12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sosialisasi 4 Pilar

Abidin Fikri: Kita Punya Pancasila Harusnya Kita Bersyukur

blokbojonegoro.com | Monday, 10 February 2020 16:00

Abidin Fikri: Kita Punya Pancasila Harusnya Kita Bersyukur

Reporter: M. Safuan

 

blokBojonegoro.com - Persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal yang pokok dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Kita harus bersyukur para pendiri bangsa dengan hikmat dan kebijaksanaannya telah mampu merumuskan dasar Negara Pancasila, sehingga kita punya pandangan hidup sebagai sebuah bangsa dan Negara yang merdeka.

 

Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPRD Tuban, Andhi Hartanto pada saat Sosialisasi 4 Pilar MPR RI bersama masyarakat Desa Karangtengah, Jatirogo, Tuban, Senin (10/2/20).

 

Sementara itu, Anggota Fraksi PDI Perjuangan MPR RI, H. Abidin Fikri, S.H., M.H. mengatakan, kita harus bersyukur bahwa pada 1 Juni 1945, kita sudah menyepakati dasar Indonesia Merdeka, yaitu Pancasila.

 

"Pancasila telah menjadi kesepakatan monumental dan bersejarah bagi kelangsungan hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Karena Pancasila, kita tidak mudah dipecah-belah oleh konflik akibat perbedaan Suku, Ras dan Agama seperti bangsa lain misalnya India, Pakistan yang berebut Khasmir, bahkan Bangladesh memerdekakan diri dari Pakistan akibat tragedi di Bengali," jelas Abidin.

 

Abidin Fikri juga menyampaikan, Bangsa dan Negara Indonesia harus belajar dari sejarah konflik di belahan dunia lain, karena perbedaan yang secara keras dipertentangkan, misalnya perang Serbia dengan bosnia, perang Suriah dan bubarnya Uni Soviet menjadi lima belas Negara.

 

"Mari kita pahami prinsip Kebangsaan yang disampaikan Bung Karno pada 1 Juni 1945. Bahwa  kita mendirikan suatu negara kebangsaan Indonesia yang bulat. Bukan kebangsaan Jawa, Sumatera, Borneo, Sulawesi, tetapi kebangsaan Indonesia.  Bukan Negara untuk satu orang, satu golongan, tetapi Negara semua buat semua,” tutur politisi PDI Perjuangan itu.

 

Abidin mengajak agar segenap masyarakat di Desa Karangtengah, Tuban untuk mengamalkan Pancasila dalam berbagai bidang kehidupan. Di desa-desa Abidin yakin bahwa masyarakat tetap mempertahankan gotong royong sebagai penanda bahwa Pancasila ialah berasal dari Bumi Indonesia yang mesti dipertahankan.

 

Agenda sosialisasi empat Pilar MPR RI ini turut dihadiri oleh Kepala Desa Karangtengah Sunardi Rusdiana, Tokoh Masyarakat serta ratusan masyarakat dari beberapa wilayah di Jatirogo, Tuban.[saf/lis]

 

Tag : Reses, sosialisasi, dprd



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat