21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   14:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |   07:00 . Ramadan, BRI Group Salurkan 128 Ribu Paket Sembako Ke Seluruh Penjuru Negeri   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

5 Cara Atasi Keringat Berlebih pada Area Ketiak

blokbojonegoro.com | Tuesday, 28 January 2020 07:00

5 Cara Atasi Keringat Berlebih pada Area Ketiak

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Ladies, pernahkah Anda merasa keringat terus mengalir pada area ketiak? Hal ini sering terjadi kepada beberapa orang sehingga membuat aktivitas kurang nyaman dan tidak maksimal.

Dalam istilah medis, kondisi keringat berlebih ini disebut dengan hyperhidrosis. Melansir WebMD, kondisi ini memang nyata adanya dan termasuk salah satu masalah tubuh yang cukup 'memalukan'. Pasalnya, setiap menggunakan busana berwarna terang, area ketiak selalu saja terlihat basah dan 'lepek'.

Selain itu pada beberapa orang, keringat yang muncul disertai dengan aroma tidak sedap sehingga membuat orang lain tidak nyaman ketika aromanya terendus. Namun jangan khawatir, Ladies. Keringat berlebih pada area ketiak bisa diatasi dengan beberapa cara berikut ini seperti dilansir dari Health Line. Seperti apa? Simak ulasannya:

1. Gunakan antiperspirant yang dioleskan ke area ketiak

Sudah mencoba segala macam deodoran namun tidak mempan? Ada baiknya Anda beralih ke antiperspirant yang berfungsi membunuh bakteri yang menyebabkan keringat beraroma tak sedap sekaligus menutup kelenjar minyak dalam memproduksi keringat.

Tetapi perlu diketahui, sebagian orang mungkin merasa penggunaan antiperspirant tidak mempan. Maka dari itu, pilihlah antiperspirant dengan kandungan aluminium chloride setidaknya 13 persen. Bila cara ini tak cukup ampuh, segeralah periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan antiperspirant yang sesuai.

2. Ketahui cara mengoleskan antiperspirant yang tepat

Sayangnya, masih banyak yang belum mengerti dalam menggunakan antiperspirant dengan tepat. Pertama-tama, oleskan antiperspirant pada area kulit yang bersih dan kering. Jangan oleskan ketika ketiak dalam keadaan basah sehabis mandi atau ketika telah berkeringat.

Gunakan antiperspirant di malam hari setelah mandi karena tubuh sedang berada dalam suhu yang cukup rendah sehingga memungkinkan bahan aktif antiperspirant bekerja lebih efektif. Selain itu, jangan lupa pula rajin mencukur bulu ketiak, rambut-rambut ketiak dapat menghalangi antiperspirant bekerja dengan efektif.

3. Hindari makanan yang dapat memicu keringat berlebih

Tahukah Anda bahwa makanan yang dikonsumsi dapat memberikan efek keringat berlebih pada tubuh Anda? Ya, beberapa makanan seperti bawang putih, bawang bombay, kafein, makanan yang panas dan pedas, es krim, makanan olahan hingga makanan yang tinggi lemak dapat membuat tubuh memproduksi keringat berlebih.

Maka dari itu, pilihlah makanan yang mudah dicerna tubuh secara lambat. Lakukan pula detoks sodium alias diet garam dan konsumsi makanan sehat seperti almond, pisang, sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung air seperti pepaya atau anggur, oats, keju, green tea dan ubi.

4. Gunakan busana yang menyerap keringat dan longgar

Menggunakan busana ketat, terutama di bagian lengan, dapat memproduksi keringat berlebih sehingga menempel di bagian ketiak. Hal ini pun membuat Anda akan berkeringat lebih sering lagi.

Sebaiknya, gunakan busana yang menyerap keringat dan terbuat dari material katun. Ini akan membuat area ketiak mengering dengan sendirinya dan menghindari keringat menempel di baju.

5. Suntik botoks

Apabila seluruh cara di atas dianggap kurang berhasil, mungkin Anda bisa mempertimbangkan melakukan suntik botoks. Ya, botoks yang dilakukan pada area ketiak ini dianggap menjadi cara ampuh untuk mengatasi keringat berlebih.

Beberapa dokter akan menyuntikkan botoks di area telapak tangan atau telapak kaki untuk mengurangi produksi keringat. Cara kerjanya cukup mudah, yakni menghambat keluarnya zat kimia yang menjadi sinyal kelenjar keringat dalam memproduksi keringat. Tetapi satu yang perlu diingat, melakukan botoks pada area ketika hanya akan bertahan hingga satu tahun.

*Sumber: kumparan.com

Tag : kesehatan wanita, bau badan, ketiak



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat