Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Petani Ngunut Lakukan Gerdal Massal Hadapi Serangan Hama

blokbojonegoro.com | Sunday, 01 March 2020 08:00

Petani Ngunut Lakukan Gerdal Massal Hadapi Serangan Hama

Kontributor: Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Dalam rangka mengatasi sejumlah serangan hama padi yang belakangan ini cukup meresahkan petani, selain memberi bantuan pestisida, Dinas Pertanian Bojonegoro juga melakukan gerakan pengendalian (gerdal) terpadu.

Kegiatan gerdal massal ini mengantisipasi serangan Wereng Batang Coklat (WBC) di Desa Ngunut Kecamatan Dander bekerja sama dengan PT. Petrokimia Kayaku.

Muryono selaku PPL mengatakan, beberapa waktu yang lalu memang terjadi serangan hama wereng. "Kami sudah melakukan pengendalian agar tidak meluas, baik pada area yang terserang, maupun area yang tidak terserang. Hal itu dilakukan baik secara mandiri oleh kelompok tani maupun secara massal," jelasnya.

Meskipun serangan hama dan penyakit belum meluas, tetapi Muryono meminta para petani tetap waspada dan bergerak menangani persoalan hama tanaman padi di lapangan.

“Pengendalian serangan hama tersebut harus segera dilakukan untuk mengantisipasi meluasnya ledakan serangan hama, sehingga tidak terjadi gejolak akibat menurunnya produksi padi kita, untuk itu kiat-kiat pengelolaan pertanaman padi di lapangan perlu dilakukan," katanya. [her/mu]

Tag : tanaman, padi, hama, wereng



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini