08:00 . Hari Ini Bengawan Solo Siaga Hijau Trend Naik   |   07:00 . Deteksi Gejala Demensia dari Kebiasaan Menonton Film, Apa Itu?   |   18:00 . Jalin Sinergitas, Dandim Bojonegoro Silaturahmi Bersama FKUB dan Tokoh Lintas Agama   |   17:00 . Vakum Akibat Covid-19, Gantangan Burung Kicau Eksis Kembali   |   16:00 . Satreskrim Polres Bojonegoro Ringkus 9 Remaja Pelaku Pengeroyokan Di Balen   |   15:00 . Satresnarkoba Polres Bojonegoro Ungkap 4 Kasus Narkoba   |   14:00 . Provinsi Jatim Tertinggi Turunkan Kemiskinan   |   13:00 . Seorang Ayah Setubuhi Anak Tirinya 5 Kali, Terancam Meringkuk 13 Tahun di Penjara   |   12:00 . Bawa Kabur Kendaraan Setelah Kenalan Lewat Medsos dan Kopdar, Pelaku Berhasil Dibekuk Polisi   |   11:00 . Cetak Pendidik Qur'ani, Prodi PAI UNUGIRI Gelar Workshop Metode Baca Al-Qur'an An-Nahdliyah   |   07:00 . Orangtua, Ini Faktor yang Menyebabkan Anak Rentan Alami Stres saat Ujian Sekolah   |   22:00 . Pedagang Keluhkan Harga Ayam Potong di Pasar Merangkak Naik   |   21:00 . Bersinergi Kapolres Bojonegoro Lakukan Audiensi Bersama PC GP Ansor Bojonegoro   |   20:30 . Video Lakalantas Truk Seruduk Teras Toko di Balen   |   20:00 . Gelar Pelatihan, STIKES Rajekwesi Berkomitmen Tingkatkan Kualitas Pendidikan Kesehatan   |  
Fri, 21 January 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Waspada Corona, Jangan Panik

PT. KAI Pangkas 50% Kapasitas Penumpang

blokbojonegoro.com | Saturday, 18 April 2020 13:00

PT. KAI Pangkas 50% Kapasitas Penumpang *Foto ilustrasi penumpang kereta api saat kondisi normal.

Reporter: Nur Muharrom

blokBojonegoro.com - Kepadatan penumpang dalam transportasi umum tentu sangat berdampak besar bagi penyebaran virus covid-19, sehingga menyikapi perihal tersebut PT. Kereta Api Indonesia membatasi perjalanan kereta baik lokal, jarak menengah maupun kereta jarak jauh.

Baru-baru ini PT KAI Daop 8 Surabaya kembali membatalkan 3 Kereta Api (KA) jarak Jauh yang menuju ke arah Jember dan 1 KA menuju Lempuyangan (Yogyakarta). Terhitung mulai tanggal 15 April sampai dengan 30 April 2020.

Akibat pembatalan ini, maka KA yang masih beroperasi melayani relasi Surabaya– Jember hanya tinggal menyisakan 2 KA saja, yaitu KA Ranggajati dan KA Wijaya Kusuma.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto mengatakan, tak hanya perjalanan kereta yang dibatalkan perjalanannya demi menekan penyebaran virus corona yang hingga saat ini masih mewabah di Indonesia. Daop 8 Surabaya juga memangkas 50% kapasitas tempat duduk.

"Jadi total pada bulan April tahun 2020 ini, jumlah perjalanan KA yang tidak beroperasi di wilayah Daop 8 Surabaya ada 52 KA (21 KA Lokal + 31 KA Jarak Menengah/Jauh)," papar Suprapto kepada blokBojonegoro.com.

Sementara untuk jumlah kereta yang masih beroperasi di bulan April ada 35 KA (25 KA Lokal +10 KA Jarak Menengah/Jauh) atau 40% dari kondisi normal.

Suprapto menjelaskan, untuk 35 kereta yang masih beroperasi, layanan tiket tetap dijual dengan daya kapasitas 50% dari kapasitas tempat duduk.

Dimana dalam kondisi normal, daya kapasitas untuk KA lokal mencapai 150% dari kapasitas tempat duduk, dan KA jarak menengah/jauh mencapai 100% dari kapasitas tempat duduk.

"Dipangkasnya kapasitas ini bertujuan untuk pembatasan sosial atau physical distancing antar penumpang di atas kereta," jelas Suprapto.

Ditambahkan, pada tanggal 14 April, jumlah penumpang turun drastis, penumpang yang naik hanya mencapai angka 2.982 orang/hari dan penumpang yang turun 3.238 orang/hari. [mu]

Tag : kereta, kereta api, kai, penumpang, tiket, corona, covid 19



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat