10:00 . Selidiki Penyebab Kematian Remaja di Bojonegoro, Polisi Periksa 5 Saksi   |   08:00 . Hendak Konvoi, Ratusan Remaja di Bojonegoro Dihukum Dorong Motor   |   07:00 . Tersebar Diduga CCTV Detik-detik Remaja di Bojonegoro Dikejar 4 Motor Sebelum Meninggal   |   22:00 . Kisah Inspiratif Pembatik Gen Z Asal Temayang, Berdayakan Tetangga Melalui Usaha Rintisannya   |   21:00 . Ya Allah, Balita di Bojonegoro Meninggal Terlindas Truk   |   20:00 . Sebelum Dimakamkan, Jenazah Remaja yang Ditemukan Meninggal di Bojonegoro Diautopsi   |   19:00 . Kronologi Meninggalnya Remaja di Bojonegoro, Korban Dikejar dan Tabrak Pembatas Jalan, Polisi Terus Selidiki   |   18:00 . Setyo Wahono Adik Mensesneg Nyatakan Siap Maju Calon Bupati Bojonegoro   |   17:00 . Remaja di Bojonegoro Ditemukan Meninggal, Dikeroyok atau Kecelakaan?   |   16:00 . Bagaimana Pertanian Ekologis Ramah Lingkungan Mengubah Nasib Petani di Kabupaten Bojonegoro   |   15:00 . Satu Keluarga Hasilkan Cuan dari Olahan Tanaman Sekitar Rumah, Bisnis Makin Berkembang Berkat KUR   |   14:00 . Kisah Milenial Asal Bojonegoro Gunakan Satu Aplikasi Untuk Segala Kebutuhan   |   13:00 . Bayar Uang Kuliah Hingga Beli Pulsa, Belanja Bisa Lewat Fitur BRImo   |   12:00 . Bukan Suami Istri, Penghuni Kos Nakal Pondok Pinang Diamankan Satpol PP   |   09:00 . Hendak Konvoi, Ratusan Remaja di Bojonegoro Diamankan Polisi   |  
Mon, 15 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Potensi Ikan Tawar Terbesar, Bojonegoro Ditarget Mencapai 5.000 Ton

blokbojonegoro.com | Wednesday, 08 July 2020 13:00

Potensi Ikan Tawar Terbesar, Bojonegoro Ditarget Mencapai 5.000 Ton

Reporter : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, melalui Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) menargetkan mampu menghasilkan 5.000 ton ikan tawar pada tahun 2020. Mesti tak mempunyai laut, Kabupaten Bojonegoro mempunyai potensi perikanan air tawar terbesar di Jawa Timur.

[Baca juga: Lestarikan Populasi, 25 Ribu Ikan Ditebar di Bengawan Solo ]

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Bojonegoro, Catur Rahayu dalam kunjungan lapangan yang dilakukan di Desa Kabalan, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro, Rabu (8/7/2020). Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh Bupati Bojonegoro, Forkopimcam Kanor, Perangkat Desa dan Kelompok Ternak dan Perikanan dari Klaster V yang meliputi, Kecamatan Kanor, Balen dan Sumberrejo.

Catur Rahayu menjelaskan target produksi 5.000 ton tersebut berasal dari tiga sektor, yaitu budi daya, tangkapan dan juga olahan. Target capain ini dirasa bakal bisa dipenuhi, mengingat Disnakan juga telah melakukan berbagai upaya, mulai dari penebaran ikan maupun pembinaan Kelompok Ternak dan Perikanan.

"Bahkan hingga hari ini, kita telah menebarkan sebanyak 805 ribu ekor bibit ikan baik di Waduk, Embung dan Bengawan Solo, melalui pengajuan proposal maupun melalui Musdes," ujarnya.

Penebaran benih ikan sejumlah 805.000 ekor tersebut, terdiri dari hasil musrenbang di embung 39 desa sejumlah 400.000 ekor dan pengajuan proposal non musrenbang di embung 47 desa sejumlah 380.000 ekor serta 25.000 ekor yang dilepaskan di Sungai Bengawan Solo, turut Desa Kabalan Kecamatan Kanor.

Disnakan Kabupaten Bojonegoro juga akan terus mengupayakan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) para pembudidaya ikan dengan memberikan pengetahuan soal penerapan teknologi secara moderen. Tak hanya itu, kelompok ternak yang dibinanya juga mendapatkan pelatihan, bantuan maupun tempat pemasaran.

"Untuk saat ini kita sudah mempunyai 181 kelompok ternak perikanan, terdiri dari 107
Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan), 23 Kelompok Usaha Besar (KUB) Tangkap, 46 Kelompok Pengelola dan Pemasaran ikan (Poklahsar) dan 5 Kelompok Masyarakat Pengawasan (Pokwasmas)," tambahnya.

Dengan beberapa gebrakan yang dilakukan oleh Disnakan ini, diharapkan kedepanya sektor peternakan dan perikanan mempunyai peranan strategis, terutama sebagai penyedia pangan masyarakat Bojonegoro khususnya Protein hewani, bahan baku industri, bioenergi dan penyerapan tenaga kerja yang akan berdampak pada peningkatan taraf hidup masyarakat.

"Kita berharap ke depannya bisa para kelompok ternak maupun perikanan bisa terus eksis dan berkelanjutan, serta bisa profesional, andal berkemampuan manajerial, berkewirausahaan dan handal dalam orientasii bisnis, sehingga mampu membangun usaha yang berdaya saing dan berkelanjutan," terangnya.[din/ito]

Tag : target, .ikan, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat