16:00 . Musrenbangkab Pemkab Bojonegoro Susun Arah Kebijakan Daerah 20 Tahun ke Depan   |   13:00 . War Takjil Fenomena Toleransi Berdampak Ekonomi Masyarakat   |   07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Punya Gejala Mirip, Kenali Beda Virus Corona dan Flu

blokbojonegoro.com | Sunday, 09 February 2020 07:00

Punya Gejala Mirip, Kenali Beda Virus Corona dan Flu

Reporter: --

blokBojonegoro.com - Dunia engah dihebohkan oleh wabah virus coronabaru atau yang dikenal sebagai 2019-nCoV. Virus yang menyerang sistem pernapasan ini secara sekilas terlihat memiliki gejala yang mirip dengan influenza. Kenali beda flu dan virus corona untuk mengetahui lebih jauh.

"Terlepas dari morbiditas dan mortalitas yang disebabkan, tapi ada satu kepastian bahwa flu bersifat musiman," ujar Direktur National of Allergy and Infection Disease, Anthony Fauci, mengutip Live Science.

Flu yang disebabkan virus influenza umumnya hanya terjadi di musim-musim tertentu. Di Indonesia, misalnya, musim hujan membuat banyak orang rentan terserang flu. 

Berikut beda flu dan penyakit pernapasan akibat virus corona baru.

1. Gejala dan Tingkat Keparahan

Baik influenza atau corona sama-sama merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan.

Gejala flu yang khas termasuk di antaranya demam, batuk, sakit tenggorokan, sakit otot, sakit kepala, pilek atau hidung tersumbat, kelelahan, dan terkadang muntah serta diare. Gejala flu sering muncul tiba-tiba.

Kebanyakan orang yang terkena flu akan sembuh dalam waktu kurang dari dua pekan. Tapi, pada beberapa orang, flu menyebabkan komplikasi, termasuk pneumonia. 

Sementara itu, para dokter dan ilmuwan masih berusaha memahami gambaran lengkap tentang virus corona. Dalam penelitian terbaru terhadap 100 orang yang terinfeksi 2019-nCoV disebutkan bahwa gejala yang paling umum ditemukan adalah demam, batuk, dan sesak napas. 

Laporan yang dipublikasikan dalam jurnal The Lancet itu juga menuliskan bahwa hanya sekitar 5 persen pasien yang mengalami sakit tenggorokan dan pilek. Hanya 1-2 persen yang melaporkan diare, mual, dan muntah.

Penting untuk dicatat bahwa semua virus yang menyerang pernapasan akan menimbulkan gejala yang sama. Hal ini membuat banyak orang kesulitan untuk membedakan penyakit pernapasan Xsatu dengan yang lainnya. Pemeriksaan secara medis sangat disarankan untuk mengenali penyakit lebih jauh.

2. Penularan Virus

Ukuran yang digunakan para ilmu9wan untuk menentukan seberapa mudah virus menyebar dikenal sebagai 'angka reproduksi dasar' atau RO. Flu memiliki nilai RO sekitar 1,3.

Sementara itu, para peneliti masih mencari angka RO untuk virus corona baru. Sebuah studi yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicinememperkirakan nilai RO untuk virus corona berada di angka 2,2.

Namun, penting untuk dicatat bahwa RO tak berupa angka konstan. Perkiraan dapat bervariasi berdasarkan lokasi, tergantung pada berbagai faktor.

3. Pencegahan

Flu dapat dicegah dengan vaksin yang bisa melindungi diri dari infeksi. Sementara itu, hingga saat ini belum ada vaksin untuk mengatasi virus corona.

Namun, para peneliti National Institute of Health Amerika Serikat tengah dalam tahap awal mengembangkan vaksin virus corona. Peneliti berencana melakukan uji klinis tahap 1 pada tiga bulan ke depan.

Secara umum, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan hal-hal berikut untuk mencegah penyebaran virus pernapasan yang mencakup flu dan corona:

- Cuci tangan sesering mungkin dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik.

- Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang tidak dicuci.

- Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit.

- Tinggal di rumah saat sakit.

- Bersihkan dan disinfeksi benda dan permukaan yang sering disentuh.

 

Tag : Corona, batukik



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat