Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

ABC Diskusi Ilmiah Maksimalisasi Potensi Unggul Daerah

blokbojonegoro.com | Saturday, 11 January 2020 12:00

ABC Diskusi Ilmiah Maksimalisasi Potensi Unggul Daerah

Kontributor: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Komunitas Mahasiswa Universitas Airlangga yang tergabung dalam Airlangga Bojonegoro Community (ABC) hari ini gelar diskusi ilmiah Maksimalisasi Potensi Unggul Daerah Menuju Outlook Ekonomi Indonesia Emas 2045, Sabtu, (11/1/2020).

Hadiri pula narasumber diskusi, Agus Maimun, Ketua Karang Taruna Provinsi serta Sally Attyasamsi Ketua Fraksi partai Gerindra. Agenda diskusi yang diikuti oleh 250 peserta dari berbagai kalangan akademisi ini cukup meriah. Pasalnya para millenial ini cukup antusias terkait kupasan materi potensi unggul daerah menuju outlook ekonomi Indonesia emas 2045.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) di tahun 2019, Indonesia berpotensi menjadi Negara maju di tahun 2045, dibuktikan dengan tahun 2030 memperoleh bonus demografi, yang mana jumlah penduduk pada usia produktif tertinggi dalam komposisi penduduk menurut usia.

Fokus pemerintahan saat ini berada pada dukungan potensi yang ada di Indonesia. Di antaranya adalah memaksimalkan pada bonus demografi dimasa mendatang dengan memfokuskan pada pembangunan manusia Sustainable Development Goals (SDgs), selain itu pemerintah juga memfokuskan pembangunan di arah infrastruktur guna menyeimbangankan serta memaksimalkan potensi yang ada.

Sally Attyasamsi, Ketua Partai Gerindra mengatakan, ndustri minyak dan gas bumi (Migas) merupakan tupoksi utama dalam penghasilan sumber daya alam di Kabupaten Bojonegoro, selain itu Bojonegoro turut menjadi penyumbang minyak 30% skala minyak nasional. Dengan penghasilan produksi tertinggi seharusnya Bojonegoro mampu seperti Dubai (Negeri penyumbang minyak di Dunia).

"Melihat dari kacamata itu, mengapa kita hanya menjadi penonton di negeri sendiri. Bukankah dengan sumber daya alam yang ada kita mampu memaksimalkan terlebih dengan adanya platform digital untuk menunjang UMKM," kata Sally.

Sementara itu Ketua Karang Taruna Jawa Timur, Agus Maimun menyampaikan beberapa point di antaranya, untuk memaksimalkan potensi perekonomian yang unggul tentu juga membutuhkan peran millenial. Dalam anggaran besar yakni beasiswa pendidikan, sebab pendidikan (SDM) juga merupakan pondasi utama yang mana daerah maupun negara tersebut menjadi maju pesat.

"Banyak anak-anak muda brilliant, namun secara ekonomi kurang mampu. Melihat potensi yang ada seharusnya mampu memberikan support dalam bentuk pendidikan untuk mengupayakan," imbuh Agus Maimun.

Masih kata Agus, tentunya dengan dukungan yang ada di era 4.0 ini seperti pemanfaatan platform digital juga turut dimaksimalkan guna mendukung UMKM sebagai salah satu outlook perekonomian. [liz/ito]

Tag : airlangga, community, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini