Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Ratusan Perpusdes Kurang Maksimal, ini yang Jadi Penyebabnya

blokbojonegoro.com | Wednesday, 04 March 2020 14:00

Ratusan Perpusdes Kurang Maksimal, ini yang Jadi Penyebabnya

Reporter : M Safuan

blokBojonegoro.com - Di Kabupaten Bojonegoro, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Perpusda) Bojonegoro ada ratusan perpustakaan desa (Perpusdes). Ratusan Perpusdes itu hanya ada beberapa perpusdes yang masih banyak dikunjungi oleh para warga desa setempat.

"Total ada 269 Perpusdes yang tersebar di berbagai desa di Kabupaten Bojonegoro," kata Pelayanan Perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Bojonegoro, Hery Purwanto.

Menurut Hery, keberadaan Perpusdes tersebut juga bertujuan guna terus menggalakan minat baca hingga ke pelosok desa baik itu pelajar maupun warga desa setempat.  Koleksi buku di Perpusdes cukup dibutuhkan oleh warga desa setempat.

"Buku yang di Perpusdes itu rata-rata terkait masalah pertanian, peternakan ataupun pengembangan ekonomi kreatif," terang Hery kepada blokBojonegoro.com.

Disingung terkait masih minimnya pengunjung di Perpusdes itu, Hery mengungkapkan bisa dimungkinkan keberadaan perpusdes itu sendiri letak kurang strategis, atau pula bisa jadi peran perangkat desa setempat juga kurang mendorong warganya untuk mengunjungi Perpusdes.

"Kalau ingin maju perpusdes itu kan juga harus ada peran desa dalam memajukannya, dengan begitu SDM di masing-masing desa bisa meningkat," imbuhnya.

Meski ada ratusan perpusdes adapula Perpusdes yang tercatat pengunjungnya cukup stabil dan terus aktif mengembangkan keberadaannya. Total ada 3 Perpusdes yang aktif dan sering dikunjungi yakni Perpusdes di Desa Pesen, Kecamatan Kanor, Perpusdes di Desa Sidobandung Kecamatan Balen dan Perpusdes Desa/Kecamatan Margomulyo.

"Perpusdes di Desa/Kecamatan Margomulyo "Tunas Asa" pernah juara I perpusdes terbaik Se-Jatim," tandasnya.[saf/ito]

Tag : perpusdes, bojonegoro, buku, koleksi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini