07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Mabin TPQ Bojonegoro 99 Kali Khataman dan Sholawatan Online

blokbojonegoro.com | Wednesday, 22 April 2020 09:00

Mabin TPQ Bojonegoro 99 Kali Khataman dan Sholawatan Online

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Majlis Pembina (Mabin) Taman Pendidikan Qur'an (TPQ) An-Nahdliyah Bojonegoro, turut peduli kondisi pandemi virus corana. Sehingga lembaga yang menangani TPQ se-Kabupaten Bojonegoro mengadakan sholawatan, juga 99 khotmil quran dan pembacaan rotibul haddad melalui streaming youtube, Senin (20/4/2020) malam.

Bahkan 99 bacaan khotmil qur'an dibagi 26 kecamatan di Kota Migas, sebagai bentuk mengetuk pintu rohmat untuk keselamatan Bangsa Indonesia. "Agar wabah Corona yang tengah melanda Indonesia khususnya dan dunia pada umumnya segera reda. Teknis khataman ini secara online live streaming yang diikuti oleh ustadz-ustadzah dan santri TPQ An-Nahdliyah se-Kabupaten Bojonegoro," kata Muhaimin Abbas, ketua Mabin TPQ Bojonegoro periode 2020-2025.

Menurutnya, Mabin TPQ Cabang Bojonegoro mengadakan doa bersama 99 khatam Al Qur'an, acara ini diadakan guna menengadahkan tangan untuk memohon rahmat Allah. Namun melihat kondisi Covid-19 ini perlu menggunakan media komunikasi, agar kegiatan tersebut tetap dilaksanakan.

Pasalnya ada anjuran pemerintah yang melarang berkerumun atau mengerahkan masa banyak. "Mengapa harus online?. Ya karena dalam kondisi dan situasi seperti saat ini, kita harus jaga jarak. Namun tetap harus ada harokah (gerakan) untuk mengadakan kegiatan secara bersama," terangnya.

Dijelaskan, secara teknis khataman dan sholawatan tersebut menggunakan komunikasi via medsos dan alat komunikasi saat ini yang sudah canggih seperti youtube. Meskipun Mabin TPQ An-Nahdliyah Bojonegoro hanya manargetkan 99 kali khatam, namun dengan antusias peserta, khataman lebih dari 121 kali.

Misalnya saja ploting koordinator kecamatan (koortan) Dander yang hanya ditargetkan 4 kali khatam, menjadi 6 kali khatam. Serta diikuti 6.700 Ustadz-ustadzah TPQ An-Nahdliyah yang tersebar di Kabupaten Bojonegoro. "Puncak khataman ini dilaksanakan di kantor Mabin Bojonegoro secara online streaming yakni di PP. Darut Tawwabin Ngrowo Bojonegoro," jelasnya.

Ditambahkan, puncak khataman tersebut sekaligus dirangkai dengan Sholawat bersama Ahbabul Mushtofa yang dipimpin oleh Habib Farid al-Jufri, pembacaan wadlifah yaumiyah oleh Ust. Mahfudz Muharrom dan ratibul haddad yang dipimpin oleh KH. Ahmad Junaidi.

Sedangkan khotmul Qur'an dipimpin oleh KH. Muhajir Shodiq dan mauidloh hasanah oleh KH. Agus Hasyim Fahmi dari Babat Lamongan. Serta ditutup dengan do'a oleh KH. Abdul Chalim Mujtaba, M.HI dari BP3Q pusat An Nahdliyah. [zid/mu]

Berikut pembagian bacaan khataman qur'an Mabin TPQ An-Nahdliyah Bojonegoro:
1. Balen : 7 kali khataman
2. Baureno : 6 kali khataman
3. Kepohbaru : 6 kali khataman
4. Sumberjo : 7 kali khataman
5. Sugihwaras : 5 kali khataman
6. Kanor : 7 kali khataman
7. Sukosewu : 5 kali khataman
8. Kapas : 4 kali khataman
9. Kedungadem : 6 kali khataman
10. Temayang : 6 kali khataman
11. Dander : 4 kali khataman
12. Gondang : 2 kali khataman
13. Ngasem : 4 kali khataman
14. Kalitidu : 3 kali khataman
15. Purwosari : 2 kali khataman
16. Padangan : 2 kali khataman
17. Ngraho : 4 kali khataman
18. Malo : 4 kali khataman
19. Kasiman : 3 kali khataman
20. Kedewan : 1 kali khataman
21. Bojonegoro kota : 1 kali khataman
22. Trucuk : 3 kali khataman
23. Ngambon : 1 kali khataman
24. Tambakrejo : 4 kali khataman
25. Gayam : 4 kali khataman
26. Sekar : 1 kali khataman.

Tag : khotmil quran, sholawat, tpq annahdliyah



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat