Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Petani Desa Sumengko Pilih Tanam Semangka, ini Alasannya...

blokbojonegoro.com | Saturday, 06 June 2020 18:00

Petani Desa Sumengko Pilih Tanam Semangka, ini Alasannya...

Kontributor: Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Warga di Desa Sumengko, Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro sudah setahun akhir Ini lebih memilih tanam semangka alasannya sederhana. Karena menanam semangka lebih menguntungkan daripada menanam padi atau palawija.

Salah satu petani Desa Sumengko, Yadiran mengatakan, kalau tidak ada virus corona seperti saat ini lebih menguntungkan semangka. Bisa untung tiga kali lipat di bandingkan tanam padi.

"Seumpama panen padi bisa dapat 10 juta kalau semangka bisa dapat 30 juta, itu kalau normal nggak ada wabah corona seperti saat ini," ujar pria 65 tahun saat di temui di sawah.

Suraji (63) juga menambahkan, Jika kualitas dan cuaca bagus, buah semangka dengan kualitas terbaik bisa dijual dengan harga Rp 5.000/kg. Namun jika musim sedang tidak bagus, buah semangka bisa dihargai hanya Rp 700/kg, sehingga banyak petani yang merugi.

"Kesulitan menanam semangka ya, kendala cuaca. Kalau pas musim hujan penyakit datang sedangkan di musim panas harus selalu disiram," katanya.

Dia menambahkan semangka kalau kekurangan air buahnya gak bisa bagus, harus sering di siram karena semangka tidak bisa kalau kekurangan air.

"Yang penting itu ada airnya kalau semangka itu, seperti ini kan harus di siram agar tidak kekurangan air,"lanjutnya.[her/ito]

Tag : sumengko, semangka, kalitidu, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini