23:00 . Inilah Jejak Karier DR. Didik Farkhan Alisyahdi, Kajati Banten   |   22:00 . Didik Farkhan, Putera Terbaik Bojonegoro Jabat Kajati Banten   |   20:00 . IHC RSPP Jadi Bagian Mayo Clinic Care Network   |   16:00 . Limbah Sampah di TPA Diolah Jadi Bensin dan Solar   |   14:00 . Selama Tahun 2022, PETI Dominasi Kasus Hukum Sektor Pertambangan Minerba   |   13:00 . Diberangkatkan Bupati, STIKES Rajekwesi Mulai KKN Tematik Desa Tangguh   |   07:00 . 7 Cara Bersyukur Setiap Hari, Hidup Akan Lebih Bahagia   |   23:00 . Libatkan Puluhan Pekerja Kreatif dan Ratusan Ekstras asli Bojonegoro   |   22:00 . Tangis Haru Mbah Painem Asal Gondang Bisa Masuk Film Internasional   |   20:00 . Tayang Perdana di Bojonegoro, Film Autobiography Disambut Warga   |   19:00 . Jalan Utara Pasar Kota Bojonegoro Jadi Dua Arah, Dishub : Murni Program Pemkab   |   18:00 . Benarkah Pedagang Pasar Wisata Akan Ditarik Iuran Rp200 Ribu?   |   16:00 . Angka Partisipasi Daftar PPS Tinggi, KPU Provinsi Jatim Beri Apresiasi   |   15:00 . Healing Budget Minimalis, Nikmati Kopi Senja di Flyover Gayam   |   14:00 . Kiai Afifuddin Muhajir: Piagam PBB dalam Bingkai Syariat; Serial Halaqah Fikih Peradaban Lirboyo   |  
Fri, 27 January 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

blokbojonegoro.com | Tuesday, 16 June 2020 19:00

Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau


Pengirim : Iskak Riyanto*

blokBojonegoro.com - Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro, Selasa (16/6/2020).

Pembukaan SL-PTT  diikuti oleh 20 orang petani, dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Bojonegoro, Kepala Seksi Tanaman Semusim, Kordinator Penyuluh, PPL, dan POPT-PHP Kecamatan Sugihwaras.

Kepala Dinas Pertanian, Helmy Elisabeth dalam sambutanya mengatakan bahwa dalam SL-PTT ini petani akan didampingi dan dibimbing oleh penyuluh pertanian dalam berusahatani tanaman tembakau mulai pengolahan lahan, penanaman, perawatan, pemupukan, pengendalian hama dan penyakit sampai panen.

"Ini semua bertujuan agar hasil panen petani semakin meningkat, baik dari segi kuantitas dan kualitas," kata Helmy, nama panggilanya.

Selain itu Disperta juga menjalin kemitraan dengan pabrikan untuk menampung atau membeli hasil panen tembakau petani agar harga pasar tetap stabil, sambung Helmy lagi.

"Semoga dengan pelaksaanaan SL-PTT tembakau ini membawa manfaat bagi petani," kata Helmy mengakhiri pengarahanya.

Sementara itu penyuluh pertanian Desa Bulu, Handako, dalam materi pra acara berujar bahwa dalam SL-PTT ini berlangsung selama lima kali pertemuan.

"Materi pertama pembukaan dan penjelasan tentang SL-PTT tembakau. Kedua pengamatan agro ekosistem di laboratorium lapang/sawah. Materi ketiga tentang pupuk dan pemupukan pada tembakau. Keempat tentang hama dan penyakit pada tembakau dan pembuatan pestisida nabati. Sedangkan materi kelima tentang pola kemitraan dan pasca panen," terang Handoko panjang lebar.

Kordinator penyuluh Kecamatan Sugihwaras, Murjito, secara teknik menekankan kepada petani peserta SL-PTT agar bercocok tanam  tembakau dengan benar sesuai tehnologi anjuran khususnya tentang pemupukan.

"Pupuk untuk tanaman tembakau dan padi pada dasarnya tidak sama. Agar pemupukan bisa pas dan benar sesuai kebutuhan tembakau maka ikuti SL-PTT ini secara lengkap dan seksama," tambah Murjito.

*PPL Disperta Bojonegoro.

Tag : sdm, petani, disperta, slptt, tembakau



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 24 January 2023 08:00

    Manfaat Belajar Matematika

    Manfaat Belajar Matematika Matematika adalah ilmu pengetahuan yang banyak membahas tentang angka dan bilangan. Materinya yang sulit dipahami dan banyaknya rumus yang harus diingat, membuat tidak semua orang menyukai matematika, bahkan membencinya. Dibutuhkan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 23 December 2022 12:00

    Pengumuman Lelang Terbuka

    Pengumuman Lelang Terbuka Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, PT. Asri Dharma Sejahtera Tahun 2022, dengan ini tim pengadaan jasa kontruksi melakukan lelang terbuka dengan kualifikasi pekerjaan sebagai berikut...

    read more