Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Waspada Corona, Jangan Panik

Shelter Sudah Siap, Rapid Test Masal Tetap Berjalan Terus

blokbojonegoro.com | Saturday, 09 May 2020 21:00

Shelter Sudah Siap, Rapid Test Masal Tetap Berjalan Terus

Reporter : M Safuan

blokBojonegoro.com - Rapid test massal yang menyasar ke pasar tradisional, bakal terus dilakukan oleh Pemkab Bojonegoro, guna mencegah penyebaran Covid-19 agar tidak semakin meluas. Meski begitu, pemkab Bojonegoro juga telah menyediakan shelter beberapa tempat atau kamar isolasi yang diperuntukan bagi pedagang yang hasil rapid tesnya reaktif positif sehingga butuh pengawasan lebih.

"Ada sekitar 365 kamar/bed yang tersebar di beberapa tempat isolasi atau shelter yang telah disediakan Pemkab Bojonegoro," kata Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah.

Bupati yang biasa disapa Bu Anna menuturkan rapid tes massal dipasar perlu dilakukan, dikarenakan masih banyaknya masyarakat/pedagang di pasar yang belum menerapkan Social Distancing, sehingga rentan menjadi penyebab penyebaran Covid-19 di wilayah Bojonegoro.

Alhasil, dalam menggelar rapid tes itu, ada ratusan pedagang yang hasil dari rapid tesnya reaktif positif. Dengan hasil itu pedagang harus segera diisolasi agar terjadi penyebaran virus corona semakin meluas.

"Untuk saat ini pedagang pasar kota yang hasil rapid tesnya, reaktif positif sudah dikarantina di BLK," ungkap Bupati Anna.

Adapapun tempat isolasi yang disiapkan itu diantaranya, BLK ada 50 kamar/bed yang bisa digunakan, Dander Resort ada 60 kamar/bed, GOR Dabonsia ada 85 bed, akbid 60 bed dan beberapa tempat lainnya. Penyiapan kamar/bed itu perlu dilakukan agar rapid tes massal bagi pedagang pasar bisa dilangsungkan.

"Di Bojonegoro Ada 11 pasar milik Kabupaten dan 70 pasar tradisional yang dikelola desa," terang Bu Anna. Saat disinggung kenapa rapid tes massal hanya dilakukan dipasar tradisional? Bu Anna mengatakan bahwa di pasar tradisional belum melakukan social distancing sehingga rentan penyebaran civid 19. Sedamgkan dipasar modern, rata-rata pengelola sudah melaksanakan sosial distancing bahkan saat melakukan pembayaran dikasir juga diatur jaga jarak.

"Rapid tes masal akan terus dilakukan dipasar guna menekan penyebaran Covid-19 agar tidak semakin meluas," pungkasnya. [saf/ito]

 

Tag : Rapid, test, Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini