17:00 . Jelang Lebaran, Pendapatan Salon Meningkat   |   16:00 . 99,13 Persen Warga Bojonegoro Terintegrasi JKN-KIS   |   15:00 . Harga Jilbab Merangkak Naik, Jelang Lebaran Pembeli Juga Meningkat   |   14:00 . Kapolres Bojonegoro Imbau Warga Tidak Melakukan Takbir Keliling   |   13:00 . Jembatan Glendeng Ambles, Kapolsek Soko Tinjau Kembali   |   10:00 . SMK Migas Bojonegoro Bagi Takjil Kepada Masyarakat   |   09:00 . Jelang Lebaran, Jasa Ekspedisi Kebanjiran Paket Barang   |   08:00 . Chef Sarwan Berbagi dengan Yatim-Dhuafa Sarangan   |   07:00 . Cukup Makan Telur 1-2 Butir Sehari, Ini Efeknya Bila Berlebihan!   |   06:00 . Chef Sarwan Bersama Yatim dan Dhuafa   |   22:00 . Tiga Narapidana Lapas Bojonegoro Langsung Bebas Saat Lebaran   |   21:00 . Komisi A DPRD Bojonegoro Tanggapi Aduan Masalah Rekrutmen Perangkat Desa   |   20:00 . EMCL Salurkan Dukungan 1,320 Sembako di Wilayah Operasi   |   19:30 . PBNU Tetapkan Hari Raya Idul Fitri1 Syawal 1442 H Kamis 13 Mei 2021   |   19:00 . Tradisi Colok-colok Malam Songo Jelang Idul Fitri   |  
Wed, 12 May 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Mampu Raup Omzet Puluhan Juta Rupiah Dari Menekuni Aquaspace

blokbojonegoro.com | Sunday, 07 June 2020 12:00

Mampu Raup Omzet Puluhan Juta Rupiah Dari Menekuni Aquaspace

Reporter : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Usaha apapun jika digeluti dengan tekun, pasti mendatangkan hasil maksimal. Sama halnya yang dilakukan Eko Wahyu Ono, warga Kelurahan Ledok Kulon, Kecamatan Kota, Kabupaten Bojonegoro. Dia menggeluti bisnis Aquascape dengan omset puluhan jutaan rupiah setiap bulannya.

Aquaspace merupakan sebuah seni yang mengatur tanaman, air, pasir, batu, karang, kayu dan lain sebagainya. Seni ini menggunakan media di dalam kotak kaca atau acrylic yang menyerupai akuarium.

Memang tak mudah untuk pekerjaan yang satu ini, karena membutuhkan inspirasi dan imajinasi, sehingga karya yang dihasilkan indah dilihat. Aquaspace rakitan Eko bahkan memikat para pecinta aquarium dari banyak latar belakang, mulai dari kalangan Masyarakat umum, Mahasiswa hingga Pekerja kantoran.

"Kalau untuk pembeli kebanyakan malah berasal berasal dari luar daerah, seperti Blora Jawa Tengah, Tuban dan Lamongan," ujarnya.

Kunci dari membuat aquaspace menurut Eko adalah keindahan. Dan disini tidak banyak orang yang bisa memadukan antara bahan untuk membuat aquaspace, sehingga banyak orang yang kesulitan untuk memasangnya.

Sebelum bergelut di bidang Aquaspace, pria kelahiran 11 September 1974 tersebut telah menekunia dunia akuarium laut selama 10 tahun.  Karena melihat peluang yang bisa dikatakan masih terbuka di Bojonegoro, ia akhirnya banting setir bersama satu temanya untuk menekuni dunia seni menata tanaman di dalam aquarium ini.

Dengan modal awal sekitar Rp25 juta, ia mampu meraup omzet sebesar Rp24 juta setiap bulanya. Akan tetapi selain menjual aquaspace jadi, Eko juga menjual asesorisnya, seperti tanaman, pompa, lampu,  kayu, pasir, batu serta asesoris lainya dan juga pupuk untuk menyuburkan tanaman yang berada didalam aquarium.

"Saya sebenarnya baru memulai menggeluti aquaspace sejak tiga bulan lalu dan ternyata banyak peminatnya," lanjutnya kepada blokBojonegoro.com.

Aquascape ini biasanya diisi binatang air tawar seperti ikan, udang dan binatang kecil lainya. Model dan jenisnya pun bermacam-macam dan unik.

Untuk harga, Eko mematok dari Rp700 ribu hingga Rp1,5 juta per aquarium bahkan bisa lebih, tergantung model, ukuran dan kerumitan proses peracikan. Selain dapat dijadikan aksesoris dan menambah kecantikan isi ruangan rumah, aquarium ini juga bisa dibuat untuk mengilangkan kejenuhan selepas menjalankan aktivitas sehari-hari.

"Kedepanya, saya ingin mengembangkan lagi usaha saya dengan mendirikan toko khusus untuk aquaspace, karena untuk saat ini saya masih memanfaatkan sebagian ruangan rumah untuk tempat berjualan," tutup Eko Wahyu Ono.[din/ito]

Tag : aquaspace, bojonegoro, aquarium, hias, ikan

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat