Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Abdulloh Umar Bukukan Pemikirannya

blokbojonegoro.com | Sunday, 12 January 2020 21:00

Abdulloh Umar Bukukan Pemikirannya

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Selain berani membukukan gagasan dan pemikiran, Abdulloh Umar menjadi anggota DPRD Bojonegoro pertama yang mau membukukan pemikirannya.

Ketua Komisi D DPRD Bojonegoro yang akrab dipanggil Umar itu membukukan pemikirannya menjadi sebuah buku kumpulan esai berjudul "Percik Pemikiran". Buku tersebut, fokus pada tiga bidang yang amat digelutinya; pendidikan, olahraga dan politik.

Selain telaten, ini menunjukkan sebuah langkah berani. Mengingat, amat jarang seorang anggota dewan mau membukukan pemikiran. Meski konon setiap hari selalu bergelut dengan pemikiran. Umar menjadi anggota DPRD Bojonegoro pertama yang membukukan pemikirannya.

Dalam bukunya, Umar meletakkan hasil perenungan dan pemikirannya selama beberapa tahun terakhir. Yakni tentang pendidikan, olahraga dan politik. Tiga bidang yang memang dia geluti secara langsung.

Dalam bidang pendidikan, misalnya, Umar yang merupakan pimpinan salah satu yayasan pendidikan tersebut merinci dan mencari solusi terkait masa lalu dan masa depan langkah-langkah pendidikan. Apa yang dia tulis merupakan pengalaman sehari-hari dalam mengelola yayasan pendidikan.

Untuk bidang olahraga, pengalaman Umar sebagai CEO Persibo ia tulis dengan gaya penulisan berorientasi solusi. Tentang betapa pentingnya tim sepakbola bagi sebuah daerah. Dan tentang kecintaannya pada klub berwarna orange tersebut.

Sedang di bidang politik, Umar mengajak masyarakat peduli dan mau memahami politik. Sebab politik, menurut Umar, kadang tak seburuk yang dianggap kebanyakan orang. Sebab Umar meyakini, satu tingkah buruk oknum politisi tak mewakili kondisi politik secara umum.

Buku berbentuk kumpulan esai ini, ditulis dengan sangat ringan dan renyah. Dimana, masing-masing judul tak terlalu panjang, namun mampu mewakili apa yang ingin disampaikan. Selain menyampaikan gagasan personal, melalui buku ini, Umar meyakini bahwa literasi parlemen sangat penting.

"Semoga bisa turut memberi sumbangsih untuk gairah literasi di Bojonegoro," jelas Umar. [zid/ito]

Tag : Umar, dprd, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini