21:00 . Satgas PPA Kecamatan Kanor Berbagi Kasih Periode Triwulan 7   |   20:30 . Wahid Hasyim, Menteri Agama Pertama dan Termuda   |   20:00 . Laka Tunggal, Truk Bermuatan Pakan Ayam Terguling   |   19:00 . Baru, Masyarakat Harus Waspada Varian Covid-19 Jenis Omicron   |   18:00 . Diterjang Angin, Puluhan Hektare Tanaman Padi di Bojonegoro Rusak   |   17:30 . Satu Langkah Lagi Menuju Wisuda, UNU Sunan Giri Gelar Yudisium   |   17:00 . Ekspor Cangkang Sawit Tembus Pasar Jepang, Kemendag: Cetak Transaksi USD 12 Juta   |   16:00 . Nikmatnya Lontong Sayur Ayam Kampung dekat Jembatan TBB   |   15:30 . Warga Keluhkan Air PDAM Mati dan Keruh   |   15:00 . Ikan Arengan atau Areng-Areng   |   14:00 . Akhir November, Pengiriman Barang di Kantor Pos Mendominasi   |   13:00 . Peringati Setengah Abad KORPRI, Bupati Bojonegoro Tekankan Inovasi Birokrasi   |   12:00 . Pohon Trembesi Jadi Saksi Ganasnya Bengawan Solo   |   11:00 . Jembatan KaRe Selesai Kapan?   |   10:00 . Warga Trauma, Penyebrangan Gemblo Tutup   |  
Mon, 29 November 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tips Ajarkan Anak Cuci Tangan dengan Menyenangkan

blokbojonegoro.com | Thursday, 05 March 2020 07:00

Tips Ajarkan Anak Cuci Tangan dengan Menyenangkan

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Bagi anak, cuci tangan bisa jadi hanya diartikan dengan membasahi tangan dengan air saja. Padahal, kegiatan cuci tangan lebih dari itu. Ya Moms, cara melakukan cuci tangan yang benar harus dilakukan dengan air mengalir, sabun antiseptik, dan melalui beberapa langkah.

Di tengah merebaknya isu seputar virus corona, maka Anda perlu mengajarkan anak gaya hidup sehat, salah satunya dengan rajin cuci tangan dengan benar. Tapi, bagaimana jika anak menolak diajarkan untuk mencuci tangan dengan benar?

Ya, anak memang mungkin saja bosan melakukan suatu kegiatan yang dianggapnya tidak menarik. Oleh karena itu, buatlah agar kegiatan cuci tangan terasa menyenangkan bagi anak.

Nah Moms, agar menyenangkan, berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan saat ajarkan anak cuci tangan pada anak.

1. Bangku Pijakan yang Warna-Warni

Cobalah letakkan bangku pijakan di wastafel untuk membantunya meraih kran, Moms. Agar ia lebih tertarik, pilihlah bangku yang berwarna-warni atau yang sesuai dengan kartun kesukaannya. Bila Anda tidak menemukannya, Anda bisa membuat bersama bangku pijakan dengan balok kayu atau triplek di rumah lalu menghiasnya bersama si kecil sesuai keinginannya.

2. Menyanyikan Lagu Menyenangkan

Mencuci tangan yang bersih dan benar harus dilakukan setidaknya 20 detik, Moms. Bila selama itu, mungkin anak akan mudah bosan jika hanya mencuci tangan saja. Cobalah untuk mengajaknya menghitung bersama atau menyanyikan lagu yang menyenangkan seperti lagu balonku, naik-naik ke puncak gunung, satu-satu, dan masih banyak lagi.

3. Buat Bagan Hadiah Cuci Tangan

Kita semua tahu bahwa anak akan selalu senang menerima hadiah. Jadi, tak ada salahnya jika Anda memberikan hadiah ke anak bila ia mau rajin cuci tangan. Buatlah kolom setiap kali anak Anda mencuci tangan seperti sebelum dan sesudah makan, setelah menggunakan toilet, atau setelah bermain.
Selanjutnya, berikan stiker pada anak setiap kali ia ingat untuk mencuci tangan sendiri. Hadiahnya pun bisa berupa makanan kesukaannya atau kegiatan menyenangkan lainnya.

4. Sabun Berbusa

Segala sesuatu akan menjadi menarik bagi si kecil jika mencuci tangan dengan sabun berbusa. Dengan busa-busa tersebut anak, bisa bermain balon-balon sabun dan tidak bosan mencuci tangan.

5. Sabun yang Wangi

Mencuci tangan dengan sabun berbau harum bisa jadi motivasi si kecil untuk lebih rajin membersihkan tangannya. Ada kemungkinan anak-anak Anda akan mencuci tangannya dan berlari ke arah Anda untuk menunjukkan kepada Anda betapa wangi tangannya setelah mencuci tangan.

6. Tempat Sabun yang Lucu

Botol sabun cuci tangan yang dijual mungkin terlihat membosankan bagi si kecil. Jadi cobalah untuk membuat botol sabun cuci tangan sendiri di rumah, Moms. Anda bisa menghiasnya bersama anak, melukisnya, atau menempelkan stiker-stiker lucu di botol tersebut. Agar lebih hemat, Anda bisa membuatnya dari botol bekas yang sudah dicuci dan dibersihkan, kemudian diisi ulang dengan sabun pencuci tangan.

7. Berikan Pujian

Setiap usai melakukan kegiatan cuci tangan dengan anak, Anda bisa memberikan pujian karena telah melakukannya dengan benar dan sesuai langkah-langkah, Moms. Dengan begitu, anak pun tidak merasa terpaksa untuk bisa melakukannya lebih sering.

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Tuesday, 23 November 2021 19:30

    Dewan Pers Verifikasi Faktual Media blokBojonegoro.com

    Dewan Pers Verifikasi Faktual Media blokBojonegoro.com Komisioner Dewan Pers, Agus Sudibyo melakukan proses verifikasi faktual untuk media blokBojonegoro.com, media lokal yang berkantor di Jalan KS Tubun Gang Srinayan No.3 Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, Selasa (23/11/2021) sore....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 22 November 2021 14:00

    Resensi

    Dibalik Buku 00.00

    Dibalik Buku 00.00 Buku judul 00.00 merupakan karya kedua dari Anugrah Ameylia Falensia atau yang kerap dikenal dengan panggilan Amey atau cumi oleh teman-teman maupun para teman pembacanya....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more