16:00 . Musrenbangkab Pemkab Bojonegoro Susun Arah Kebijakan Daerah 20 Tahun ke Depan   |   13:00 . War Takjil Fenomena Toleransi Berdampak Ekonomi Masyarakat   |   07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Lebih Baik Mana, Anak Pakai Face Shield atau Masker untuk Cegah Virus Corona?

blokbojonegoro.com | Thursday, 18 June 2020 07:00

Lebih Baik Mana, Anak Pakai Face Shield atau Masker untuk Cegah Virus Corona?

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Bukan tenaga medis saja, kini penggunaan face shield atau penutup wajah semakin lazim ditemui untuk mencegah virus corona. Yang menggunakannya pun, tak pandang usia. Mulai dari orang dewasa, anak kecil sampai bayi baru lahir. Maklum, alat pelindung yang satu ini memang semakin mudah ditemui karena banyak dijual di toko hingga penjual pinggir jalan.

Meski begitu, tidak semua orang tertarik menggunakannya. Banyak  orang tua misalnya, yang tetap memilih memberikan masker pada anaknya.

Tapi sebenenarnya, lebih baik mana, ya? Anak pakai  face shield atau masker untuk cegah paparan virus corona yang jadi penyebab penyakit COVID-19 yang masih merajalela?

kumparanMOM menanyakan hal ini kepada dr. Farabi el fouz Arafiq SpA, MKes, dokter spesialis anak yang praktik di RSU Bunda Margonda, Depok, Jawa Barat.

"Menurut saya, lebih baik dipakaikan keduanya," katanya.

Ini sejalan dengan perlindungan ekstra, dengan adanya perbedaan dari area yang berusaha dilindungi dua alat tersebut, namun saling melengkapi.

Sehingga, area hidung dan mulut dapat terlindung oleh masker kain, tapi tidak pada mata yang mana droplet juga bisa mengenai mata. Dan hal ini bisa diatasi oleh face shield, sebaliknya,  face shield hanya melindungi bagian depan wajah alias masih ada celah di bagian bawah, dan samping kiri serta kanan.

"Face shield semua usia pun bisa menggunakannya," sambungnya.

Yang selanjutnya perlu diperhatikan orang tua adalah memastikan pemakaiannya dapat membuat anak nyaman. Sebab menurut dr. Farabi, tak jarang ada anak yang menolak pakai masker.

Selanjutnya, dr. Farabi membagikan kiat aman ke RS, misalnya untuk urusan imunisasi selama pandemi. Di antaranya:

1. Pilih RS yang memisahkan ruang tunggu untuk anak vaksin dan yang sakit, serta mewajibkan penggunaan masker.

2. Anak wajib dijaga, tidak boleh ke sana kemari pegang barang-barang RS, lalu pegang muka. Bila tidak bisa, agar digendong saja.

3. Anak wajib pakai masker, untuk itu latih dulu di rumah. Bila anak terlalu kecil dan belum bisa dilatih, wajib digendong selama di RS dan terapkan physical distancing 1-2 meter.

4. Bila memungkinkan, tunggu di mobil sambil pantau nomor antrian.

5. Sebelum pulang, wajib cuci tangan di RS atau sehabis menyentuh benda-benda di RS.

6. Anak yang masih suka memasukkan tangan ke mulut, wajib digendong agar dipastikan tidak menyentuh benda-benda di RS

7. Pulang ke rumah, langsung mandi. Saat ke RS, bisa ditunda untuk mandi, atau justru mandi lagi pun sesampai di rumah tak mengapa. Sebaiknya mandikan anak pakai air hangat, agar kerja vaksin dalam tubuh anak dapat prima.

"Bukan cuma imunisasi, tapi saat anak sakit dan mengharuskan ia ke RS maka jangan ditunda.

Karena penyakit akibat tidak divaksin  maupun saat anak lagi jatuh sakit, bisa berbahaya. Sebaiknya tetap ke RS dengan kiat-kiat di atas," katanya.

Namun karena penggunaan face shield belum jadi hal utama dibanding masker, karenanya dahulukan masker atau gunakan bersama keduanya. Jangan lupa juga, tetap menerapkan physical distancing alias jaga jarak ya, Moms!

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat