15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |  
Thu, 25 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Budidaya Jamur Tiram Warga Jampet ini Raup Omset Menggiurkan

blokbojonegoro.com | Saturday, 18 April 2020 18:00

Budidaya Jamur Tiram Warga Jampet ini Raup Omset Menggiurkan

Kontributor : Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Salah satu jenis jamur yang banyak dibutuhkan untuk dibuat ragam produk makanan adalah jamur tiram. Bentuk jamur yang seperti cangkang tiram ini bisa dipakai sebagai bahan masakan, atau juga produk camilan seperti keripik jamur atau jamur krispi.

Melihat peluang usaha tersebut, Adib Sa'dilah (31) pemuda asal Desa Jampet Kecamatan Ngasem menggeluti budidaya jamur tiram sejak 4 tahun lalu.

Dalam memulai usaha ini, ia mendapat bantuan modal dari orang tuanya. Dia memulai usaha budidaya jamur tiram dengan membeli sejumlah bahan baku, seperti serbuk gergaji halus, dedak, serta kapur bukit. Semua komponen tersebut diperlukan sebagai sarana untuk membudidayakan jamur tiram yang punya nama latin pleourotus ostreatus.

Dia menjelaskan, agar bisa menghasilkan media tanam tersebut, seluruh bahan baku dicampur menjadi satu dan kemudian dihaluskan dengan alat pencampur. Setelah menjadi satu, diamkan hingga satu hari penuh. Setelah itu, dimasukkan ke dalam wadah plastik.

Kemudian media tanam ini dikukus selama delapan jam untuk membuat bahan baku media tanam tersebut steril dan bersih. Setelah selesai, bahan baku media tanam tersebut yang juga disebut baglog tersebut dikeluarkan dan langsung diisi dengan bibit jamur tiram.

Lantas didiamkan selama kurang lebih 30 hari sampai 40 hari. Dia sendiri mengklaim bisa memanen jamur tiram kurang dari periode tersebut.

"Untuk panen kurang dari satu bulan, biasanya tiga minggu sudah bisa dipanen," katanya.

Saat ini, dia sudah memulai memproduksi media tanam jamur tiram (baglog) untuk di jual. Satu baglog sendiri bisa bertahan hingga lima bulan sebelum diganti dengan media tanam yang baru.

"Dalam sehari bisa membuat 300 baglog dan bisa panen jamur 15-20 kg jamur tiram," kata pria berkacamata itu.

Untuk memasarkan jamur tiram tersebut, ia mengaku tidak mengalami kesulitan. Bahkan dia selalu kehabisan stok jamur. Untuk baglog dia menjual 2500 per baglongnya dan untuk jamur dia menjual Rp15.000 perkilonya.

"Untuk kendalanya itu ada di serbuk gergaji halus, itu kan harus memakai kayu yang lunak seperti kayu sengon, sedangkan di Bojonegoro sendiri banyak pengrajin kayu tapi dengan kayu yang keras seperti jati. Jadi untuk serbuk gergajinya saya ngambil dari Pare," katanya.[her/ito]

Tag : jamur, tiram, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat