07:00 . 5 Jenis Sayuran yang Harus Dimasak Dahulu, Jangan Dimakan Mentah!   |   19:00 . Terdakwa Pencuri Mobil Bupati Bojonegoro, Divonis 2,6 Tahun Penjara   |   18:00 . Kelompok Kerja Bunda PAUD Dikukuhkan Bupati Bojonegoro   |   17:00 . Mastrip Fashion Week, Satlantas : Kami Mendukung, Asal di Tempat yang Tepat   |   08:00 . Punya KPM, Petani Terima Bantuan Benih dan Pupuk   |   07:00 . Banyak Jajanan Anak Patut Diwaspadai karena Mengandung Zat Berbahaya, Apa Sajakah?   |   20:00 . Jaring Atlet Bulutangkis, Polres Gelar Kapolres Bojonegoro Cup 2022   |   19:00 . Seleksi Hari Pertama, Hanya 45 Persen dari Keseluruhan yang Datang   |   18:30 . Asap dan Kembang Api di Fun Football Talun   |   18:00 . Juara, Condromowo Kalahkan Sumuragung 2-1   |   17:00 . Kenalkan Head Coach Persibo, Abdulloh Umar Targetkan Lolos Liga 2   |   16:00 . Penyedia Jasa Sewa Kostum Karnaval di Bojonegoro Mulai Kelarisan   |   15:00 . Pawai Budaya Bakal Meriahkan HUT Kemerdekaan di Bojonegoro   |   14:00 . Harga Telur Ayam Tinggi, Omzet Pedangang Merosot   |   13:00 . Berkat Terobosannya, APDI Jatim Nobatkan Bupati Anna Sebagai Ibu Desa   |  
Sat, 13 August 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

LPPM UTM Terjunkan Mahasiswa Jadi Satgas Covid-19 di Kelurahan Jetak.

blokbojonegoro.com | Tuesday, 14 July 2020 10:00

LPPM UTM Terjunkan Mahasiswa Jadi Satgas Covid-19 di Kelurahan Jetak.

Reporter: Liza Arnofia

blokBojonegoro.com - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Trunojoyo Madura (LPPM UTM), menerjunkan mahasiswa semester 6 atau angkatan 2017 untuk melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di daerahnya masing-masing.

Dampak karena adanya pandemi covid-19 membuat LPPM UTM merubah prosedur dan mekanisme kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada tahun ini.

Kegiatan yang biasanya hanya disebar di empat kabupaten yakni Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep pulau Madura. Kali ini diganti dengan memulangkan mahasiswanya untuk melakukan kegiatan di daerahnya masing-masing.

Salah satunya Dwi Wahyu Purnomo Kelompok KKN 46 dengan Dosen Pembimbing Lapang (DPL) Muhammad Busyro Karim, mahasiswa Prodi Ilmu Hukum semester 6 ini melakukan kegiatan KKN di derahnya sendiri yakni Kelurahan Jetak kabupaten Bojonegoro.

Melihat Bojonegoro masih termasuk salah satu zona merah di Jawa Timur, membuat berbagai upaya dilakukan. Sebagai bentuk upaya menekan laju penyebaran mata rantai virus covid-19, mahasiswa KKN tematik Satgas Covid-19 bersama dengan perangkat Kelurahan Jetak melakukan penyamprotan disinfektan di setiap RT di Kelurahan Jetak.

Menurut Dwi Wahyu Purnomo, selain itu juga tetap menghimbau kepada seluruh warga agar tetap menjaga kebersihan dan kesehatan. "Himbauan salah satunya melalui pamflet yang dipasang di tempat-tempat umum seperti masjid, warung dan toko kelontong," kata Dwi Wahyu.

Agus Hendrianto, selaku Lurah Jetak saat ditemui di kantornya mengatakan, tentu kelurahan senang sekali menerima mahasiswa yang ingin ikut serta menjadi relawan satgas covid-19, termasuk di Kelurahan Jetak ini. "Dengan adanya kegiatan seperti ini diharapkan dapat menjadikan mahasiswa lebih dekat dan mengenal dengan kehidupan langsung yang ada di masyarakat. Terjun langsung membantu masyarakat," tutur M. Agus Hendrianto.

Tidak hanya melakukan pencegahan dengan melakukan penyemprotan, mahasiswa KKN tematik Satgas Covid-19 juga melakukan pendampingan belajar siswa SD yang diliburkan akibat adanya pandemi covid-19.

Semenjak hampir 2,5 bulan diliburkan membuat anak-anak hanya mendapatkan pembelajaran daring atau online. Mata pelajaran yang diberikan saat pendampingan belajar sesuai dengan apa yang diajarkan oleh guru di sekolah.

Siswa-siswi SD di sekitar kelurahan Jetak cukup senang mengikuti kegiatan pembelajaran ini. Selain itu warga juga menerima dengan baik kegiatan-kegiatan yang dilakukan di lingkungan sekitar mereka.

Dwi Wahyu melanjutkan, selain penyemprotan disinfektan dan pendampingan belajar, masih ada lagi beberapa kegiatan yang dilakukan seperti pembagian masker, handsanitizer, dan sembako bagi warga yang terdampak akibat pandemi.

"Alhamdulillah, bisa melakukan kegiatan KKN di sekitar lingkungan sendiri. Bisa ikut serta membantu kegiatan-kegiatan dan bersosialisasi dengan tetangga. Sebagai satgas covid-19, dalam melakukan kegiatan juga harus tetap mematuhi protokol kesehatan," ujar Wahyu.

Kegiatan KKN tematik Satgas Covid-19 ini dimulai tanggal 29 Juni dan selasai pada 24 Juli 2020. Meskipun dilaksanakan di tengah pandemi, seluruh kegiatan yang dilaukan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. [mu]

Tag : KKN, mahasiswa, satgas, lppm



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat