Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Idul Fitri 1441 Hijriah

Warga di Dusun ini Menjaga Silaturahmi Antar Umat Agama

blokbojonegoro.com | Sunday, 24 May 2020 21:00

Warga di Dusun ini Menjaga Silaturahmi Antar Umat Agama

Kontributor : Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Toleransi umat beragama terlihat jelas di hari raya Idul Fitri ini, tepatnya di Dusun Kedungdowo, Desa Kolong, Kecamatan Ngasem. Terbukti sejak puluhan tahun silam umat islam dan katolik di dusun ini saling bersilaturahmi ketika hari raya tiba.

Jaswadi asisten pemimpin Gereja Dusun Kedungdowo, menjelaskan, kegiatan keagamaan jamaah masjid maupun gereja, berjalan sebagaimana biasa tanpa terbesit perasaan saling terganggu, baik di hari raya Idul Fitri maupun di hari hari besar keagamaan lainnya.

"Masyarakat Dusun Kedungdowo sangat menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi, terutama dalam kegiatan ibadah. Kerukunan dan saling menghargai dalam menjalankan ibadah, hingga kini terus terpelihara," ujar Jaswadi.

Sementara itu, Jamiyad imam musala di Dusun Kedungdowo terus berharap kepada seluruh masyarakat senantiasa mempertahankan harmonisasi kerukunan umat beragama yang hingga kini masih terpelihara.

"Sejauh ini, para tokoh lintas agama, juga rutin melakukan pertemuan maupun dialog, untuk menjalin keakraban demi terpeliharanya kerukunan umat beragama," ujarnya.

Yohanes Parlan, Ketua Setasi Gereja Dusun Kedung Dowo mengatakan, pernah mendapatkan penghargaan dari Bupati desa paling rukun nomer satu di kabupaten Bojonegoro, dengan diberikannya nama pemakaman dengan nama pemakaman Pancasila yang disitu disemayamkannya orang muslim dan nasrani.

Adanya toleransi antarumat beragama, dapat menjadi contoh bagi masyarakat lain. Bagaimana menjaga kedamaian, solidaritas dan demokrasi.[her/ito]

 

Tag : Lebaran, idul, fitri, Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini