20:00 . Merdeka Cup 2022 dalam Kemeriahan Kemerdekaan RI ke-77   |   19:00 . Ratusan Masyarakat Bojonegoro dan Tuban Deklarasikan LaNyalla Capres 2024   |   18:00 . Fenomena Fashion Week, Budayawan Berharap Bisa Tampilkan Produk Batik Lokal   |   17:00 . Kader Berpretasi Asal Bojonegoro, Mantapkan Maju Caketum PP IPPNU   |   16:00 . Profil Coach Persibo Masdra Nurriza, Awali Karir dari Bangku SMP   |   15:00 . Harga Antam Turun Tajam, Berikut Daftar Harganya   |   14:00 . Realisasi PAD Bojonegoro Capai Rp47,8 M, PPJ Sumbang Angka Tertinggi   |   13:00 . Persibo Buka Seleksi Pemain, Eks Liga 2021 Apakah Masih Digunakan?   |   12:00 . Resmi Mendaftar, Gerindra Bojonegoro-Tuban Satukan Kekuatan Menangkan Prabowo   |   11:00 . Suarakan Tuntutannya, Federasi Serikat RTMM SPSI Akan Ikuti Long March Sejuta Buruh di Surabaya   |   10:00 . FGD VMTS, Prodi PAI Proyeksikan Buka Kelas International   |   09:00 . Terdakwa Percobaan Pemerkosaan Tetangga di Dander Divonis 2,6 Tahun Penjara   |   07:00 . Sangat Berharga bagi Penderita Depresi, Begini Cara Membantu Penyintas Gangguan Mental   |   20:00 . Sinergi Energi 2022, AAPG UGM -SC Belajar Industri Hulu Migas dengan EMCL   |   19:00 . PAC ISNU Balen Gembira Bersama Yatim-Piatu   |  
Wed, 10 August 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Waspada Corona, Jangan Panik

554.672 Tiket Kereta Mudik Lebaran Dibatalkan

blokbojonegoro.com | Monday, 04 May 2020 09:00

554.672 Tiket Kereta Mudik Lebaran Dibatalkan

Reporter: Nur Muharrom

blokBojonegoro.com - Saat lebaran tak lengkap apbila tidak mudik atau berkunjung ke kampung halaman orang tua, maupun sanak keluarga. Saat mudik inilah, orang yang tinggal di kota akan berbondong-bondong melakukan perjalanan ke desa di berbagai wilayah.

Alhasil, jauh-jauh hari tiket kereta api dengan berbagai tujuan biasanya akan habis sebelum lebaran datang. Sama halnya dengan masa mudik tahun 2020 ini, tidak sedikit masyarakat yang sudah memesan tiket untuk perjalanan mudik lebaran.

Kondisi berbeda saat pandemi covid-19 mewabah di Indonesia. Pemerintah melarang masyarakatnya melakukan budaya tahunan mudik ke kampung halaman saat lebaran idul fitri tahun 2020 ini, guna memutus rantai penyebaran covid-19. Sehingga ratusan ribu tiket yang sudah dibeli dibatalkan lantaran kereta penumpang tidak diperbolehkan beroperasi.

Baca juga [Cara Registrasi KAI Access dan Pembatalan Tiket]

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto kepada blokBojonegoro.com menjelaskan, dalam rangka mendukung program pemerintah dalam hal pelarangan mudik pada masa angkutan Lebaran tahun 1441 H, sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor: PM 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 H, dalam rangka pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid 19), pihak PT KAI Daop 8 Surabaya kembali memperpanjang masa pembatalan perjalanan KA Jarak jauh dan juga menengah hingga tanggal 31 Mei 2020.

"Total ada 41 perjalanan KA Jarak jauh/menengah yang tidak beroperasional hingga tanggal 31 Mei 2020 di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya, dengan tujuan kota dari KA Jarak jauh/menengah tersebut diantaranya KA yang menuju Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Cilacap, Cirebon, Purwokerto, Jember, dan Banyuwangi," papar Suprapto.

Sementara untuk perjalanan KA Lokal di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya yang pada kondisi normal ada 46 perjalanan KA, masih terdapat 25 perjalanan KA Lokal yang masih beroperasi dan 21 perjalanan KA Lokal lainnya telah dibatalkan. 

KA Lokal yang dibatalkan tersebut diantaranya:
- KA Komuter relasi Bangil– Surabaya Kota/pp
- KA Komuter Sulam relasi Surabaya Turi– Lamongan/pp
- KA Jenggala relasi Sidoarjo– Mojokerto/pp.

Sedangkan untuk KA lokal yang masih beroperasi diantaranya:
- KA Penataran relasi Surabaya Kota– Malang- Blitar/pp
- KA Dhoho relasi Surabaya Kota– Kertosono– Blitar/pp
- KA Lokal Bojonegoro relasi Siodoarjo– Surabaya Pasar Turi– Babat/pp
- KA Lokal Kertosono relasi Surabaya Kota– Kertosono/pp.

Baca juga [KAI Kembalikan Cepat Uang Pembatalan Tiket via KAI Access]

"Bagi calon penumpang KA Jarak menengah/jauh yang sudah memiliki tiket, akan dikembalikan penuh atau 100% di luar bea pesan oleh KAI," papar Suprapto dalam pesan yang dikirim ke redaksi blokBojonegoro.com.

Data secara nasional untuk seluruh perjalanan KA Jawa dan Sumatera, khusus untuk keberangkatan 14 Mei s/d 4 Juni 2020 atau H-10 s/d H+10 masa Angkutan Lebaran 2020, sudah terdapat 554.672 tiket yang dibatalkan oleh penumpang. Masih terdapat 352.884 tiket yang belum dibatalkan oleh penumpang, atau 39% dari total keseluruhan tiket Masa Angkutan Lebaran 2020 yang telah terjual. [mu]

Tag : kereta api, jadwal kereta api, kai, kai access, pembatalan tiket, tiket kereta , tiket kereta api, cara membatalkan tiket



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat