17:00 . Akibat Luapan Kali Pacal, Jembatan Penghubung di Sidobandung Ambruk   |   16:00 . BKC Bersama Pemuda Tlogohaji, dan Babinsa Sinergi Perbaiki Rumah Mbah Urip   |   07:00 . Para Orang Tua Wajib Paham, Ini 4 Tanda Anak Cerdas   |   18:00 . Bupati Anna dan Kajari Imbau Pengelolaan Dana Bos Prioritaskan Integritas   |   17:00 . BMKG: Waspada Cuaca 3 Hari Mendatang   |   15:00 . 5 Organisasi Profesi Kesehatan Tolak RUU Kesehatan   |   13:00 . Putra Asal Bojonegoro, Belasan Tahun Mengabdi di Luar Jawa   |   10:00 . Diduga Pecah Ban, Truk Box Oleng Tabrak Pagar Koramil 0813-06 Bojonegoro   |   07:00 . Psikolog Ungkap Kesalahan Orangtua yang Bisa Hambat Potensi Anak, Pelajari Yuk Bun!   |   19:00 . Inilah Nama-Nama Mutasi Pejabat Pemkab Bojonegoro   |   18:00 . Sinergi Dinas PMD dan Bapenda Dampingi Desa Deteksi Dini Objek Pajak Terkendala   |   16:00 . Ini Spek Lengkap Toyota Rush, Kendaraan Camat se-Kabupaten Bojonegoro   |   15:00 . Stigma Buruk Menjadi Kendala dalam Penanggulangan HIV/AIDS   |   14:00 . Kasus HIV di Bojonegoro Mencapai 217 kasus, 2 Persen di Atarannya Anak-anak   |   13:00 . Kasus Persetubuhan Terhadap Anak di Bawah Umur Meningkat   |  
Sun, 04 December 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Waspada Corona, Jangan Panik

Penumpang Turun Drastis, 52 Perjalanan Kereta Batal

blokbojonegoro.com | Saturday, 18 April 2020 08:00

Penumpang Turun Drastis, 52 Perjalanan Kereta Batal

Reporter: Nur Muharrom

blokBojonegoro.com - Menyingkapi perkembangan kondisi bencana non-alam akibat Penyebaran Virus Coruna (Covid-19) di tanah air, yang mengakibatkan terjadinya  penurunan jumlah penumpang yang sangat signifikan, PT KAI Daop 8 Surabaya kembali membatalkan 3 Kereta Api (KA) jarak Jauh yang menuju ke arah Jember dan 1 KA menuju Lempuyangan (Yogyakarta). Terhitung mulai tanggal 15 April sampai dengan 30 April 2020.

Akibat pembatalan ini, maka KA yang masih beroperasi melayani relasi Surabaya– Jember hanya tinggal menyisakan 2 KA saja, yaitu KA Ranggajati dan KA Wijaya Kusuma.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto menjelaskan, melalui 7 tahap proses pembatalan, maka PT KAI Daop 8 Surabaya total telah membatalkan sebanyak 31 perjalanan KA Jarak menengah/jauh di bulan April 2020 ini.

Jadi total pada bulan April tahun 2020 ini, jumlah perjalanan KA yang tidak beroperasi di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya mencapai 52 KA (21 KA Lokal + 31 KA Jarak Menengah/Jauh).

Sementara untuk Jumlah KA yang masih beroperasi di bulan April berjumlah 35 KA (25 KA Lokal +10 KA Jarak Menengah/Jauh) atau 40% dari kondisi normal.

Adapun daftar perjalanan KA batal yang termasuk dalam tahap ke-7 ini diantaranya:
1. KA Mutiara Timur (KA 183) relasi Surabaya Pasar Turi – Surabaya Gubeng – Jember – Ketapang (Banyuwangi),
2. KA Tawang Alun (KA 336 – 333) relasi Malang Kota Lama – Bangil – Ketapang (Banyuwangi).
3. KA Sritanjung (KA 302-303) relasi Lempuyangan (Jogyakarta) – Surabaya Gubeng – Ketapang (Banyuwangi).
4. KA Sritanjung (KA 304 – 301) relasi Ketapang (Banyuwangi) – Surabaya Gubeng – Lempuyangan (Jogyakarta).

"Untuk 35 KA (25 KA Lokal+10 KA Jarak menengah/jauh) yang masih beroperasi, layanan tiket tetap kami jual dengan daya kapasitas 50% dari kapasitas tempat duduk. Dimana dalam kondisi normal, daya kapasitas untuk KA lokal mencapai 150% dari kapasitas tempat duduk dan KA jarak menengah/jauh mencapai 100% dari kapastas tempat duduk. Hal ini bertujuan untuk pembatasan sosial atau physical distancing antar penumpang di atas kereta," jelas Suprapto.

Menurut Suprapto, penurunan jumlah penumpang di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya tersebut dapat terlihat dari kondisi jumlah penumpang pada tanggal 1 Maret dengan jumlah penumpang yang naik sebanyak 40.148 orang/hari, dan jumlah penumpang yang turun 40.662 orang/hari.

Sementara pada tanggal 14 April, jumlahnya menurun dratis, dimana jumlah penumpang yang naik hanya mencapai angka 2.982 orang/hari dan penumpang yang turun 3.238 orang/hari.

Baca juga [Perjalanan Kereta Dikurangi, Ramai-ramai Batalkan Tiket]

Akibat dari kebijakan pengurangan daya kapasitas angkut KA Penumpang tersebut, selain penurunan jumlah penumpang yang sangat signifikan, pengurangan daya angkut KA penumpang ini menyebabkan jumlah pembatalan tiket KA oleh masyarakat semakin meningkat.

"Tercatat di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya dalam periode 1 s/d 14 April 2020 ada 20.134  tiket yang dibatalkan oleh para penumpang," ungkap Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya.

Sedangkan untuk periode sebelumnya yaitu 1 sampai 29 Maret ada 45.994 tiket yang dibatalkan oleh para penumpang. Sehingga total antara Maret hingga pertengah april sudah ada 66.128 tiket yang dibatalkan.

Kepada para calon penumpang yang akan menggunakan jasa layanan kereta api, terhitung mulai tanggal 12 April, diwajibkan harus menggunakan masker atau kain yang menutupi hidung dan mulut ketika berada di stasiun dan di kereta api.

Apabila didapatkan ketika penumpang melakukan proses boarding, menolak mengunakan masker atau kain penutup hidung dan mulut, maka kepada yang bersangkutan akan dilarang untuk mengunakan jasa layanan KA, sementara bea tiket akan dikembalikan 100% di luar bea pesan.

"Selain kewajiban menggunakan masker, para penumpang juga akan diperiksa suhu tubuhnya dengan thermo gun. Bagi masyarakat yang ingin memesan, membatalkan atau merubah jadwal tiket KA agar menggunakan fasilitas layanan online tiket di aplikasi KAI ACCESS agar tidak perlu ke luar rumah,” imbau Suprapto, Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya. [mu]

Tag : ka, kereta api, corona, covid 19



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat