonegoro 2 desa, Gayam 8 desa, Sukosewu 10 desa, Kasiman 9 desa, Trucuk 8 desa, Kadewan 2 desa, Bubulan 3 desa, Sugihwaras 5 desa, Baureno 11 desa, Sekar 4 desa, Kanor 14 desa, Kapas 15 desa, dan Ngambon 4 desa.[din/ito]

Tag : dinas, pmd, bojonegoro, pilkades



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini