13:00 . Pasar Murah Tanjungharjo, Bantu Pemenuhan Kebutuhan Pokok Masyarakat   |   18:00 . Mulai 1 April, ASN di Bojonegoro Diwajibkan Gunakan Udheng Samin   |   16:00 . Usai Tenggak Miras Oplosan, Tiga Warga Bojonegoro Meregang Nyawa   |   15:00 . Mentan Andi Sulaiman Tinjau Gerakan Pompanisasi di Bojonegoro   |   13:00 . Pj Adriyanto Berharap Semua Kepala Desa Bergerak Aktif Membangun Daerah   |   19:00 . Fatayat NU Balen, Bojonegoro Bagikan Ratusan Takjil ke Pengguna Jalan   |   18:00 . Cegah Perang Sarung, Kapolres Bojonegoro: Pastikan Anak-anak Tak Pulang Larut Malam   |   17:00 . KAI DAOP 8 Tambah 11 Kereta Api Jelang Mudik Lebaran   |   15:00 . Seorang Guru di Bojonegoro Diduga Lecehkan Siswanya   |   08:00 . Jumlah Buaya di Bengawan Solo, Bojonegoro Diperkirakan 10 Ekor Lebih   |   22:00 . Hadiri Rapat Paripurna DPRD, Pj Bupati Bojonegoro Paparkan LKPJ Tahun 2023   |   21:00 . Fakta Persidangan Pengeroyokan di Bojonegoro : Pelaku dan Korban Sama Cari Musuh   |   20:00 . Dari Aku Perempuan Untukmu Perempuan   |   19:00 . Sidang Pengeroyokan di Bojonegoro, Ibu Korban Minta Pelaku Dihukum Mati   |   18:00 . Bojonegoro Diprediksi Surplus Beras Bulan Maret dan April   |  
Tue, 19 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kiswadi, Kepala Ruangan Kamar Jenazah RSUD

Pernah Sehari 3 Kali Memakamkan Jenazah Covid-19

blokbojonegoro.com | Saturday, 20 June 2020 18:00

Pernah Sehari 3 Kali Memakamkan Jenazah Covid-19

Kontributor: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Kisah Kepala Ruang Kamar jenazah RSUD Dr. R. Sosodoro Djatikoeseomo Bojonegoro, Kiswadi, pria paruh baya yang telah menjalani profesi selama belasan tahun sebagai petugas jenazah di RSUD ini. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi Kiswadi.

"Profesi ini sudah saya jalani bertahun-tahun, dan sekarang menjabat sebagai Kepala ruangan kamar jenazah di RSUD Bojonegoro," ungkap Kiswadi

Tak hanya ini saja tantangan yang ia dapatkan dari profesinya, terlebih ketika masa pandemi covid-19.

Berdasarkan data yang ada di rilis Dinas Kesehatan melalui Pemkab Bojonegoro, per Jumat (19/6/2020) untuk kematian baik kasus terkonfirmasi positif, Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) capai 25 orang.

Hal ini tentu juga menjadikan tantangan tersendiri bagi Kiswadi, selain mengurus pemusaran jenazah Covid-19. Ia juga terjun langsung proses penguburan di liang lahat.

"Di masa pandemi seperti ini, 3 bulan berturut-turut pastinya menjadi tantangan tersendiri. Dari proses pemulasaran hingga penguburan," imbuhnya.

Setiap kali ada jenazah dalam kasus covid-19 maupun tidak, karena memang masa pandemi, Kiswadi harus menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap hingga tiga lapis.

Untuk melindungi dirinya terbebas dari covid-19, sebab profesinya tentu berhadapan langsung dengan korban kasus covid-19.

"Baik untuk kematian covid maupun tidak tentu harus menggunakan APD tiga lapis, karena memang musimnya pandemi," ujarnya.

Untuk jenazah dalam kasus covid-19, kiswadi menuturkan proses pensucian sama seperti halnya jenazah pada umumnya. Dimandikan, dikafani dengan pembungkus, di salati hingga dimasukkan dalam peti.

Usai melakukan pemusaran, ruangan dalam kamar jenazah tentu harus disemprot dengan disinfektan berkali-kali hingga dipastikan steril.

"Untuk jenazah Covid-19 pemusaran pada umumnya, yang berbeda dikafani dengan pembungkus supaya aman. Untuk petugas pun setiap kali melakukan pemulasaran juga disemprot disinfektan berkali-kali, sekaligus ruangan supaya steril. Meskipun inangnya mati virus sifatnya juga droplet menempel di benda beberapa jam," kata pria yang menjabat sebagai Kepala Ruangan Kamar Jenazah di RSUD Bojonegoro ini.

Pernah juga dalam sehari, Kiswadi bersama rekannya harus melakukan proses penguburan 3 jenazah kasus covid-19 berturut-turut.

Sebab profesinya berhadapan langsung dengan kasus kematian covid-19, Kiswadi yang memiliki istri dan anak tentu juga punya perasaan khawatir usai bekerja.

Usai bekerja terkadang Kiswadi harus mandi membersihkan badan berkali-kali, menjaga asupan gizinya supaya terlindung dari covid-19. Serta berupaya tetap memilik pemikiran positif dan pasrahkan kepada Tuhan.

"Kami hanya berharap Masyarakat disiplin mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah, sehingga pandemi ini segera berakhir," pungkasnya. [liz/ito]

Tag : Kepala, ruang, rumah, sakit, Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat