15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |   17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |  
Tue, 23 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Waspada Corona, Jangan Panik

PT. KAI Pangkas 50% Kapasitas Penumpang

blokbojonegoro.com | Saturday, 18 April 2020 13:00

PT. KAI Pangkas 50% Kapasitas Penumpang *Foto ilustrasi penumpang kereta api saat kondisi normal.

Reporter: Nur Muharrom

blokBojonegoro.com - Kepadatan penumpang dalam transportasi umum tentu sangat berdampak besar bagi penyebaran virus covid-19, sehingga menyikapi perihal tersebut PT. Kereta Api Indonesia membatasi perjalanan kereta baik lokal, jarak menengah maupun kereta jarak jauh.

Baru-baru ini PT KAI Daop 8 Surabaya kembali membatalkan 3 Kereta Api (KA) jarak Jauh yang menuju ke arah Jember dan 1 KA menuju Lempuyangan (Yogyakarta). Terhitung mulai tanggal 15 April sampai dengan 30 April 2020.

Akibat pembatalan ini, maka KA yang masih beroperasi melayani relasi Surabaya– Jember hanya tinggal menyisakan 2 KA saja, yaitu KA Ranggajati dan KA Wijaya Kusuma.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto mengatakan, tak hanya perjalanan kereta yang dibatalkan perjalanannya demi menekan penyebaran virus corona yang hingga saat ini masih mewabah di Indonesia. Daop 8 Surabaya juga memangkas 50% kapasitas tempat duduk.

"Jadi total pada bulan April tahun 2020 ini, jumlah perjalanan KA yang tidak beroperasi di wilayah Daop 8 Surabaya ada 52 KA (21 KA Lokal + 31 KA Jarak Menengah/Jauh)," papar Suprapto kepada blokBojonegoro.com.

Sementara untuk jumlah kereta yang masih beroperasi di bulan April ada 35 KA (25 KA Lokal +10 KA Jarak Menengah/Jauh) atau 40% dari kondisi normal.

Suprapto menjelaskan, untuk 35 kereta yang masih beroperasi, layanan tiket tetap dijual dengan daya kapasitas 50% dari kapasitas tempat duduk.

Dimana dalam kondisi normal, daya kapasitas untuk KA lokal mencapai 150% dari kapasitas tempat duduk, dan KA jarak menengah/jauh mencapai 100% dari kapasitas tempat duduk.

"Dipangkasnya kapasitas ini bertujuan untuk pembatasan sosial atau physical distancing antar penumpang di atas kereta," jelas Suprapto.

Ditambahkan, pada tanggal 14 April, jumlah penumpang turun drastis, penumpang yang naik hanya mencapai angka 2.982 orang/hari dan penumpang yang turun 3.238 orang/hari. [mu]

Tag : kereta, kereta api, kai, penumpang, tiket, corona, covid 19



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat