Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Ajak Anak Berekspresi Lewat Pantomim

blokbojonegoro.com | Monday, 03 February 2020 15:00

Ajak Anak Berekspresi Lewat Pantomim

Kontributor: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Seni drama  pantomim mulai digemari generasi millenial di Bojonegoro. Bersamaan dengan itu, kini makin banyak komunitas maupun sanggar seni di Bojonegoro yang memberikan wadah berekspresi untuk berbagai usia, salah satunya Matoh Mime Bojonegoro.

Pelatih sekaligus pengiat pantomim komunitas Matoh Mime Bojonegoro, Raseki Sesetho menjelaskan, komunitas itu telah berdiri selama kurang lebih satu tahun. Berawal dari kegelisahan raseki terhadap perkembangan seni pantomim di Bojonegoro, yang mana ketika ada moment Festival Seni Siswa Nasional (FLS2N) yang salah satu rangkaian lombanya yakni festival seni pantomime.

Barulah sekolah-sekolah dasar sibuk mencari pelatih pantomim dan mewadahi latihan pantomim di sekolah, namun setelah pelaksanaan FLS2N tersebut usai, barulah berlatih seni pantomime serta mencari pelatih untuk sekolah.

"Dari situlah berinisiatif membentuk sekaligus mendirikan Matoh Mime," ujarnya.

Menariknya di komunitas ini, setiap kali ada anak yang akan berlatih pantomim tidak dipunggut biaya. Justru dengan senang hati para pelatih ini berbagai ilmu serta keceriaan bersama para anak-anak.

Pantomim sendiri merupakan sebuah drama tanpa kata yang dimainkan dengan gerak dan ekspresi wajah. Di mana pantomime dimainkan oleh group maupun solo, sebagai wujud ekspresi diri seseorang dalam pencerminan kehidupan sehari-hari.

Menurut Raseki, pantomim merupakan sebuah pembentukan karakter anak, yang mana mulanya disekolah sebagai seorang anak pemalu ketika diarahkan diberi wadah pantomime bisa percaya diri serta terbentuk bakat anak.

"Pantomim sendiri sebuah pembentukan karakter anak, sebagai wadah ekspresi," imbuhnya. [liz/ito]

Tag : pantomim, bojonegoro, komunitas, sanggar, pelajar



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini