Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Petani di Mulyorejo ini Mengadukan Nasib Tanam Tembakau

blokbojonegoro.com | Wednesday, 15 July 2020 12:00

Petani di Mulyorejo ini Mengadukan Nasib Tanam Tembakau

Kontributor : Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Bojonegoro dikenal sebagai satu dari beberapa daerah penghasil tembakau terbaik di Jawa Timur. Kualitas tembakau sudah diakui oleh banyak pihak, bahkan ada yang diekspor ke luar negeri.

Di Bojonegoro, tembakau masih jadi tanaman unggulan selain padi. Tanaman yang punya nama latin Nicotiana Tabacum ini memberikan kontribusi besar terhadap pembangunan di Bojonegoro.

Ada beberapa desa di Kecamatan Tambakrejo yang punya banyak lahan tembakau. Seperti di Desa Mulyorejo, Kecamatan Tambakrejo, Bojonegoro. Ketika masuk ke Desa Mulyorejo, bisa dengan mudah menemui tanaman tembakau.

Setiap hari, kita bisa melihat aktivitas para petani tembakau yang ada di Desa Mulyorejo. Mereka dengan tekun dan penuh dedikasi memberikan perawatan maksimal kepada tembakau yang ditanamnya.

Seperti halnya Arifin (29) petani tembakau Desa Mulyorejo, setiap hari dia datang ke ladang untuk merawat tembakau yang ditanamnya. Saat ditemui oleh tim blokBojonegoro.com, ia sedang memberikan pupuk ke ladang tembakaunya.

Menurutnya, tembakau bisa dipanen setelah berumur 3 bulan. Tanda dari tanaman tembakau yang sudah siap panen adalah daunnya yang lebar sempurna.

"Kalau sudah berumur 3 bulan, tembakau sudah bisa dipanen. Nanti sudah ada pengepul yang membeli," ujar pria bertubuh kekar itu.

Dia mengaku bahwa dirinya menanam tembakau kurang lebih 7000 batang, dengan jenis tembakau Jawa. Dia juga berharap tahun ini harga daun tembakau bisa mahal, tidak terpengaruh wabah Covid-19.

"Semoga banyak gudang-gudang yang buka , sehingga nanti pas panen tembakau laku dijual dengan harga yang berpihak pada petani agar petani tidak merugi," ungkapnya.[her/ito]

 

Tag : Petani, tembakau, Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini