Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Puskemas Diminta Tingkatkan Kewaspadaan Atas Virus Corona

blokbojonegoro.com | Monday, 27 January 2020 15:00

Puskemas Diminta Tingkatkan Kewaspadaan Atas Virus Corona

Reporter : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro sudah membuat edaran agar seluruh Puskesmas di Bojonegoro siap siaga mencegah dan menanggulangi ancaman penyebaran virus Corona. Namun sejauh ini, Kabupaten Bojonegoro masih dipastikan bebas dari pasien suspect virus tersebut.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro Ahmad Hernowo, melalui Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM), Whenny Dyah Prajanti  mengatakan, surat edaran tersebut dibuat sebagai langkah preventif.

"Kami ingin ada kesiapsiagaan dari semua puskesmas dalam pencegahan dan penanggulangan virus Corona," ujar dr Whenny, Senin (27/1/2020).

Masyarakat diimbau untuk berhati-hati terhadap virus yang dianggap mematikan itu. Mereka diharapkan lebih intensif menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) mulai dari hal kecil seperti mencuci tangan dengan menggunakan sabun, mengonsumsi makanan bergizi seimbang, rajin berolahraga dan cukup beristirahat.

"Masyarakat juga harus bisa menerapkan etika saat batuk. Misalnya dengan memakai masker atau menutup mulut dan hidung dengan tisu ketika batuk. Buang tisunya ke tempat sampah dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir," kata dr Whenny.

Hal itu, kata dr Whenny, tak lepas dari sifat virus Corona yang menyerang saluran pernafasan manusia. Gejalanya pun sulit dikenali karena mirip dengan flu pada umumnya. Menurut dr Whenny, virus Corona mirip seperti virus penyebab penyakit Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) dan Middle East Respiratory Syndrome (MERS). Gejalanya yang umum adalah batuk, pilek, gangguan pernafasan, sakit tenggorokan, deman serta letih dan lesu.

"Sampai dengan saat ini di Kabupaten Bojonegoro sendiri tidak ada kasus suspect Corona virus.," pungkasnya kepada blokBojonegoro.com.[din/ito]

Tag : virus, corona, bojonegoro, puskesmas, jatim



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini