Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Waspada Corona, Jangan Panik

Kapolda Jatim: Surabaya Tiru Bojonegoro Perangi Covid-19

blokbojonegoro.com | Thursday, 04 June 2020 12:00

Kapolda Jatim: Surabaya Tiru Bojonegoro Perangi Covid-19 Foto: Kapolda Jatim Saat Mengunjungi Kampung Tangguh Semeru di Bojonegoro

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Kota Surabaya saat ini menjadi wilayah dengan kasus COVID-19 terbanyak di Jawa Timur. Tercatat, ada 2.748 kasus sehingga dalam peta sebaran COVID-19, Surabaya berstatus zona hitam.

Kapolda Jatim Irjen M Fadil Imran menyebut ada sejumlah hal yang bisa dilakukan agar kasus penularan COVID-19 di Surabaya bisa ditekan. Salah satunya dengan pengoptimalan Kampung Tangguh. Fadil menyebut hal ini sangat efektif saat diterapkan di daerah lain.

[Baca juga: Tinjau Kampung Tangguh Semeru Bojonegoro, ini Kata Kapolda dan Bupati ]

"Saya kasih contoh di Bojonegoro dan Lamongan. Dari kunjungan saya ke sana, itu sangat efektif, tidak ada penambahan jumlah penderita baru," kata Fadil saat peletakan batu pertama pembangunan GOR Bulu Tangkis di Mapolda Jatim, Jalan Ahmad Yani, Surabaya, Rabu (3/6/2020).

"Yang kedua, terhadap klaster pasar, dengan adanya Kampung Tangguh ini, orang-orang yang berada dalam klaster pasar itu mendapatkan apa yang sering Ibu Gubernur katakan, 3T: testing, tracking, dan treatment. Isolate di sana dikerjakan sangat baik dan tidak ada penambahan ODP," imbuhnya.

"Bahkan di sana, ada Bhabinkamtibmas yang memiliki ide luar biasa. Semua masyarakat yang positif, yang ODP, yang PDP itu dibuatkan aplikasi BoSe, Bojonegoro Sehat. Mereka kalau ke mana-mana video call dan bisa termonitor," ungkapnya. Fadil mencontohkan aplikasi yang digunakan di Kampung Tangguh Bojonegoro, yakni Bojonegoro Sehat atau BoSe. Fadil menyebut aplikasi untuk memantau pasien positif COVID-19, PDP, hingga ODP ini bisa diterapkan di Surabaya.

Jika diterapkan di Surabaya, Fadil menyebut, hal ini akan lebih efektif untuk memantau pasien yang positif, PDP, dan ODP agar tidak keluyuran dan menyebarkan virus.

"Saya kira bisa diterapkan di Surabaya. Jadi misalnya RW A di Kelurahan X, di situ kita mendirikan Kampung Tangguh, ada yang positif, ada yang PDP, ODP, semua mengunduh aplikasi tersebut. Dia ke mana-mana bisa dimonitor. Ada ternyata orang PDP jalan-jalan, segera nanti ditelepon petugas di pos sehingga ketahuan, atau mungkin dia bisa WhatsApp ketika kurang makan, kurang olahraga, kurang motivator psikolog," jelas Fadil.

Selama ini, lanjut Fadil, Surabaya memang menjadi sorotan karena banyaknya kasus terkonfirmasi COVID-19. Pihaknya juga telah melakukan berbagai usaha untuk membantu pemerintah menekan angka penyebarannya.

Selain itu, Fadil telah berkoordinasi dengan Pemkot Surabaya dan meminta Kapolrestabes Surabaya yang baru segera turun tangan agar upaya penekanan virus Corona bisa lebih cepat.

Tak hanya itu, Fadil mengatakan di sisi kuratif, pihaknya juga terus berbenah. Polri juga telah menambah bantuan untuk rapid test dan tes PCR hingga penambahan tenaga medis di RS Bhayangkara Polda Jatim. "Demikian juga yang di Surabaya, walaupun memang Surabaya menjadi sorotan, saya harap kehadiran Kampung Tangguh ini dan upaya 3T ini bisa lebih optimal karena melibatkan warga. Jadi, begitu ada yang sakit, bisa langsung lapor, kemudian nanti dari Dinkes Pemkot Surabaya akan kita dorong maksimal," lanjut Fadil.

"Di Polri ada penambahan rapid test, ada penambahan PCR, ada penambahan tenaga medis. Ini dari sisi kuratifnya kelihatan. Dari sisi pencegahan, kita sudah menyiapkan Kampung Tangguh bersama teman-teman dari Kodim. Saya berharap ini akan simultan semuanya, pemerintah daerah di depan kita dorong, insyaallah saya kira dalam 2 minggu ke depan kita evaluasi hasilnya seperti apa. Mudah-mudahan seperti Malang Raya," harap Fadil.

Sumber: https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5039296/
surabaya-zona-hitam-covid-19-ini-saran-kapolda-jatim/2

Tag : waspada, corona, jatim, surabaya, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini