07:00 . 5 Jenis Sayuran yang Harus Dimasak Dahulu, Jangan Dimakan Mentah!   |   19:00 . Terdakwa Pencuri Mobil Bupati Bojonegoro, Divonis 2,6 Tahun Penjara   |   18:00 . Kelompok Kerja Bunda PAUD Dikukuhkan Bupati Bojonegoro   |   17:00 . Mastrip Fashion Week, Satlantas : Kami Mendukung, Asal di Tempat yang Tepat   |   08:00 . Punya KPM, Petani Terima Bantuan Benih dan Pupuk   |   07:00 . Banyak Jajanan Anak Patut Diwaspadai karena Mengandung Zat Berbahaya, Apa Sajakah?   |   20:00 . Jaring Atlet Bulutangkis, Polres Gelar Kapolres Bojonegoro Cup 2022   |   19:00 . Seleksi Hari Pertama, Hanya 45 Persen dari Keseluruhan yang Datang   |   18:30 . Asap dan Kembang Api di Fun Football Talun   |   18:00 . Juara, Condromowo Kalahkan Sumuragung 2-1   |   17:00 . Kenalkan Head Coach Persibo, Abdulloh Umar Targetkan Lolos Liga 2   |   16:00 . Penyedia Jasa Sewa Kostum Karnaval di Bojonegoro Mulai Kelarisan   |   15:00 . Pawai Budaya Bakal Meriahkan HUT Kemerdekaan di Bojonegoro   |   14:00 . Harga Telur Ayam Tinggi, Omzet Pedangang Merosot   |   13:00 . Berkat Terobosannya, APDI Jatim Nobatkan Bupati Anna Sebagai Ibu Desa   |  
Sat, 13 August 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Waspada Corona, Jangan Panik

60 Pekerja Terkena PHK dan 669 Pekerja Dirumahkan

blokbojonegoro.com | Tuesday, 05 May 2020 16:00

60 Pekerja Terkena PHK dan 669 Pekerja Dirumahkan Foto.net

Reporter : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Pandemi virus corona COVID-9 berdampak pada sektor industri dan tempat usaha yang merumahkan para karyawannya. Di Kabupaten Bojonegoro hingga kini sudah ada sebanyak 669 orang pekerja yang dirumahkan atau diberhentikan sementara, dan 60 orang yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di tengah pandemi COVID-9.

Kabid Hubungan Industri Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Bojonegoro, Warsono, mengatakan bahwa saat ini ada 18 perusahaan yang telah melaporkan sudah merumahkan para pekerjanya, yaitu perusahaan yang bergerak pada sektor jasa transportasi, perhotelan, hingga karyawan di toko moderen.

"Kalau untuk perusahaan yang PHK para pekerja ada 5 perusahaan, masing-masing dari Hotel Aston Bojonegoro, Fave Hotel, PT Sukurindo Duta Utama Perkasa, PT Petronesia Binimel dan PT Meindo Elang Indah," ujar Warsono.

Warsono mengatakan, diperkirakan masih ada perusahaan yang belum melaporkan karyawannya yang dirumahkan. Sehingga kemungkinan data pekerja yang dirumahkan bertambah banyak.

Dirinya juga menerangkan, ada beberapa perusahaan yang terpaksa merumahkan karyawan telah melakukan kesepakatan bersama para karyawannya. Kesepakatan yang diambil adalah memberikan gaji walapun dengan besaran yang berbeda.

"Untuk pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) kita arahkan untuk ikut mendaftar kartu Pra Kerja," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan dan Penempatan Tenaga Kerja, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Bojonegoro, Joko Santoso menambahkan upaya untuk sosialisasi Kartu Pra Kerja juga terus dilakukan, salah satunya memberikan surat edaran kepada perusahaan jika nantinya ada pekerja yang di PHK untuk segera diarahkan agar mendaftar kartu pra kerja.

Sebab, lanjut Joko Santoso, untuk pendaftaran kartu pra kerja dilakukan oleh masing-masing individu dan diseleksi oleh pusat. Jadi dalam hal ini tugas Disperinaker sebatas mengarahkan jika ada masyarakat yang kesulitan untuk daftar kartu pra kerja.

"Jadi tugas kita di sini sebatas mengarahkan jika ada masyarakat yang kesulitan, jika ada masyarakat yang kesulitan bisa langsung datang ke Kantor Disperinaker," pungkasnya.[din/ito]

Tag : corona, bojonegoro, disperinaker, phk, dirumahkan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat