08:00 . Hari Ini Bengawan Solo Siaga Hijau Trend Naik   |   07:00 . Deteksi Gejala Demensia dari Kebiasaan Menonton Film, Apa Itu?   |   18:00 . Jalin Sinergitas, Dandim Bojonegoro Silaturahmi Bersama FKUB dan Tokoh Lintas Agama   |   17:00 . Vakum Akibat Covid-19, Gantangan Burung Kicau Eksis Kembali   |   16:00 . Satreskrim Polres Bojonegoro Ringkus 9 Remaja Pelaku Pengeroyokan Di Balen   |   15:00 . Satresnarkoba Polres Bojonegoro Ungkap 4 Kasus Narkoba   |   14:00 . Provinsi Jatim Tertinggi Turunkan Kemiskinan   |   13:00 . Seorang Ayah Setubuhi Anak Tirinya 5 Kali, Terancam Meringkuk 13 Tahun di Penjara   |   12:00 . Bawa Kabur Kendaraan Setelah Kenalan Lewat Medsos dan Kopdar, Pelaku Berhasil Dibekuk Polisi   |   11:00 . Cetak Pendidik Qur'ani, Prodi PAI UNUGIRI Gelar Workshop Metode Baca Al-Qur'an An-Nahdliyah   |   07:00 . Orangtua, Ini Faktor yang Menyebabkan Anak Rentan Alami Stres saat Ujian Sekolah   |   22:00 . Pedagang Keluhkan Harga Ayam Potong di Pasar Merangkak Naik   |   21:00 . Bersinergi Kapolres Bojonegoro Lakukan Audiensi Bersama PC GP Ansor Bojonegoro   |   20:30 . Video Lakalantas Truk Seruduk Teras Toko di Balen   |   20:00 . Gelar Pelatihan, STIKES Rajekwesi Berkomitmen Tingkatkan Kualitas Pendidikan Kesehatan   |  
Fri, 21 January 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

CEC Beri Edukasi Kerajian Botol Bekas Siswa Kelompok Adiwiyata

blokbojonegoro.com | Friday, 14 February 2020 14:00

CEC Beri Edukasi Kerajian Botol Bekas Siswa Kelompok Adiwiyata

Kontributor: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com -  Creative economy community (CEC) Desa Mojodeso, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, sore tadi Jumat (14/2/2020) memberi edukasi kerajinan botol bekas kepada siswa-siswi kelompok adiwiyata SMPN 6 Bojonegoro.

Kegiatan edukasi kerajinan botol bekas yang diikuti oleh sekitar 9 siswa, dari kelas 7 dan 9 beserta guru pembimbing, sore tadi berjalan begitu antusias. Terlihat beberapa siswa sibuk mengunting botol bekas dan membentuknya menjadi sebuah pola bunga teratai.

Adib Nurdiyanto, Ketua creative economy community mengatakan, edukasi ini merupakan salah satu kegiatan untuk gerakan 3 R. Terlebih mengedukasikan kepada adik-adik SMPN 6 bahwa botol bekas yang tidak layak pakai ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Ketika dijual mungkin akan dihargai Rp3ribu untuk 4 botol, namun ketika menjadi sebuah karya harga jualnya akan tinggi. Per tangkai saja bisa laku hingga Rp35 ribu.

"Sebagai bentuk upaya 3R, reuse, reduce dan recycle. Terlebih ketika dijual akan menjadi nilai ekonomi yang tinggi," ujar pria yang akrab disapa Adib ini.

Adib juga mengatakan, proses pembuatan rangkaian kerajinan bunga dari botol bekas ini juga cukup mudah. Pasalnya hanya dengan bermodalkan botol bekas air kemasan, gunting, benang, lilin serta cat.

"Hanya bermodalkan botol bekas air kemasan saja. Selain itu kita juga mengajarkan kepada anak-anak untuk tidak malu memunggut di sampah selagi bisa didaur ulang," kata Adib.

Masih kata Adib, untuk tingkat SMP kita cukup sederhana saja sesuai imajinasi anak-anak, sekitar 70% untuk kemiripan bentuk bunga teratai.

"Tidak harus mirip, sesuai imajinasi," ungkapnya.

Adib juga mengatakan, untuk membentuk pola bunga cukup mudah, sebelum digunting pilih botol kondisi belum rusak. Setelah itu untuk bagian atas botol digunting sebagai daun, sedangkan bagian tengah daun digunting sebagai serat daun.

Di satu lokasi yang sama, Marfuah guru pembimbing dari SMPN 6 Bojonegoro mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian dari edukasi kepada kelompok adiwiyata SMPN 6 Bojonegoro. Terlebih dari edukasi ini juga telah terintegrasi dengan lingkungan, yakni 3 R (reuse, reduce, dan recycle). [liz/mu]

Tag : daur ulang



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat