Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Waspada Corona, Jangan Panik

Begini Kesiapan Rumah Isolasi Desa Dukohlor

blokbojonegoro.com | Thursday, 16 April 2020 16:00

Begini Kesiapan Rumah Isolasi Desa Dukohlor

Kontributor : Lizza Arnofia


blokBojonegoro.com - Dalam upaya pencegahan terhadap penyebaran Virus Corona/COVID-19 di Kabupaten Bojonegoro. Dihimbau kepada para pekerja maupun pemudik dari luar Kota yang datang di Bojonegoro, harus mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Para pemudik maupun pekerja dari luar kota ini nantinya yang datang di Bojonegoro, akan diwajibkan menjalani isolasi hingga 14 hari ke depan.

Terkait hal tersebut, maka gugus tugas Kecamatan maupun Desa harus tegas dalam mengawasi serta menjalankan, sehingga tercipta kontrol sosial di Masyarakat.

Tim Gugus Tugas Desa Dukohlor, Kecamatan Malo, menyiapkan rumah isolasi. Saat ini kesiapan rumah isolasi hampir 90%.

Ketua Satgas COVID-19 DukohLor, Suyitno mengatakan, rumah isolasi yang akan dipergunakan rumah isolasi di Desa DukohLor merupakan bangunan PAUD, yang telah dirombak untuk rumah isolasi yang layak.

"Kesiapannya hampir 90%, nantinya bangunan PAUD ini akan disekat 2 ruang. Serta dalam satu ruangan diperuntukkan 4-5 orang, terkait fasilitas ada tikar lantai hingga kasur lantai hingga MCK yang layak untuk para ODR," terang Ketua Satgas COVID-19 DukohLor, Suyitno.

Pihaknya juga berujar, bahwa nantinya rumah isolasi ini diperuntukkan para pemudik/Orang Dalam Resiko (ODR) yang datang dari wilayah tentu. Maka diharuskan untuk singgah di rumah isolasi hingga 14 hari, hingga benar-benar merasa steril.


"Kesiapan rumah isolasi ini tak hanya sekedar bagaimana kesiapan bangunan hingga fasilitas saja. Namun para petugas Kesehatan Desa hingga satgas Desa juga diberikan Alat Pelindung Diri (APD) dalam hal ini sebagai langkah preventif.


"Tidak hanya kesiapan fasilitas saja, namun APD untuk para satgas maupun petugas kesehatan Desa juga diutamakan nantinya dalam menangani ODR," imbuhnya.

Pihaknya berharap, nantinya melalui rumah isolasi ini sebagai upaya preventif dalam upaya penyebaran COVID-19 di wilayah Bojonegoro, sehingga kontrol sosial ini benar-benar tercipta. [liz/ito]

Tag : covid, bojonegoro, dukuhlor



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini