Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Ziarah dan Bersih-bersih Makam, Tradisi Jelang Lebaran yang Masih Terjaga

blokbojonegoro.com | Saturday, 23 May 2020 14:00

Ziarah dan Bersih-bersih Makam, Tradisi Jelang Lebaran yang Masih Terjaga

Kontributor : Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Sudah menjadi tradisi yang lumrah jika menjelang lebaran sejumlah pemakaman umum di Kabupaten Bojonegoro, menjadi lebih ramai didatangi oleh para peziarah ketimbang waktu biasanya.

Di Pemakaman Umum Desa Kolong Kecamatan Ngasem misalnya, semenjak 22 Mei lalu, TPU tersebut sudah mulai banyak dikunjungi oleh para peziarah yang datang untuk mendoakan sanak keluarganya yang telah tiada.

"Ziarah kubur ini sudah menjadi tradisi menjelang puasa dan hari raya Idul Fithri. Selain itu sudah menjadi rutinitas dan sudah membudaya," ujar M. Ridwan (24) salah seorang peziarah.

Tidak banyak ritual yang dilakukan saat berziarah, saat di pemakaman peziarah membaca surat yasin, tahlil dan berdo’a serta membersihkan pemakaman kerabat dan sanak saudara jika terlihat semak serta kotor.

"Setiap hari raya Idul Fitri kita ziarah ke kubur ini, tidak hanya dihari raya saja namun sebelum memasuki bulan Ramadhan dan hari raya Idul Adha kita juga ziarah. Ini makam mbah  saya," ucapnya.

Sementara itu, Yusuf (23) peziarah lainnya mengatakan, pada saat hari raya Idul Fitri, ia selalu menyempatkan berziarah ke kampung halaman. Salah satu alasannya yakni hendak berziarah ke makam kedua kakek neneknya yang dimakamkan di pemakaman itu.

"Setiap tahun selalu mudik karena ingin ziarah ke makam mbah, saat ini hanya do’a yang dapat kami panjatkan untuk mbah yang telah meninggal," kata Yusuf.[her/ito]

 

Tag : makam, ziarah, ngasem, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini