19:00 . Mendag Zulhas: Dorong Produk UKM Indonesia Tembus Pasar Timur Tengah   |   18:00 . Sempat Tertunda Akibat Pandemi, Turnamen Sablon Cup III Kembali Digelar   |   17:00 . HUT AMPI Ke-44, Pengurus DPD AMPI Bojonegoro Resmi Dikukuhkan   |   16:00 . Begini Cara Mendaftar MyPertamina dengan Ponsel   |   10:00 . Puskesmas Tanggapi Curhatan Warga di Instagram Terkait Penanganan Sang Kakek   |   09:00 . Ruwatan Massal di Bojonegoro Kembali Digelar, Ini Jadwalnya   |   08:00 . 74 Polisi di Bojonegoro Naik Pangkat   |   07:00 . Menabung Saja Tidak Cukup, Ini Tips Ajarkan Anak Kelola Uang dengan Tepat   |   06:00 . Berani Bermimpi dan Gigih Menjemput Masa Depan   |   22:00 . Mendag Zulhas: Perjanjian Indonesia–UAE CEPA Ditandatangani, Upaya Tingkatkan Ekspor   |   21:00 . Roadshow, PMI Bojonegoro Lakukan Pembinaan dan Orientasi Pengurus Kecamatan   |   20:00 . Gubernur Lantik Komite Komunikasi Digital (KKD) Jatim   |   19:00 . Perangi Hoaks, Gubernur Jatim Lantik Komite Komunikasi Digital   |   18:00 . Program Agrosilvopastura, PEPC Inisiasi Kesadaran Kolektif Masyarakat Lestarikan Lingkungan   |   12:00 . Momen Hari Bhayangkara, Bupati Anna Ucapkan Selamat Kepada Pejuang Indonesia   |  
Sat, 02 July 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

blokbojonegoro.com | Tuesday, 16 June 2020 19:00

Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau


Pengirim : Iskak Riyanto*

blokBojonegoro.com - Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro, Selasa (16/6/2020).

Pembukaan SL-PTT  diikuti oleh 20 orang petani, dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Bojonegoro, Kepala Seksi Tanaman Semusim, Kordinator Penyuluh, PPL, dan POPT-PHP Kecamatan Sugihwaras.

Kepala Dinas Pertanian, Helmy Elisabeth dalam sambutanya mengatakan bahwa dalam SL-PTT ini petani akan didampingi dan dibimbing oleh penyuluh pertanian dalam berusahatani tanaman tembakau mulai pengolahan lahan, penanaman, perawatan, pemupukan, pengendalian hama dan penyakit sampai panen.

"Ini semua bertujuan agar hasil panen petani semakin meningkat, baik dari segi kuantitas dan kualitas," kata Helmy, nama panggilanya.

Selain itu Disperta juga menjalin kemitraan dengan pabrikan untuk menampung atau membeli hasil panen tembakau petani agar harga pasar tetap stabil, sambung Helmy lagi.

"Semoga dengan pelaksaanaan SL-PTT tembakau ini membawa manfaat bagi petani," kata Helmy mengakhiri pengarahanya.

Sementara itu penyuluh pertanian Desa Bulu, Handako, dalam materi pra acara berujar bahwa dalam SL-PTT ini berlangsung selama lima kali pertemuan.

"Materi pertama pembukaan dan penjelasan tentang SL-PTT tembakau. Kedua pengamatan agro ekosistem di laboratorium lapang/sawah. Materi ketiga tentang pupuk dan pemupukan pada tembakau. Keempat tentang hama dan penyakit pada tembakau dan pembuatan pestisida nabati. Sedangkan materi kelima tentang pola kemitraan dan pasca panen," terang Handoko panjang lebar.

Kordinator penyuluh Kecamatan Sugihwaras, Murjito, secara teknik menekankan kepada petani peserta SL-PTT agar bercocok tanam  tembakau dengan benar sesuai tehnologi anjuran khususnya tentang pemupukan.

"Pupuk untuk tanaman tembakau dan padi pada dasarnya tidak sama. Agar pemupukan bisa pas dan benar sesuai kebutuhan tembakau maka ikuti SL-PTT ini secara lengkap dan seksama," tambah Murjito.

*PPL Disperta Bojonegoro.

Tag : sdm, petani, disperta, slptt, tembakau



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat