Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Waspada Corona, Jangan Panik

KAI Kembalikan Cepat Uang Pembatalan Tiket via KAI Access

blokbojonegoro.com | Saturday, 02 May 2020 14:00

KAI Kembalikan Cepat Uang Pembatalan Tiket via KAI Access

Reporter: Nur Muharrom

blokBojonegoro.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mempercepat pengembalian uang pembatalan tiket KA melalui aplikasi online “KAI Access” menjadi setelah 3 hari kerja sejak dilakukan pembatalan.

Sebelumnya, jika penumpang melakukan pembatalan melalui KAI Access, KAI akan mengembalikan 100% uang pembatalan tiket secara transfer paling lambat setelah 45 hari.

“Ketentuan tersebut berlaku untuk pembatalan mulai tanggal 30 April sampai dengan 4 Juni 2020, untuk keberangkatan KA masa Angkutan Lebaran 2020 yaitu mulai 14 Mei s.d 4 Juni 2020,” ujar Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto.

Suprapto menambahkan, layanan ini diberikan bagi pelanggan agar beralih ke pembatalan secara online. Dimana tujuannya adalah agar masyarakat tidak bepergian ke stasiun, terlebih saat ini di wilayah Surabaya, Sidoarjo dan Gresik sudah diterapkan peraturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

Agar masyarakat bisa mendapatkan layanan KAI Access ini diharuskan mendownload atau mengupdate aplikasi KAI Access-nya menjadi versi terbaru terlebih dahulu. Pada saat registrasi, penumpang harus mendaftarkan nama dan nomor identitas yang sesuai dengan data pada tiket. Pada menu pembatalan, masukkan juga nomor rekening yang memiliki nama sesuai dengan nama penumpang pada tiket.

Baca juga [Cara Registrasi KAI Access dan Pembatalan Tiket]

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut penumpang dapat menghubungi Contact Center KAI 121 melalui telepon di 021-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI 121.

“Jumlah pembatalan tiket di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya pada periode 1 s/d 29 April 2020 sebanyak 43.117 tiket. Sementara Kondisi jumlah rata–rata penumpang yang naik di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya pada periode 1 s/d 29 April 2020 berkisar diantara 2.000 – 5.000 penumpang/harinya atau turun 90-95% dari kondisi normal yang berjumlah 40.000/harinya,” ujar Suprapto.
 
Data secara nasional untuk seluruh perjalanan KA Jawa dan Sumatera, khusus untuk keberangkatan 14 Mei s.d 4 Juni 2020 atau H-10 s.d H+10 masa Angkutan Lebaran 2020, sudah terdapat 554.672 tiket yang dibatalkan oleh penumpang. Masih terdapat 352.884 tiket yang belum dibatalkan oleh penumpang, atau 39% dari total keseluruhan tiket Masa Angkutan Lebaran 2020 yang telah terjual.
 
Suprapto berharap dengan kebijakan percepatan pengembalian uang pembatalan tiket ini, dapat mempermudah masyarakat yang ingin membatalkan tiket, serta membantu masyarakat yang membutuhkan dananya kembali secara tunai dan cepat.
 
“Semoga kebijakan ini bermanfaat bagi masyarakat yang telah menunda perjalanan mudiknya dalam rangka mencegah penyebaran virus Covid-19 pada masa Mudik Angkutan Lebaran 2020,” tutup Suprapto. [mu]

Tag : kereta api, angkutan mudik, tiket , tiket kereta, cara membatalkan tiket kereta



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini