17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kartu Pra Kerja

Pendaftaran Kartu Pra Kerja Dibuka Sampai November

blokbojonegoro.com | Thursday, 16 April 2020 14:00

Pendaftaran Kartu Pra Kerja Dibuka Sampai November

Reporter : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Pemerintah telah membuka pendaftaran kartu prakerja sejak, Sabtu (11/4/2020) sampai dengan minggu ke empat bulan November 2020 mendatang, di mana pendaftarannya dilakukan secara bertahap.

Tahap pertama, telah dibuka hingga Kamis (16/4/2020) pukul 16:00 WIB. Namun untuk Provinsi Jawa Timur hanya mendapat 15 ribu kuota saja.

[Baca juga: Penerima Kartu Pra Kerja Dapat Bantuan Biaya Rp3.550.000, ini Rinciannya ]

Kepala Bidang Pengembangan dan Penempatan Tenaga Kerja, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Bojonegoro, Joko Santoso mengatakan untuk kuota tahap pertama Pemerintah pusat menyediakan 164 ribu kuota untuk seluruh Indonesia. Jika gagal masuk diseleksi tahap pertama ini karena keterbatasan kuota, maka bisa mengikuti gelombang selanjutnya.

“Untuk gelombang kedua rencananya akan dibuka setelah diumumkannya peserta yang lolos pada gelombang pertama pada 17 April 2020 besok,” ujar Joko Santoso, Kamis (16/4/2020).

Joko Santoso menjelaskan, proses pendaftaran kartu prakerja dilakukan secara online dan sepenuhnya dikendalikan pemerintah pusat. Sehingga bagi calon penerima kartu prakerja harus mendaftar secara online dengan mengakses laman resmi prakerja.go.id dan memasukkan data diri.

Pelaksana kemudian akan melakukan verifikasi dan dilanjutkan dengan tes singkat untuk menilai kemampuan dasar dan motivasi diri. Tahap selanjutnya, ketika calon peserta dinyatakan lolos, maka mereka diarahkan masuk ke kanal digital yang menjadi mitra manajemen pelaksana kartu prakerja.

Adapun besaran manfaat yang akan diterima melalui kartu prakerja ini, sebut Joko Santoso adalah bantuan pelatihan dan dana insentif, totalnya Rp3.550.000 per orang dan hanya diberikan satu kali.

Rinciannya antara lain untuk bantuan pelatihan senilai Rp1 juta, insentif pasca pelatihan sebesar Rp600 ribu per bulan yang bisa digunakan selama 4 bulan, dan insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 50.000 per survei untuk 3 kali survei.

Insentif tersebut, akan ditransfer secara penuh kepada mereka yang dinyatakan lulus sebagai peserta Program Kartu Prakerja melalui rekening bank atau dompet elektronik. Namun, intensif tersebut baru diberikan setelah pelatihan usai," lanjutnya kepada blokBojonegoro.com.

Joko Santoso menegaskan, jika program kartu prakerja di masa tanggap darurat Covid-19 ini diperuntukkan bagi pekerja yang terkena dampak corona, seperti para pekerja yang terkena PHK atau pekerja yang dirumahkan.

"Semuanya dilakukan oleh pemerintah pusat, kita hanya sebatas pendampingan saja dan kalau ada yang kesulitan dalam pendaftaran bisa menghubungi Disperinaker," pungkasnya.[din/ito]

Tag : peserta, kartu, pra kerja, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat